Tingkatkan Kecantikan Anda, Ini Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mempercantik diri, salah satunya adalah menggunakan masker madu. Madu sudah sejak lama mengklaim sebagai ratu lebah dunia kecantikan.

Bagaimana tidak, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan madu pada kandungan produk mereka. Sebut saja, produk masker wajah, pelembab badan, lip balm, dan masih banyak lagi produk lainnya. Hal ini terjadi karena madu memiliki sifat anti septik, antibakteri, dan anti inflamasi yang alami, sehingga baik bagi tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat lain dari masker madu yang biasa membuat Anda lebih cantik lagi.

  • Sebagai pelembab wajah

Dengan efek pelembab dan menyejukkan, madu yang dibuat masker wajah dapat membuat kulit wajah Anda lebih lembab, lembut, dan bercahaya. Kondisi ini karena gula dalam madu yang alami bertindak sebagai pelembab alami yang dapat meningkatkan kandungan air dan mengurangi kekeringan pada kulit.

Namun, disarankan untuk menggunakan madu asli (mentah) yang belum diolah dan ditambahkan bahan lainnya. Pasalnya, madu mentah mengandung konsentrasi tinggi seperti royal jelly yang sangat baik untuk meningkatkan kolagen propolis.

  • Pembersih harian yang sempurna

Menggunakan masker madu sehari-hari sehari-hari merupakan pembersih wajah yang baik. Sifat antioksidan, antiseptik dan antibakteri yang terdapat dalam madu membuat bahan ini cocok untuk melawan jerawat membandel pada wajah.

Hal ini dapat membuka pori-pori Anda dan menghilangkan komedo yang mengganggu sekaligus mengaja kulit Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Caranya adalah, basahi wajah dengan air hangat. Lalu gunakan ½ sendok teh madu untuk dileskan pada wajah. Pijat wajah dengan gerakan melingkar dan diamkan selama 30 detik hingga 1 menit sebelum membilasnya.

  • Mengobati jerawat

Manfaat lain menggunakan masker madu dapat mengobati jerawat. Anti peradangan pada madu dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari pemukaan wajah, jika Anda gunakan makser setiap hari. Selain itu, madu dapat menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda. Gunakan sebagai perawatan pada bagian wajah dengan jerawat yang membandel. Manfaat lain dari masker ini dapat meredakan kondisi kulit yang autoimun seperti eksim dan psoriasis. Sifat penyembuh dalam akan memabntu memperbaiki kerusakan kulit lebih cepat.

  • Anti penuaan

Probiotik, antioksidan, nutrisi dan enzim yang terdapat pada madu akan bekerja sama untuk menutrisi dan mengencangkan kulit wajah Anda. Hal ini pun dapat mempertahankan serta membangun kembali kelembaban tanpa membuat wajah berminyak dan menimbulkan iritasi.

Mekipun tidak sepenuhnya menghilangkan keriput, namun dapat memudarkan kerutan yang terjadi karena usia. Dan, antioksidan dapat membantu membalikkan kerusakan apapun yang terjadi pada wajah karena tanda penuaan.

Mengapa madu sangat baik bagi kulit Anda?

Madu secara alami dibuat oleh lebah yang menghasilkan cairan kental manis yang sangat kita sukai. Cairan tersebut penuh dengan sekitar 300 bahan yang dapat memabntu kulit berminyak dan kering. Beberapa di antara yang terkenal kandungannya adalah vitamin B, kalsium, zinc, dan zat besi. Madu pun kaya akan antioksidan yang bersifat antibakteri dan memiliki enzim yang memabntu membuat kulit Anda lebih bersinar.

Bagaimana, ingin membuat kulit lebih cantik dan lembut dengan masker madu? Namun, jangan lupa untuk menggunakan madu mentah atau yang belum diolah dengan tambahan bahan apapun, untuk pengobatan jerawat, bekas luka, kulit kusam ataupun kering. Madu mentah memang memiliki harga yang lebih mahal daripada yang telah diolah, namun hal inilah yang bisa membuat kulit wajah Anda lebih cerah dan bersinar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *