Memahami L-Theanine dan Manfaatnya

Memahami L-Theanine dan Manfaatnya

Para pecinta teh sedikit banyak pasti pernah mendengar mengenai L-theanine. Ini merupakan senyawa yang banyak terdapat pada daun teh dan digadang-gadang menjadi kunci rileks bagi tiap orang yang mengonsumsi seduhan daun teh tersebut. Namun, sebenarnya apa itu L-theanine?

L-theanine sejatinya merupakan jenis asam amino. Ragam asam amino yang satu ini mampu memengaruhi kadar bahan kimia tertentu pada otak Anda, termasuk mengatur serotonin dan dopamin yang memberi efek bahagia pada seseorang. Tidak ayal, mengonsumsi bahan yang mengandung L-theanine diyakini mampu memengaruhi suasana hati dan emosi. 

Dari fungsi tersebut, manfaat yang dapat Anda peroleh dari pengonsumsian L-theanine pun sangat banyak. Berikut ini adalah aneka manfaat dari L-theanine yang mungkin sudah Anda duga maupun yang tidak disangka-sangka. 

  1. Meredakan Kecemasan 

Gangguan kecemasan yang dialami oleh banyak orang di dunia bersumber dari rasa stres yang tidak terkendali. Padahal, Anda bisa mengendalikan stres dengan cara-cara yang simpel, semudah menyeruput teh di sore hari. L-theanine pada teh akan membantu produksi hormon serotonin dan dopamine sehingga suasana hati menjadi membaik dan stres pun dapat dikurangi. Efek dominonya rasa cemas yang berlebihan pun dapat dipangkas. 

  1. Mengontrol Tekanan Darah

L-theanine tidak hanya mampu mengontrol tingkat stres dan menghindarkan Anda dari kecemasan. Jenis asam amino yang satu ini nyatanya juga efektif mengontrol tekanan darah Anda. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012, L-theanine terbukti mampu menjaga tekanan darah seseorang tidak melonjak terlalu tinggi atau tetap berada di batas normal. 

  1. Meningkatkan Kinerja Otak 

Ketika Anda rajin menyesap teh, Anda akan merasa lebih mudah berkonsentrasi terhadap sesuatu hal. Daya ingat Anda pun terasa lebih baik. Itu semua terjadi karena L-theanine yang terkandung pada teh memiliki efek melindungi saraf, tidak terkecuali saraf pusat yang ada di otak. Saraf yang terlindungi membuat otak bisa berkinerja lebih baik sehingga Anda bisa lebih fokus. 

  1. Memperbaiki Kualitas Tidur

Produksi hormone dopamin yang meningkat karena bantuan L-theanine pun bisa berpengaruh baik pada kualitas tidur Anda. Orang-orang yang mengonsumsi L-theanine sebesar 200 miligram per hari mampu lebih rileks saat tidur, yang ditandai pula dengan pengurangan detak jantung ketika istirahat sehingga tidur menjadi lebih pulas. Dengan kualitas tidur yang lebih baik, kesehatan Anda pun akan lebih terjaga. 

  1. Mengobati Flu

Pandangan orang yang menganggap teh adalah obat pilek maupun flu tidaklah salah. L-theanine yang banyak terkandung pada jenis minuman tersebut ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan flu. Bahkan dalam sebuah penelitian didapati, orang-orang yang rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung L-theanine selama 5 bulan berturut-turut berisiko lebih rendah terkena flu. 

  1. Meredakan Sinusitis 

Selain mampu memberi suasana rileks di otak dan mental, L-theanine ternyata juga mampu meningkatkan gerakan helai rambut di hidung. Kemampuan ini sangat berguna bagi para penderita sinusitis. Sebab dengan gerakan helai rambut yang lebih aktif, lendir-lendir di hidung dapat lebih mudah dibersihkan dan mencegah penumpukan. Alhasil, gejala sinusitis pun bisa diredakan. 

  1. Membantu Pengobatan Kanker 

Sampai saat ini, penelitian mengenai kemampuan L-theanine dalam membantu upaya pemulihan pasien kanker masih terus dilakukan. Kesimpulan sementaranya, L-theanine memang cukup berguna meningkatkan efektivitas obat kemoterapi pada pasien kanker. Dengan obat yang lebih efektif, kemungkinan sembuh pada pasien kanker pun menjadi lebih besar. 

*** 

Banyaknya manfaat L-theanine membuat banyak produsen yang membuat produk suplemen yang berisikan senyawa asam amino ini. Jadi selain rajin menyeruput teh, Anda bisa mengandalkan suplemen untuk merasakan khasiat L-theanine. Tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *