Nikmati Manfaat Lari Sore yang Jaga Tubuh Tetap Prima

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari, namun tidak dapat menemukan waktu yang tepat untuk melakukannya? Pagi hari Anda telah disibukkan dengan persiapan berangkat kerja. Jawaban ideal untuk permasalahan ini adalah dengan melakukan lari sore. Tidak kalah dengan lari pagi, manfaat lari sore juga ternyata dapat berdampak besar untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat lari sore, seberapa efektifkah dibanding lari pagi?

Pada dasarnya, hingga kini belum terdapat hasil penelitian yang dapat mendukung dugaan bahwa lari pada waktu tertentu dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Sebagai contoh, aktivitas lari sore jika dibanding dengan lari pagi.

Para ahli meyakini bahwa waktu olahraga terbaik, apa pun itu termasuk lari sore, hanya dapat dirasakan manfaatnya jika dilakukan dengan konsisten. Melakukan kegiatan olahraga secara konsisten ini dapat berupa sebuah kebiasaan atau rutinitas sehari-hari yang Anda lakukan.

Walaupun begitu, terdapat beberapa penelitian yang membahas tentang manfaat lari sore untuk kesehatan. Lebih lengkap tentang manfaat tersebut dapat Anda simak di bawah ini:

  • Meredakan stres

Salah satu manfaat lari sore yang dapat Anda rasakan adalah mampu meredakan stres. Ketika melakukan kegiatan olahraga, tubuh akan memicu produksi hormon endorfin yang berperan penting untuk menghilangkan tekanan dan juga rasa khawatir. Dengan begitu, tubuh dapat menghalau stres.

Selain itu, endorfin juga memiliki fungsi seperti obat penenang yang dapat mengurangi respons tubuh terhadap rasa sakit. Secara singkat, endorfin dapat memperbaiki suasana hati.

  • Tubuh terhindar dari teriknya paparan sinar matahari

Ketika kegiatan olahraga, seperti lari sore dilakukan saat hari telah menuju malam, paparan sinar matahari pada waktu tersebut tidak begitu terik. Selain itu, suhu panas pada sore hari juga cenderung lebih rendah jika dibanding dengan pada pagi maupun siang hari, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman ketika berolahraga.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Ketika Anda melakukan lari sore secara rutin, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari gangguan tidur yang seringkali Anda alami.

Hal ini dikarenakan ketika sore hari Anda berolahraga, tubuh akan merasa kelelahan di malam hari, sehingga dapat memicu rasa kantuk lebih cepat.

Kegiatan olahraga yang dilakukan mendekati waktu tidur, seperti lari sore dapat menjadi pilihan bagi Anda yang seringkali memiliki gangguan tidur.

  • Mengurangi risiko terkena cedera

Detak jantung dan tekanan darah berada cenderung berada dalam hitungan yang lebih rendah ketika sore hari. Di samping itu, otot tubuh juga cenderung lebih lentur pada sore hari.

Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah menghindari risiko terjadi cedera ketika berolahraga. Anda pun akan merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi ketika melakukan lari sore.

  • Manfaat bagi kesehatan lebih efektif dirasakan

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, performa tubuh dikatakan meningkat ketika sore hari, yaitu tepatnya pada pukul 4 petang hingga 7 malam. Tubuh sedang berada pada puncak performanya pada rentang waktu tersebut. Olahraga apa pun yang Anda lakukan pada waktu tersebut, akan terasa lebih efektif manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *