Apakah Kamu Punya Vagina Sehat?

Apakah Kamu Punya Vagina Sehat?

Kita tahu bahwa kesehatan vagina adalah bagian dari kesehatan wanita secara keseluruhan. Sebab, permasalahan pada vagina dapat mempengaruhi kesuburan Anda, keinginan untuk berhubungan seksual, hingga kemampuan untuk mencapai orgasme. Masalah kesehatan vagina yang sedang berlangsung pun dapat menyebabkan stress atau masalah hubungan dengan pasangan, serta mempengaruhi kepercayaan diri.

Jika belum familiar dengan kondisi vagina Anda sendiri, inilah saatnya untuk mencari tahu. Sama seperti ketika memperhatikan kondisi kesehatan tubuh Anda, penting untuk memperhatikan apa yang terjadi “di bawah sana” untuk memastikan Anda memiliki vagina sehat. Karena vagina sehat menandakan tubuh yang sehat, maka masuk akan apabila vagina yang tidak sehat menandakan masalah kesehatan yang serius.

Apa yang mempengaruhi kesehatan vagina?

Vagina merupakan saluran otot yang memanjang dari vulva ke leher rahim. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan vagina, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Hubungan seksual: seks tanpa kondom dapat menyebabkan infeksi menular seksual (IMS). Seks yang dipaksakan atau cedera pada area pinggul juga dapat menyebabkan trauma pada vagina.
  • Kondisi kesehatan: kondisi seperti endometriosis dan penyakit radang panggul dapat menyebabkan seks yang menyakitkan. Perawatan kanker juga dapat menyebabkan seks yang menyakitkan. Penggunaan beberapa antibiotik meningkatkan risiko infeksi jamur pada vagina.
  • Birth control dan produk kebersihan wanita: alat kontrasepsi seperti kondom, diafragma, dan spermisida dapat menyebabkan iritasi pada vagina. Penggunaan semprotan atau douche juga dapat menyebabkan dan memperburuk iritasi.
  • Kehamilan dan persalinan: selama masa kehamilan, keputihan dapat meningkat. Meski hal ini wajar dialami oleh ibu yang hamil namun ada kalanya kita juga perlu memperhatikan keputihan yang keluar. Saat persalinan pun beberapa tindakan medis seperti episiotomi perlu dilakukan dan berpengaruh pada kesehatan vagina.
  • Masalah psikologis: vagina sehat juga dapat dipengaruhi oleh kondisi psikologis seperti kecemasan dan depresi. Sebab, kedua masalah tersebut dapat mempengaruhi gairah seksual dan dapat mengakibatkan ketidaknyamanan atau rasa sakit saat berhubungan. Trauma yang terjadi karena pengalaman atau pelecehan seksual juga dapat menyebabkan rasa sakit yang berkaitan dengan seks.
  • Tingkat hormon: perubahan kadar hormon dapat memengaruhi vagina Anda. Misalnya, ketika menopause dan produksi estrogen menurun atau selama menyusui dapat membuat lapisan vagina menipis (atrofi vagina) dan dapat membuat seks terasa menyakitkan.

Tanda vagina sehat

Penting untuk dicatat bahwa semua vagina tidak diciptakan sama. Vagina memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna. Beberapa vagina berbentuk seperti telur, sementara yang lain lebih besar dan silindris. Warna vagina pun beragam, ada yang berwarna pink muda hingga cokelat kemerahan. Ukuran labia juga dapat bervariasi dari yang cukup besar hingga agak tipis dan tidak simetris. Terdapat tiga ciri vagina sehat yang dapat Anda ketahui.

  1. Adanya cairan bening atau keputihan

Volume keputihan setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang ada yang mengalami keputihan sangat sedikit, ada pula yang sangat banyak. Namun, keputihan merupakan sesuatu yang sangat normal terjadi pada siklus Anda dan lebih sering terjadi selama ovulasi. Adanya keputihan dapat menjadi ciri vagina sehat, Anda perlu khawatir apabila keputihan tersebut memiliki warna yang pekat, berbau tajam, dan menyebabkan gatal. 

  1. Jaringan internal vagina, mukosa elastis yang lembab dan kenyal

Keadaan dalam vagina harus terasa elastis. Vagina sehat ditandai dengan tidak adanya benjolan abnormal di sekitar vagina. Meski pada kebanyakan kasus, benjolan di area tersebut bukanlah hal yang berbahaya, tapi penting untuk memeriksakan diri ke dokter apabila benjolan tidak kunjung hilang.

  1. Bau yang familiar

Normal bila vagina Anda memiliki bau tertentu. Tapi, vagina sehat tidak memiliki bau busuk, melainkan bau khas di mana setiap wanita memiliki baunya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *