Inilah Scrub Wajah Alami yang Bisa Anda Lakukan di Rumah!

Salah satu cara eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati secara fisik adalah dengan menggunakan scrub. Anda bisa menggunakan scrub wajah alami di rumah yang lebih aman dan jelas bahan – bahannya jika tidak ingin menggunakan produk scrub instan.

Jika Anda membuat scrub alami dari bahan–bahan yang tersedia di rumah, selain jelas keamanannya juga dapat menghemat pengeluaran. Hal ini perlu menjadi perhatian Anda karena tidak semua orang cocok menggunakan bahan-bahan kimia yang terdapat pada produk eksfoliasi wajah yang terjual secara bebas di pasaran.

Rekomendasi bahan untuk scrub wajah alami

Eksfoliasi wajah dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih cerah sesuai dengan yang terlampir pada American Academy of Dermatology.  Anda perlu mempertimbangkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat scrub wajah secara alami.  

1. Madu dan oatmeal

Madu dan oatmeal merupakan salah satu cara membuat scrub wajah alami untuk mengangkat sel kulit mati. Zat antibakteri dan zat antiradang yang terdapat di dalam madu mampu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Tidak hanya itu, madu juga berperan untuk mengeksfoliasi dan membuat kulit lebih lembap secara alami.  Sedangkan manfaat oatmeal berasal dari senyawa fenol yang berperan sebagai antioksidan, hal ini sesuai dengan yang telah disebutkan oleh Journal of Drugs in Dermatology. Bahkan oatmeal mengandung senyawa antiradang yang sangat bermanfaat untuk menenangkan kulit. 

2. Yogurt dan oatmeal

Tidak hanya madu saja, Anda juga bisa mencampurkan oatmeal dengan minyak jojoba dan juga yogurt. Kandungan lactic acid yang terdapat pada yoghurt berperan untuk mengeksfoliasi kulit. Minyak jojoba berfungsi sebagai pelembap kulit tanpa menyumbat pori–pori kulit.

3. Pisang dan oatmeal

Scrub wajah ini cocok untuk kulit berminyak. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan kalium pada pisanglah yang memberikan manfaat untuk wajah. Tidak hanya itu, pisang juga dapat membantu merangsang produksi kolagen pada kulit karena memiliki kandungan silika.

4. Minyak kelapa, brown sugar, dan lemon

Air lemon dapat Anda jadikan sebagai campuran scrub wajah alami. Lemon memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, sedangkan brown sugar untuk wajah karena butirannya yang cenderung lebih halus serta minyak kelapa dapat membantu menutrisi kulit sekaligus memperbaiki fungsi lapisan kulit. Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti dari minyak jojoba atau minyak almond tetapi manfaat yang didapatkan tetap sama.

5. Lidah buaya 

Anda dapat menggunakan lidah buaya langsung dari tanamannya. Scrub wajah alami dari lidah buaya adalh dengan mencampurkannya dengan brown sugar dan extra virgin coconut oil. Manfaat yang didapatkan dengan menggunakan lidah buaya sebagai scrub wajah alami adalah terangkatnya sel kulit mati yang tersisa di wajah. Tidak hanya itu, bahkan kulit Anda menjadi lebih lembap, berkurangnya kemerahan di kulit, dan scrub ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

6. Almond dan susu

Almond yang dihaluskan berfungsi mengeksfoliasi sel kulit mati. Anda dapat menghaluskan almond agar sel–sel  kulit mati dapat terkikis, sedangkan susu dapat melonggarkan sel-sel kulit mati untuk membantu mempercepat regenerasi sel kulit baru karena mengandung lactic acid. Scrub wajah alami ini bisa digunakan bagi Anda yang memiliki jenis kulit normal.Nah, 6 scrub wajah alami di atas bisa Anda coba di rumah. Tetapi jika Anda tidak ingin repot dan lebih praktis, bisa menggunakan produk scrub instan yang sudah terjual bebas di pasaran. Hanya saja, pastikan jika produk tersebut sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *