RS Dirgahayu Samarinda: Tingkatkan Pelayanan Melalui Pendaftaran Online

RS Dirgahayu Samarinda

Di masa pandemi seperti sekrang ini, membatasi kegiatan di luar rumah adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari tertular virus corona itu. Namun, bagaimana jika kita perlu ke luar rumah untuk urusan kesehatan? Baik untuk melakukan pengobatan rutin ataupun melakukan pemeriksaan karena suatu penyakit?

Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah Samarinda, Kalimantan Timur, ada rumah sakit yang menyediakan layanan online, baik untuk pendaftaran online dan membuka layanan berobat secara online. Rumah sakit tersebut adalah RS Dirgahayu Samarinda. Berikut penjelasannya!

RS Dirgahayu Samarinda luncurkan reservasi online

Di akhir tahun 2019 lalu, RS Dirgahayu Samarinda mengebangkan sistem pelayanan pendaftaran aplikasi online yang dapat digunakan untuk pasien umum. Namun, kini aplikasi online tersebut sudah dapat digunakan untuk peserta JKN-KIS (BPJS Kesehatan) yang inign berobat ke RS Dirgahayu Samarinda dengan sistem pendaftaran satu hari sebelum kedatangan ke rumah sakit. 

Caranya pun mudah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar:

  • Pertama, Anda harus men-download aplikasinya di Play Store
  • Pasien harus sudah terdaftar (memiliki kartu berobat/ nomor rekam medis) dan pernah berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan di rumah sakit Dirgahayu. 
  • Memiliki kartu BPJS Kesehatan yang masih aktif dan nomor rujukan online dari fasilitas kesehatan, contohnya puskesmas, klinik, atau praktek dokter yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
  • Pendaftaran dilakukan satu hari sebelum melakukan kunjungan ke poli spesialis rumah sakit Dirgahayu.
  • Setelah reservasi berhasil dan mendapatkan QR Code serta nomor antrian, keesokan harinya pasien melakukan sscan QR-Code di mesin anjungan pendaftaran mendiri BPJS untuk mendapatkan kertas SEP
  • Setelah itu, pasien bisa langsung menuju poli spesialis yang dituju

Layanan berobat online

Tidak hanya membuka pendaftaran secara online untuk pasien BPJS Kesehatan, RS Dirgahayu Samarinda pun membuka layanan berobat online. Jadi, Anda dapat berkonsultasi secara langusung dengan dokter yang Anda inginkan sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Pasien melakukan pendaftaran melalui online via WhatsApp atau SMS
  • Pasien yang akan berkonsultasi adalah pasien ayng membutuhkan terapi atau tindakan lebih lanjut dengan obat-obatan dan pemeriksaan penunjang lainnya
  • Setelah melakukan pendaftaran, petugas RS Dirgahayu Samarinda akan memberikan jadwal konsultasi dan dokter yang akan menghubungi
  • Pada hari yang telah ditentukan, dokter akan melakukan wawancara dengan pasien apakah membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke RS atau tidak
  • Dokter memberikan resep dengan berkoordinasi dengan farmasi rumah sakit
  • Pasien melakukan pembayaran ke rumah sakit sekaligus pengambilan obat, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:
  • Pasien atau keluarga datang ke rumah sakit untuk melakukan pembayaran di kasir
  • Bayar di rumah
  • Transfer ke rekening RS Dirgahayu Samarinda

Untuk melakukan layanan berobat online ini, ada beberapa dokter spesialis yang akan disesuaikan dengan jadwal mereka. Misalnya saja, dokter spesialis jantung hanya tersedia pada hari Senin-Sabtu di jam 10.00-12.00 WITA.  

Untuk dokter spesialis anak memiliki jadwal setiap hari Senin-Sabtu di jam 10.00-12.00 WITA, serta beberapa jadwal dokter spesialis lainnya yang dapat Anda ketahui saat melakukan pendaftaran dengan pihak rumah sakit.

Dengan adanya layanan online ini diharapkan RS Dirgahayu Samarinda dapat melakukan pelayanan dengan lebih baik dan maksimal lagi. Pun, di masa pandemic Covid-19 seperti ini, melakukan pelayanan secara online adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *