Yuk, Buat Sendiri Mainan Bayi 1 Tahun di Rumah

Yuk, Buat Sendiri Mainan Bayi 1 Tahun di Rumah

Kemampuan si kecil akan semakin bertambah ketika berusia 1 tahun. Semua barang akan dianggap sebagai mainan. Untuk itu, sebagai orangtua, kita dituntut kreatif untuk membuat mainan bayi 1 tahun agar tidak bosan. 

Tak melulu harus beli, kita pun bisa loh membuat mainan bayi 1 tahun di rumah dengan bahan-bahan yang aman dan tentu saja murah. Berikut ini beberapa ide mainan bayi 1 tahun yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mengembangkan kemampuan sensorik dan motoriknya. 

Botol warna-warni

Saat berusia 1 tahun, bayi biasanya menyukai hal-hal baru dengan warna-warna yang cerah. Kamu bisa membuatkan botol berisi manik-manik dengan warna yang cerah, atau bisa juga mengisinya dengan biji jagung dan tutup rapat.

Lalu berikan pada si kecil dan ajarkan untuk menggoyang-goyangkan botol tersebut. Kamu juga bisa menambahkan glitter agar ada efek-efek berkilau yang membuat si kecil penasaran. 

Papan sensori

Bayi berusia satu tahun suka sekali memanjat dinding dan memegang semua benda yang ditemuinya. Kamu bisa loh membuatkan mainan berupa papan sensori yang bisa diraba dan pegang bayi. Hal ini bisa merangsang kemampuan sensoriknya. 

Kamu bisa meletakkan beberapa barang di dinding seperti kancing, bulu, plastik, kain flannel, bubble wrap, hingga sisir. Pastikan, bahan-bahan yang digunakan untuk papan sensoria man dan tidak membahayakan, ya. Biarkan si kecil melakukan kegiatannya meraba-raba benda yang sudah disediakan. 

Kotak harta karun

Menginjak usia 1 tahun, si kecil biasanya juga suka untuk mengeluarkan dan memasukkan barang ke dalam wadah. Kamu bisa menyediakan kotak yang berisi beberapa mainannya.

Ajak si kecil untuk mengambil beberapa barang mainannya yang diletakkan di tempat terpisah dan mengarahkannya untuk memasukkan barang ke dalam box. 

Permainan ini cocok untuk si kecil yang aktif dan sedang belajar berjalan. 

Melukis tangan dan kaki

Kamu juga bisa mengajak anak untuk melukis pada kanvas dengan menggunakan pewarna makanan yang aman. Penggunaan pewarna makanan sangat direkomendasikan mengingat si kecil masih suka memasukkan apa saja ke dalam mulutnya, sehingga aman dilakukan. 

Ajak si kecil untuk mencampur semua pewarna makanan dan mencoret-coret di kanvas. Bisa juga dengan menjiplak gambar tangan dan kakinya. Hal ini bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. 

Memasukkan barang ke dalam toples

Permainan ini cukup bagus untuk mengasah konsentrasi bayi dan motorik halusnya. Kamu cukup menggunakan bahan seperti cotton bud dan toples yang bagian tutupnya sudah dilubangi.

Kemudian, ajak si kecil untuk memasukkan cotton bud ke dalam toples melalui lubang kecil yang sudah dibuat. 

Membuat bunyi-bunyian dengan peralatan di rumah

Bermain berbagai jenis suara juga menjadi hal yang menyenangkan untuk si kecil. Kamu bisa mencoba membuat berbagai jenis suara dari peralatan dapur atau mainan anak, seperti mangkok, sendok, hingga gelas. Pastikan menggunakan bahan yang aman dan bukan bahan pecah belah, seperti plastik atau bahan enamel. 

Permainan sortir warna

Sediakan beberapa box yang sudah diberi warna, misal merah, hijau, kuning dan lain sebagainya. Lalu sediakan bola berwarna-warni dan ajak si kecil untuk memasukkan bola ke dalam box sesuai dengan warna. 

Hal ini bisa menjadi kegiatan baru yang menyenangkan. Selain itu, si kecil pun akan dengan mudah menghapal setiap warna. 

Nah, itu dia beberapa ide membuat mainan anak 1 tahun yang bisa dipraktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *