Menjaga Kesehatan Kulit dengan Produk Skincare untuk Remaja

Memelihara kesehatan kulit penting untuk dilakukan oleh semua orang, baik untuk remaja maupun orang dewasa. Bagi para remaja, menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan memilih produk skincare untuk remaja yang aman dan ringan. 

Setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Faktor usia juga banyak mempengaruhi permasalahan tersebut. Untuk para remaja, masalah kulit yang dimiliki tentu berbeda dengan orang-orang di usia 30-an. Karena itu, Anda harus memilih skincare yang memang dianjurkan bagi para remaja. 

Berbagai rekomendasi skincare untuk remaja hadir di pasaran

Hal yang boleh dilakukan dengan produk skincare untuk remaja

Remaja mungkin tergolong sebagai pengguna produk perawatan kulit yang masih pemula. Karena itu, pemakaiannya juga harus dilakukan secara hati-hati. 

Ketika masih remaja, kulit Anda masih lebih sehat dan elastis. Selain itu, kemampuan kulit untuk memperbaiki sel kulit yang rusak juga lebih optimal. Jangan sampai, salah menggunakan skincare membuat kondisi kulit yang masih muda jadi bermasalah.

Ketika memakai produk skincare untuk remaja, berikut ini hal-hal yang boleh Anda lakukan:

  • Memilih produk skincare sederhana

Anda mungkin sering melihat banyaknya rangkaian produk skincare yang dijual di pasaran. Mulai dari pembersih muka, toner, serum, pelembab, masker, dan lain sebagainya. 

Sebaiknya, bagi para remaja, hindari menggunakan produk skincare terlalu berlebihan. Cukup gunakan produk yang memang dibutuhkan oleh kulit Anda. Misalnya pelembab atau tabir surya bagi Anda yang sering beraktivitas di sekolah.

  • Melakukan uji coba

Sebelum menggunakan produk ke seluruh kulit wajah, cobalah lakukan uji coba terlebih dahulu. Hal ini secara khusus penting dilakukan bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Untuk menguji coba produk baru, cobalah mengoleskan sedikit produk ke kulit di area yang tersembunyi. Misalnya di lengan bagian dalam atau di pergelangan tangan.

Kemudian, tunggu sampai 48 jam dan lihat apa reaksi yang muncul. Bila tidak ada reaksi, maka kemungkinan besar produk aman untuk digunakan. 

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda mungkin bisa merasakan adanya reaksi alergi setelah pemakaian produk skincare tertentu. Reaksi alergi yang umumnya muncul berupa kemerahan, gatal-gatal, ruam, dan iritasi.

Hal yang harus dihindari saat memakai produk skincare untuk remaja

Sebelumnya, telah disebutkan mengenai hal-hal yang boleh dilakukan ketika memakai produk skincare untuk remaja. Kini saatnya mengetahui apa yang sebaiknya dihindari dalam pemakaian skincare:

  • Menggunakan produk dengan vitamin E berlebih

Sebenarnya, vitamin E bisa memberikan manfaat positif untuk kulit. Akan tetapi, bagi kulit remaja, terlalu banyak vitamin E bisa menyebabkan dampak negatif.

Dampak negatif itu berupa iritasi pada kulit yang bisa membuat kulit menjadi kemerahan dan muncul ruam. 

  • Menggabung produk skincare dengan pasta gigi

Banyak orang mengira bahwa pasta gigi atau odol bisa bekerja sama baiknya dengan produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Padahal, hal ini tidak berhasil dibuktikan secara ilmiah.

Kandungan pada pasta gigi memang bisa membantu untuk membunuh kuman dan menyerap minyak di kulit. Akan tetapi, hal ini juga akan membuat kulit Anda menjadi sangat kering sehingga rentan mengalami iritasi.

Hindari melakukan dua hal di atas ketika menggunakan produk skincare untuk remaja. Ingatlah bahwa kulit remaja cenderung masih lebih sehat dibanding kulit orang yang lebih dewasa. Pelihara kulit tersebut agar tetap terjaga kesehatannya hingga masa tua nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *