Minyak Kayu Putih Cap Ayam dan Pereda Masuk Angin

Masuk angin pada saat musim pancaroba seperti ini banyak dialami orang-orang, apakah Anda termasuk di antaranya? Ketika merasakan gejala masuk angin, jangan langsung panik dan memutuskan untuk pergi ke dokter. Nyatanya banyak cara mudah untuk meredakan gejala masuk angin hanya dari rumah, tidak terkecuali dengan memakai minyak kayu putih Cap Ayam

Ketika Anda mulai merasakan gejala masuk angin, cobalah untuk mulai menerapkan berbagai cara yang membuat tubuh lebih hangat dan memperkuat imunitas tubuh. Ini bisa kamu lakukan ketika hidung mulai tersumbat dan bersin-bersin, merasa sakit tenggorokan, sampai mengalami demam ringan. 

Jadi, penasaran tidak cara apa saja yang ampuh meredakan masuk angin tanpa harus ke dokter? Pilihannya sangat banyak dan di bawah ini beberapa cara yang cukup efektif. 

Perbanyak Asupan Cairan Hangat 

Memperbanyakn asupan cairan dalam bentuk minuman maupun makanan bisa membantu Anda mengatasi hidung yang tersumbat sampai sakit tenggorokan. Alangkah lebih baik Anda mengonsumsi air hangat jika memang sedang masuk angin. Tidak melulu harus air putih hangat, Anda juga dapat mempertimbangkan menyeruput teh herbal ataupun mengonsumsi sup ayam yang habis dipanaskan. Kondisi tubuh pasti langsung terasa lebih baik. 

Hirup Uap Panas 

Masalah paling sering yang dialami penderita masuk angin atau pilek adalah hidung yang tersumbat atau bersin-bersin. Cara meringankan gejala ini tidak sulit. Anda bisa meredakannya dengan menghirup uap panas. Untuk menghirup uap panas, Anda bisa meletakkan mangkok berisi air panas dan mendekatkan wajah ke arah mangkok yang berisi penuh tersebut. Anda juga bisa mandi menggunakan pancuran air hangat untuk mengurangi gejala hidung tersumbat ataupun mengatasi nyeri otot akibat masuk angin. 

Bilas Hidung dengan Air Garam 

Pernah mendengar cara meredakan pilek atau masuk angin menggunakan air garam? Cara ini sangat efektif. Namun untuk melakukannya, Anda perlu memiliki alat berupa semprotan saline ataupun neti pot. Sebaai bahan pembilasannya, campurkan sekitar 3 sendok teh garam dan 1 sendok teh soda kue. Campur bahan tersebut dengan 3—4 gelas air hangat yang mata. Isi neti pot atau semprotan saline dengan cairan yang Anda buat, lalu semprotkan larutan tersebut ke salah satu hidung, sambil menutup satu lubang hidung yang lain. Tunggu beberapa detik, kemudian biarkan air mengalir. Lakukan hal serupa untuk lubang hidung yang lain dan ulangi beberapa kali dalam sehari. 

Baluri dengan Minyak Herbal 

Memakai minyak herbal juga ampuh meredakan gejala masuk angin maupun pilek. Mulai dari minyak kayu putih sampai minyak thyme bisa Anda gunakan. Namun tentu yang termudah adalah menggunakan minyak kayu putih Cap Ayam yang aman untuk orang dewasa sampai bayi sekalipun. Terbuat dari minyak kayu putih alami yang dicampur dengan kandungan sineol, baluran minyak herbal ini di tubuh Anda bisa membuat berbagai gejala masuk angin, mulai dari hidung tersumbat sampai nyeri otot, menjadi berkurang. 

Konsumsilah Madu 

Madu adalah obat herbal yang cocok untuk meredakan berbagai gejala penyakit, tidak terkecuali gejala masuk angin. Anda bisa mengonsumsi madu tanpa campuran apa-apa, namun bisa juga dengan melarutkannya dalam segelas air hangat ataupun teh panas. Mengonsumsi madu saat masuk angin bisa memperkuat imunitas tubuh sehingga Anda pun lebih cepat sembuh. Mengonsumsi madu juga sangat efektif meredakan batuk yang kerap menyertai masuk angin Anda. 

Beristirahatlah! 

Jangan remehkan kemampuan tidur untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Anda pun sangat disarankan untuk beristirahat lebih banyak apabila terserang masuk angin atau pilek. Istirahat yang lebih lama akan membantu tubuh melawan infeksi sehingga gejala bisa lekas teratasi. Jika Anda merasa tidak nyaman tidur saat masuk angina karena hidung tersumbat, cobalah untuk menggunakan bantal tambahan agar posisi kepala lebih tinggi sehingga Anda lebih mudah untuk bernapas. Jangan lupa pula untuk memastikan kondisi tubuh saat tidur tetap hangat. Anda bisa menggunakan selimut untuk kepentingan tersebut. 

Perbanyak Asupan Buah dan Sayur 

Nafsu makan Anda bisa jadi menurun karena gejala masuk angin yang Anda rasakan. Namun, jangan sampai Anda memilih tidak makan karena ini akan memperburuk kondisi. Tetaplah makan makanan bergizi yang mendukung imunitas tubuh Anda. Memperbanyak asupan buah yang kaya vitamin C juga sayuran-sayuran sangat dianjurkan. 

Minum Obat? Sah-sah Saja 

Dalam beberapa kondisi, gejala masuk angin bisa membuat Anda super tidak nyaman. Contohnya, Anda mengalami hidung tersumbat dan batuk yang cukup parah disertai demam ringan. Untuk penderita minyak angin di atas 5 tahun, Anda bisa mempertimbangkan obat yang dijual bebas, seperti parasetamol, ibuprofen, ataupun antihistamin untuk meredakan gejala yang Anda alami. 

Biasanya, gejala masuk angin akan lekas berkurang dalam waktu 3 hari dengan pemakaian minyak kayu putih Cap Ayam ataupun cara alami lainnya. Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik dalam jangka waktu tersebut, pertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *