Penyebab Benjolan di Dekat Lubang Dubur dan Cara Mengatasinya

Munculnya benjolan di dekat lubang dubur dapat membuat rasa tidak nyaman karena nyeri, terutama saat duduk dan berjalan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan sampai berbahaya. Karena itu, penting untuk mengenali penyebab benjolan di dekat lubang dubur.

Benjolan di anus dapat muncul akibat ambeien

Dubur atau anus merupakan lubang di bagian bawah saluran pencernaan. Bagian ini terdiri dari kulit dan jaringan usus bagian dalam, termasuk kelenjar lendir, pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan ujung saraf yang sensitif. 

Saat area ini terkena infeksi, iritasi, atau penyumbatan, benjolan pun dapat muncul. Benjolan yang muncul umumnya akan terasa nyeri, keras, dan mengeluarkan cairan seperti nanah. Tapi, kadang kala, benjolan tersebut tidak menimbulkan keluhan sama sekali.

Berbagai penyebab benjolan di dubur

  1. Ambeien

Benjolan di dekat lubang dubur dapat disebabkan oleh ambeien atau wasir. Ambeien dibagi menjadi dua jenis berdasarkan lokasinya, yaitu ambeien dalam dan ambeien luar. Gejala dan tanda yang muncul pun berbeda antara keduanya. 

Ambeien dalam terjadi ketika ada benjolan di dalam dubur, tepatnya di liang rektum. Umumnya, ambeien dalam tidak menimbulkan keluhan nyeri karena tidak banyak saraf di daerah tersebut. 

Sedangkan pada ambeien luar, benjolan terdapat di luar rektum atau di dekat lubang dubur. Benjolan pada ambeien luar biasa terasa nyeri atau gatal pada lubang dubur, dan bisa menyebabkan BAB berdarah.

Ambeien atau wasir—biasa juga disebut hemoroid terjadi karena adanya peningkatan tekanan dalam pembuluh darah di sekitar nus, sehingga menimbulkan pembengkakan yang terlihat seperti benjolan. Pemicunya pun beragam, bisa karena terlalu lama buang air besar, kelebihan berat badan, mengangkat beban berat, atau kebiasaan duduk yang terlalu lama.

  1. Perianal hematoma

Perianal hematoma ditandai dengan benjolan kecil berwarna keunguan atau hitam di bagian luar lubang dubur. Benjolan ini muncul akibat pecahnya pembuluh darah di area anus, sehingga darah menumpuk di jaringan sekitarnya. Pecahnya pembuluh darah tersebut bisa disebabkan karena mengejan saat BAB atau mengangkat beban berat. 

  1. Kutil anus

Penyebab benjolan di dekat lubang dubur lainnya adalah kutil anus atau secara medis disebut sebagai kondiloma akuminata. Benjolan pada anus ini disebabkan oleh infeksi virus HPV yang dapat menyebar melalui hubungan seksual ataupun cairan tubuh orang yang terinfeksi.

Pada banyak kasus, kutil anus tidak menyebabkan rasa nyeri atau keluhan lainnya, apalagi jika ukurannya kecil. Karena itu, terkadang penderita tidak menyadari adanya kutil anus sama sekali. Namun, jika ukurannya cukup besar, kutil anus dapat menimbulkan rasa gatal hingga mengeluarkan lendir atau darah.

  1. Molluscum contagiosum

Salah satu penyebab benjolan di dekat lubang dubur adalah infeksi virus molluscum contagiosum. Virus ini dapat menyebar ke lubang dubur saat berhubungan seksual, terutama saat melakukan anal. Selain itu, bersentuhan dengan kulit yang terinfeksi, atau berbagi sprei maupun handuk dengan penderita juga dapat menjadi faktor tertular virus tersebut.

Gejala yang muncul setelah terpapar virus berupa benjolan kecil berwarna merah muda atau putih dengan lubang atau cekungan kecil di tengahnya. Benjolan tersebut pun kadang menimbulkan rasa gatal dan pembengkakan. 

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Tapi, biasanya akan memakan waktu lama untuk menghilangnya benjolan tersebut, yaitu sekitar 6 bulan hingga 5 tahun.

Cara mengatasi benjolan di dekat dubur

Sebelum mengatasi benjolan di anus, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut. Terdapat berbagai pilihan pengobatan yang akan direkomendasikan, sesuai dengan penyebab munculnya benjolan. Berikut beberapa pilihan pengobatan tersebut.

  • Obat untuk meredakan pembengkakan
  • Obat pereda rasa nyeri jika benjolan menyebabkan rasa nyeri
  • Antibiotik untuk mengatasi infeksi
  • Krim atau salep yang dapat mengurangi iritasi dan memberikan efek mati rasa
  • Obat laksatif yang dapat melancarkan buang air besar
  • Operasi jika diperlukan

Kebanyakan penyebab benjolan di dekat lubang dubur dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan tindakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *