Yu Sheng, Arti Makanan Sehat Khas Imlek yang Perlu Anda Ketahui!

Perayaan Imlek sering kali dilakukan dengan sangat meriah, baik dari perayaan itu sendiri, pakaian yang berwarna merah, pemberian ang pao hingga berbagai makanan yang berlimpah. Salah satunya adalah makanan sehat yang bernama Yu Sheng

Namun, tahukah Anda ada bahwa Yu Sheng memiliki makna tersembunyi di balik namanya. Mulai dari bahan-bahan yang digunakan dan kenapa makanan sehat ini disediakan setiap kali perayaan Imlek. Berikut penjelasannya! 

Apa itu Yu Sheng?

Yu Sheng merupakan makanan salad yang terdiri dari berbagai potongan ikan mentah dan sayuran yang dicampur dengan saus khusus. Yu Sheng adalah makanan wajib yang disajikan saat Imlek. Yu Sheng sendiri merupakan masakan Tiochiu berupa salad ikan segar ditambahkan irisan halus sayuran seperti wortel dan lobak. 

Daging ikan yang dipakai adalah irisan tuna atau ikan salem yang sebelumnya bisa sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica. Saus dibuat campuran minyak (minyak goreng dan minyak wijen) dengan tambahan saus buah plum, gula pasir, dan bubuk kayu manis. Makanan ini memiliki arti dapat meningkatkan kelimpahan. Oleh karena itu, makanan ini dipercaya sebagai simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.  

Arti dari setiap bahan Yu Sheng?

Tahukah Anda bahwa racikan Yu Sheng memiliki makna dibalik penyajiannya. Misalnya saja, saat menambahkan ikan ke Yu Sheng, frasa “nian nian you yu” diucapkan, yang berarti “kelimpahan setiap tahun”. Saat jeruk nipis ditambahkan “da ji da li” diucapkan, yang berarti “semoga berhasil dan sejahtera”. 

Tidak hanya itu, ada lebih banyak arti, seperti beberapa di bawah ini:

  • Wortel, mengartikan atau mewakili keberuntungan 
  • Lobak hijau, mewakili awet muda
  • Lobak putih, mewakili peluang kerja yang baik di tahun mendatang
  • Ikan mentah, melambangkan kelimpahan dan kemakmuran
  • Kacang, merupakan tanda bahwa rumah Anda akan dipenuhi dengan banyak harta benda berharga
  • Biji wijen, mewakili harapan bahwa bisnis Anda akan berkembang
  • Golden crackers, melambangkan kekayaan
  • Saus plum, mewakili ikatan yang lebih kuat antara keluarga dan teman
  • Bubuk cabai dan kayu manis, menandakan keinginan akan kekayaan
  • Minyak, sering disiram ke salad dengan gerakan melingkat daripada ditungkan seperti biasa. Ini melambangkan bahwa uang akan datang dari segala penjuru. 

Tradisi lain saat Imlek

  • Pembersihan. Melakukah pembersihan sebenarnya tidak terjadi pada Hari Tahun Beru. Membersihkan rumah pada Tahun Baru Imlek atau selama tiga hari pertama setelah tahun baru akan menyebabkan Anda kehilangan keberuntungan. Namun, sangat penting untuk membersihkan seluruh rumah sebelum awal Tahun Baru, untuk menyingkirkan roh-roh jahat dari tahun lalu. 
  • Pembelanjaan. Imlek adalah waktu untuk menyingkirkan barang lama dan membeli barang baru. Itulah sebabnya banyak orang membeli furniture dan/atau peralatan baru sebelum Imlek. 
  • Dekorasi. Mendekorasi sebelum Imlek biasanya pun dilakukan. Warna merah adalah warna paling penting untuk digunakan karena dapat menangkal binatang jahat Nian. 
  • Amplop merah. Pasangan yang sudah menikah akan memberikan amplop merah atau angpao kepada anak-anak, remaja, dan anggota keluarga yang belum menikah. Amplop merah melambangkan keberuntungan dan kemakmuran untuk tahun yang akan datang. Itu juga merupakan tanda berkah dari seorang penatua. Jumlah uang biasanya bebas, namun biasanya menghindari angka empat saat memasukkan uang ke dalam amplop. Karena angka empat dalam bahasa Cina terdengar sama dengan kata “kematian”. 
  • Pakai merah. Merah adalah warna keberuntungan. Kenakan pakaian merah selama Imlek. 

Selain, Yu Sheng ada beberapa tradisi lain yang biasa dilakukan selama Tahun Baru Imlek. Namun, kini ada beberapa tradisi yang masih bertahan dilakukan dan ada pula yang sudah mulai dilewatkan. Kalau kalian, apa yang kalian sukai saat Imlek datang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *