Sudahkah Anda Tinggal di Lingkungan Sehat? Begini Ciri-cirinya

Lingkungan sehat sangat berpengaruh bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya. Kondisi lingkungan yang sehat dan bersih bisa mendukung tercapainya kesejahteraan manusia baik secara fisik maupun mental. Selain itu, lingkungan sehat bisa meminimalisir terjadinya risiko penyakit akibat lingkungan yang tercemar dan terhindar dari sumber-sumber yang bisa membahayakan keselamatan. Ada beberapa ciri yang bisa menentukan apakah tempat yang Anda tinggali bisa disebut lingkungan sehat. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Lingkungan yang sehat dapat diwujudkan dengan membersihkannya secara rutin

Memiliki Kualitas Udara yang Baik

Ciri lingkungan sehat yang paling utama adalah memiliki kualitas udara yang bersih, bebas dari polusi, dan segar ketika dihirup. Contohnya yaitu rumah yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan jalan raya yang ramai dengan lalu lalang kendaraan dan letaknya jauh dari lokasi industri atau pabrik. Lingkungan dengan kualitas udara yang baik sangat penting bagi anak-anak dan orang yang sudah berusia senja agar tidak mengalami gangguan pernapasan.

Banyak Pepohonan Hijau dan Rindang

Salah satu cara menciptakan lingkungan sehat dengan kualitas udara yang baik dan bersih adalah memperbanyak tanaman hijau di sekitar tempat tinggal. Tanaman hijau dapat mengurangi polusi dan menyerap karbon dioksida. Pepohonan rindang juga akan menambah kesan asri dan suasana menjadi sejuk. Anda bisa mulai menanam bibit pohon di pinggir jalan sehingga ketika tumbuh besar akan menjadi rindang. Selain itu, Anda juga bisa menanam tanaman hijau dalam pot dan letakkan di pekarangan agar rumah terlihat asri.

Sumber Air Bersih dan Lancar

Air adalah kebutuhan utama yang digunakan dalam hampir semua kegiatan dan kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, harus dipastikan sumber air yang ada di lingkungan mengalir dengan lancar dan kualitasnya bersih. Lingkungan sehat harus memiliki sumber air yang tidak tercemar dan tidak terkontaminasi limbah apapun, tidak berwarna, tidak berbau, dan layak dikonsumsi. Selain sumber air bersih, saluran pembuangan air seperti selokan juga harus terkelola dengan baik agar tidak menimbulkan luapan air terutama ketika musim hujan tiba.

Penampungan Sampah Terkelola dengan Baik

Ciri-ciri lingkungan sehat lainnya ditandai dengan adanya penampungan sampah yang terkelola dengan baik. Meski masih terbilang jarang, pengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya harus mulai dibiasakan. Pisahkan sampah organik atau sampah yang bisa terurai seperti sisa makanan dan daun-daunan untuk dijadikan pupuk. Sedangkan sampah anorganik atau sampah yang tidak bisa terurai seperti plastik dan botol bisa didaur ulang menjadi barang lain yang bermanfaat. Pengelolaan sampah seperti ini berguna untuk mencegah penumpukan sampah yang bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.

Memberikan Rasa Aman dan Nyaman

Lingkungan sehat bukan hanya dilihat dari aspek kebersihan saja,tetapi juga harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman. Rasa aman termasuk aman dari tindak kriminal dan aman untuk tempat bermain anak-anak. Hal ini bisa diperoleh dengan adanya pos penjagaan, rutin mengadakan pemeriksaan keliling dan tersedianya taman bermain anak-anak. Sedangkan rasa nyaman bisa didapatkan dari hubungan sosial antar tetangga yang harmonis dan saling membantu. Oleh karena itu, selain kesehatan fisik, lingkungan sehat juga berpengaruh dengan kesehatan mental.

Lingkungan sehat bisa terwujud melalui hal-hal tersebut, tetapi menjaganya untuk tetap sehat tidak bisa dilakukan secara sendirian. Karena lingkungan merupakan tempat tinggal bersama dengan orang lain, maka dibutuhkan kerja sama dengan semua penghuninya. Kesadaran warga sekitar menjadi bagian penting untuk bisa menciptakan lingkungan yang nyaman ditinggali. Warga bisa melakukan kerja bakti setiap dua minggu sekali atau mengadakan tanam pohon bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *