Masalah Kesehatan yang Bisa Diredakan dengan Krim Tartar

Anda yang senang memasak pasti sudah tidak asing dengan krim tartar. Jenis bumbu dapur yang satu ini umum digunakan sebagai pencegah kristalisasi saat memanggang beragam makanan. Tidak hanya itu, krim tartar berguna untuk membuat krim karena mampu menstabilkan adonan putih telur. 

Krim tartar sendiri merupakan sisa dari pembuatan anggur. Karena proses inilah, krim tartar kerap dipandang kurang baik bagi kesehatan. Padahal sebenarnya, jenis bumbu dapur yang satu ini justru bisa mengeluarkan Anda dari beberapa kondisi yang berhubungan dengan masalah kesehatan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat tersaji dalam krim tartar. Apakah Anda pernah mengalami salah satu dari manfaat krim tartar, seperti di bawah ini?

  1. Obesitas 

Krim tartar memiliki sifat diuretik. Sifat ini berguna membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Fakta akan kemampuan krim tartar dalam menurunkan berat badan ini sebenarnya masih memiliki pro kontra. Oleh beberapa penelitian, krim ini terbukti ilmiah menurunkan berat badan. Namun di penelitian lain, manfaat krim tartar yang satu ini masih meragukan. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi krim tartar dengan campuran susu untuk menjajal manfaat yang satu ini, bukan?

  1. Jerawat 

Jerawat merupakan masalah kesehatan yang bisa sangat mengganggu rasa percaya diri Anda. Tidak hanya itu, berkumpulnya jerawat hingga meradang juga akan menimbulkan nyeri dan tidak nyaman. Cobalah mengonsumsi sedikit krim tartar setiap hari. Krim ini mengandung senyawa antibakteri dan anti racun. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi krim tartar dalam jumlah sedikit tiap harinya mampu meredakan peradangan jerawat di wajah dan kulit Anda. 

  1. Radang Sendi

Radang sendi atau artritis merupakan masalah penumpukan kristal asam urat yang membuat sendi Anda menjadi sulit digerakkan karena kaku. Rasa kaku ini pun menimbulkan nyeri yang luar biasa. Anda bisa memanfaat krim tartar untuk meredakan nyeri radang sendi. Alih-alih dimakan, Anda cukup menggunakan krim tartar yang dicampur dengan garam sebagai tambahan pada air mandi Anda. Rasakan dengan segera bahwa nyeri radang sendi Anda akan berkurang setelah mandi menggunakan campuran kedua bahan tersebut. 

  1. Edema 

Pernah atau sedang mengalami bagian tubuh, khususnya di area tungkai ataupun lengan, mengalami bengkak tanpa alasan? Mungkin Anda sedang terkena edema. Ini merupakan kondisi ketika ada penumpukan cairan di antara sel-sel tubuh sehingga memicu penggelembungan atau pembengkakan. Edema ringan sendiri bisa sedikit dihilangkan mengonsumsi krim tartar. Pasalnya, krim ini memiliki sifat diuretic yang mampu mengeluarkan cairan berlebih dari tubuh. Jika tak kunjung sembuh, konsultasikan masalah edema Anda kepada dokter karena bisa jadi merupakan indikasi penyakit yang lebih serius. 

  1. Infeksi Saluran Kemih 

Manfaat lainnya dari krim tartar yang tidak kalah penting adalah kemampuannya mengubah kadar pH urine Anda. Dengan kemampuan ini, masalah infeksi saluran kemih pun dapat teratasi. Pasalnya dengan mengubah kadar pH, perkembangan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi saluran kemih dapat dihentikan. 

  1. Maag 

Mengonsumsi krim tartar juga terbukti mampu meringankan gejala maag yang Anda alami. Dengan sisaan dari produksi anggur merah ini, Anda pun bisa terhindar dari gejala maag yang parah, yang menyebabkan ulu hati tersiksa. 

  1. Migrain 

Tidak ada yang bisa nyaman dengan kondisi migrain atau sakit kepala sebelah. Cobalah meringankan gejalanya dengan memanfaatkan krim tartar. Krim ini sangat tinggi kalium sehingga bisa mengatur hidrasi dan tekanan darah pada tubuh. Hidrasi yang mencukupi dan tekanan darah yang normal dapat mengurangi serangan migrain yang tidak Anda sukai. 

*** 

Banyak bukan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari krim tartar? Namun, penggunaannya juga tidak boleh berlebih. Mengonsumsi krim tartar secara berlebihan justru menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti dehidrasi dan kadar gula yang terlalu rendah. Gunakan bumbu dapur yang satu ini dengan bijak, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *