Tidak Hanya Arkavit, Makanan Ini Juga Bisa Mencegah Anemia!

Jika Anda memiliki riwayat penyakit darah rendah atau anemia, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah. Arkavit Kaplet merupakan salah satu suplemen yang bisa membantu Anda untuk mengatasi penyakit ini.

Arkavit Kaplet adalah suplemen yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks (vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B12). Selain bisa untuk melancarkan dan meningkatkan pembentukkan sel darah merah, Arkavit Kaplet juga bisa menjaga kesehatan saraf dan mencegah penyakit beri – beri. Meski tidak hanya bisa mengandalkan suplemen saja, tetapi dengan mengonsumsinya akan mempercepat proses penyembuhan.

Anemia bisa dibilang penyakit yang cukup serius, tetapi Anda tidak bisa mendiagnosa diri sendiri tanpa pemeriksaan lengkap dari dokter. Maka dari itu, untuk mendeteksi penyakit ini diperlukan beberapa tahapan tes, diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Pemeriksaan darah secara komplit/ Complete Blood Count (CBC)

Tahap pemeriksaan ini akan dilakukan pengukutan kadar sel darah di dalam sampel darah yang sudah diambil. Pada hasil pemeriksaan darah ini, dokter akan melihat jumlah hematokrit dan hemaglobin dalam darah. Kadar hematokrit yang normal pada orang dewasa adalah 40 – 52% pada laki – laki dan 35 – 47% pada perempuan. Sedangkan kadar hemoglobin normal pada orang dewasa adalah 14 – 18g/dl pada laki – laki dan 12 – 16g/dl pada perempuan.

  1. Pemeriksaan sel darah merah

Pada tahapan pemeriksaan ini untuk mengetahui pasti ukuran dan bentuk sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Tujuan dari tes ini adalah untuk melihat apakah ada ukuran, bentuk dan warna yang abnormal dari sel darah merah. 

  1. Tes diagnostik tambahan

Tes ini dilakukan untuk mengetahui penyebab dan pemicu Anda terkena anemia. Pemeriksan lanjutan ini bisa jadi sampai pada tahapan Anda harus menjalani pemeriksaan pada sampel tulang sumsum.

Selain pentingnya mengonsumsi suplemen seperti Akarvit Kaplet untuk memenuhi zat besi yang sangat berfungsi penting dalam membentuk sel darah merah, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi. Berikut ini beberapa makanan kaya zat besi yang bisa Anda konsumsi.

  1. Daging merah dan unggas

Kedua makanan ini sangat disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung zat besi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Pada 100 gram daging merah, terdapat 2.7mg zat besi. Itu artinya, Anda sudah mampu memenuhi kebutuhan harian zat besi sebesar 15%. Sedangkan dalam 100 gram daging unggas, Anda sudah memenuhi kebutuhan akan zat besi sebesar 13%.

  1. Jeroan

Jeroan atau organ dalam hewan ini daapt berupa hati, ginjal, otak dan jantung yang biasa ditemukan pada sapi, ayam, kambing atau lainnya. Meski pun jeroan memiliki risiko kolesterol yang tinggi, tetapi jika dikonsumsi pada takaran dan porsi yang tepat sangat baik untuk kesehatan. 

  1. Makanan laut

Tiram, kerang, kepiting dan udang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai penambah darah bagi Anda yang mengalami anemia atau penderita darah rendah. Tidak hanya itu, aneka jenis ikan seperti salmon, ikan kembung dan tuna juga kaya akan zat besi dan baik untuk dikonsumsi.

  1. Sereal 

Zat besi, protein dan karbohidrat adalah nutrisi lengkap yang terdapat dalam sereal. Anda bisa mengonsumsi sereal untuk sarapan atau pun cemilan di malam hari. Sereal ini merupakan makanan yang tepat untuk dikonsumsi sebagai penambah darah dan memenuhi kebutuhan harian zat besi.

  1. Sayuran berwarna hijau

Tentu saja sayuran hijau ini juga memiliki peran untuk menambah zat besi bagi tubuh. Sayuran hijau yang mempunyai kandungan zat besi tinggi adalah brokoli dan bayam. Selain mengandung zat besi, sayuran ini juga memiliki vitamin C yang sangat penting untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan tubuh.

  1. Kacang dan biji – bijian 

Tidak hanya mengandung zat besi saja, tetapi kacang dan biji – bijian ini juga merupakan sumber kalsium. Kacnag mete, kacang kedelai, biji bunga matahari dan biji labu adalah makanan yang harus Anda konsumsi jika ingin menambah zat besi dalam tubuh.

Itulah makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan zat besi sehingga bisa terhindar dari anemia selain mengonsumsi suplemen seperti Akarvit Kaplet. Tidak ada salahnya memang mengonsumsi suplemen, tetapi jika diimbangi dengan pola makan sehat maka hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *