Mengenal Obat Levonorgestrel

Mengenal Obat Levonorgestrel

Levonorgestrel adalah progestin sintetis yang mirip dengan Progesteron yang digunakan dalam kontrasepsi dan terapi hormon. Obat ini digunakan oleh wanita untuk mencegah kehamilan setelah kegagalan pengendalian kelahiran seperti kondom rusak atau hubungan seks tanpa kondom. 

Obat levonorgestrel adalah kontrasepsi darurat dan tidak boleh digunakan sebagai bentuk kontrasepsi biasa. Karena obat ini adalah hormon progestin yang bekerja terutama dengan mencegah pelepasan sel telur (ovulasi) selama siklus menstruasi Anda, hal itu juga yang membuat cairan vagina Anda lebih kental untuk membantu mencegah sperma mencapai sel telur (pembuahan) dan mengubah lapisan rahim untuk mencegah penempelan sel telur yang telah dibuahi.

Levonorgestrel bisa digunakan sebagai obat yang dapat mencegah kehamilan, tetapi tidak akan mencegah penyebaran virus HIV dan penyakit menular seksual lainnya. Secara global, levonorgestrel adalah kontrasepsi darurat yang paling umum digunakan. Obat ini awalnya diberikan persetujuan FDA pada tahun 1982 dan merupakan kontrasepsi darurat pertama yang hanya mengandung progesteron, menunjukkan tingkat kemanjuran yang tinggi dan kurangnya efek samping estrogenik bila dibandingkan dengan rejimen kontrasepsi darurat yang lebih lama.

Meskipun digunakan untuk wanita, obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada wanita dengan berat badan tertentu misalnya, lebih dari 74 kilogram atau jika Anda telah menggunakan obat lain tertentu dalam sebulan terakhir. Efek dan hal ini bisa mengakibatkan kehamilan walaupun Anda mengkonsumsi levonorgestrel. 

Karena levonorgestrel termasuk obat yang dijual bebas, Anda disarankan untuk periksa bahan pada label bahkan jika Anda pernah menggunakan produk sebelumnya. Produsen mungkin telah mengubah bahan-bahannya. Selain itu, produk dengan nama yang mirip mungkin mengandung bahan berbeda yang dimaksudkan untuk tujuan berbeda. Mengambil produk yang salah dapat membahayakan Anda.

Jika Anda menggunakan produk yang dijual bebas untuk mengobati sendiri, baca semua petunjuk pada kemasan produk sebelum minum obat ini. Jika Anda memiliki pertanyaan, bicarakan dengan apoteker Anda. Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, minumlah sesuai petunjuk.

Untuk mengkonsumsi levonorgestrel, Anda harus minum 1 tablet melalui mulut dengan atau tanpa makanan sesegera mungkin setelah berhubungan seksual tanpa menggunakan kondom. Obat ini bekerja paling baik bila diminum dalam 72 jam (3 hari) setelah hubungan seks tanpa kondom. Jika Anda muntah dalam waktu 2 jam setelah minum obat ini, hubungi dokter Anda untuk menanyakan apakah Anda perlu mengulang dosis.

Efek samping penggunaan levonorgestrel antara lain mual atau muntah, sakit perut, kelelahan, pusing, perubahan perdarahan vagina, nyeri payudara, atau sakit kepala. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beritahu dokter atau apoteker Anda segera.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal atau bengkak terutama pada wajah, lidah, dan tenggorokan, pusing parah, kesulitan bernapas.

Setelah Anda minum obat ini, waktu menstruasi Anda akan tetap datang dan seberapa banyak Anda darah yang keluar dapat berubah karena obat ini. Jika menstruasi Anda terlambat lebih dari 7 hari, Anda mungkin perlu melakukan tes kehamilan. Namun jika Anda merasa memiliki masalah medis yang serius setelah konsumsi levonorgestrel, Anda disarankan untuk segera mencari bantuan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *