Tips Tidur Siang yang Efektif serta Manfaatnya

Tidur merupakan kebutuhan semua orang, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Manfaat tidur siang tidak sekedar baik untuk kesehatan saja, tetapi juga berpengaruh pada perilaku hingga aktifitas sehari-hari. Jika seseorang menyempatkan untuk tidur siang, mood akan membaik dan energi tubuh akan kembali pulih.

Tidur siang juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kurang tidur di malam hari. Bahkan hanya dengan tidur siang selama 15 hingga 20 menit saja, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya, seperti:

  • Meningkatkan performa kerja

Tidur siang selama 10 sampai 30 menit bisa membuat Anda menjadi lebih produktif di tempat kerja.

  • Memudahkan dalam proses belajar

Tidur siang juga bisa meningkatkan keterampilan belajar seseorang. Hal ini dikarenakan tidur siang bisa membuat Anda kembali fokus dan membantu meningkatkan daya ingat otak.

  • Menurunkan tekanan darah

Tidur siang terbukti memilki fungsi yang sama dengan mengurangi konsumsi garam dan alkohol dan menurunkan tekanan darah

  • Memperbaiki suasana hati (mood)

Tidur siang membantu meningkatkan positivitas dan membantu Anda dalam mengatasi suasana yang tidak menyenangkan

Tips tidur siang yang efektif

Jika Anda ingin memulai menjadikan tidur sebagai sebuah rutinitas, simak tips berikut ini:

  1. Konsisten: sebaiknya tentukan jadwal tidur siang secara teratur. Tidur siang yang efektif dilakukan pada sekitar jam 1 hingga 3 siang.
  2. Pasang alarm: Supaya Anda tidak terlalu tidur siang dan kepala menjadi pusing, sebaiknya atur alarm selama 30 menit atau kurang dari 30 menit saja. Waktu tidur siang yang terlalu lama akan membuat Anda merasa lemas dan pusing.
  3. Ciptakan suasana tidur yang nyaman: Cara ini Anda bisa lakukan dengan mematikan lampu di sekitar atau menggunakan maskter penutup mata untuk membantu tidur lebih cepat.
  4. Jaga kondisi tetap hangat: siapkan selimut di dekat Anda tidur karena suhu tubuh akan menurun saat Anda tidur sebentar.
  5. Konsumsi makanan yang sehat: kurangi atau hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Namun, perlu yang sedang lapas juga akan membuat Anda kesulitan untuk tidur siang.

Selain itu, tidur siang juga bisa membuat Anda beristirahat dari paparan layar atau gadget yang tidak baik untuk mata. Kenali suasana tidur siang yang Anda sukai, agar manfaat tidur siang Anda efektif, bisa meningkatkan produktifitas dan memperbaiki mood.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *