Mengalami Gangguan THT? Anda Bisa Cek Kondisinya di Prodia Pondok Indah

Telinga termasuk salah organ yang memiliki kaitannya dengan tenggorokan dan hidung. Ketiga organ ini sering disebut dengan THT, di mana ketika salah satu organ ada yang bermasalah maka dapat memberikan dampak pada organ lainnya. Jadi, untuk menjaga kesehatan telinga sangatlah penting. Jika Anda mengalami gangguan pada alat indera pendengaran ini, bisa dilakukan pemeriksaan di Prodia Pondok Indah yang menyediakan fasilitas untuk Poli THT.

Merawat kesehatan telinga harus dilakukan dengan cara yang tepat dan tidak boleh sembarangan. Hanya saja, masih banyak yang belum memahami bagaimana cara menjaga kesehatan telinga. Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara yang tepat dalam menjaga kesehatan telinga Anda.

  1. Hentikan kebiasaan mengorek telinga

Sebetulnya adanya kotoran telinga merupakan cara yang dilakukan untuk melindungi liang telinga dari kotoran dan debu. Hanya saja, kadang penumpukan kotoran telinga bisa terjadi sehingga pada akhirnya membuat telinga Anda terasa tersumbat atau gatal. Hal inilah yang membuat Anda seringkali mengorek telinga dengan menggunakan coton bud, penjepit kertas bahkan jepit rambut untuk membersihkan kotoran telinga yang menumpuk. Anda tidak perlu melakukan ini karena pada dasarnya, telinga memiliki cara alami untuk membersihkan kotorannya. Jika Anda merasa penumpukan di telinga sudah menganggu dan membuat pendengaran menjadi tidak nyaman, segera kunjungi dokter THT untuk melakukan pembersihan dengan cara yang aman dan tepat.

  1. Hindari dari suara yang terlalu keras

Pasti diantara Anda semua gemar menggunakan earphone atau headset untuk mendengarkan music, podcast, atau pun menonton film. Sayangnya, kebiasaan ini perlu Anda perhatikan kembali karena tidak baik jika menggunakan benda – benda tersebut dalam jangka waktu lebih dari satu jam. Anda bisa memberikan jeda sekitar 5 hingga 10 menit untuk telinga beristirahat. Tidak hanya itu, Anda juga harus menghindari volume suara yang terlalu keras karena hal ini dapat merusak telinga. Jika Anda bekerja di pabrik atau tempat yang terlalu berisik, gunakanlah earplug atau penyumbatan telinga untuk menjaga keamanan pendengaran Anda.

  1. Hindari penggunaan ear candle

Terapi ear candle sudah menjadi salah satu metode alternatif untuk membersihkan telinga. Sayangnya, hal ini tidak direkomendasikan oleh dokter THT karena penggunaan dari ear candle tidak terbukti efektif dalam membersihkan telinga. Tidak hanya itu saja, penggunaan ear candle juga tidak jelas manfaatnya bagi kesehatan telinga. Bahkan penggunaan ear candle ini bisa menyebabkan tersumbatnya saluran telinga dan cedere pada telinga.

  1. Menjaga telinga agar tetap kering

Kondisi yang lembap sangat tidak baik untuk kesehatan telinga karena dapat memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak di dalam sana. Kondisi ini dapat memicu terjadinya infeksi dan iritasi pada telinga. Jika Anda memiliki hobi berenang, akan lebih baik menggunakan penyumbat telinga agar terhindar masuknya air ke dalam telinga. Apabila sudah berasa masuknya air ke dalam telinga, Anda bisa memiringkan telinga untuk mengalirkan air keluar dan jangan lupa setelahnya untuk mengeringkan telinga dengan handuk.

  1. Melakukan pemeriksaan telinga secara rutin

Tidak hanya pemeriksaan gigi saja perlu rutin dilakukan tetapi pemeriksaan telinga juga perlu dilakukan secara rutin. Pemeriksaan rutin ke dokter THT dapat mendeteksi dini bila terjadi gangguan pada telinga. Selain itu, juga bisa melakukan evaluasi terhadap kesehatan telinga dan fungsi pendengaran Anda agar terhindar dari penyakit telinga yang nantinya dapat menganggu aktivitas Anda.

Cara – cara di atas dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter di Prodia Pondok Indah jika mengalami gangguan kesehatan pada telinga. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap keluhan Anda. Anda bisa melakukan pemesanan untuk konsultasi dengan dokter melalui aplikasi atau website SehatQ dan juga bisa dilakukan pada website Prodia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *