Manfaat Essential oil dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Akhir-akhir ini sedang marak penggunaan essential oil sebagai penenang dan pengharum ruangan. Bahkan banyak dijadikan sebagai pengobatan komplementer dan alternatif. Menurut Global Aromatherapy Market Analysis, pasar aromaterapi global diproyeksikan tumbuh sebesar 8 persen antara 2017 dan 2024. 

Lantas apa sebenarnya manfaat essential oil sehingga amat diminati tersebut dan naik menjadi tren? Berikut daftar manfaatnya serta cara memilihnya dengan tepat. 

Jenis beserta manfaat essential oil

  • Lavender

Manfaat essential oil dari bung aini adalah aromanya yang halus yang dapat membantu orang untuk rileks dan tidur. Jika menghirupnya, ternyata dapat membantu meredakan sakit kepala, sedangkan jika digunakan secara topikal dapat membantu mengurangi rasa gatal dan bengkak akibat gigitan serangga. 

  • Roman chamomile

Kombinasi dari aroma bunga dan herbal yang ringan, essential oil  ini memiliki potensi untuk menenangkan pikiran saat disebarkan dan dihirup melalui uap. Manfaat lainnya yaitu untuk mengobati kondisi kulit seperti peradangan dan eksim.

  • Mawar

Saat aroma bunga mawar yang manis dihirup, mereka dapat membantu mengurangi kecemasan. Sifat antioksidannya juga dipercaya untuk membantu mengobati jerawat dan memperbaiki kulit untuk tampilan yang lebih muda secara keseluruhan.

  • Hisop

Essential oil yang bersahaja, herbal, dan beraroma manis ini dapat digunakan pada kulit untuk membantu meminimalkan jaringan parut, mengurangi peradangan, dan bertindak sebagai agen penyembuhan secara keseluruhan. Tapi jangan digunakan saar Anda hamil atau memiliki Riwayat kejang.

  • Ylang ylang

Minyak bunga ini memiliki aroma pedas tapi manis. Essential oil ini bermanfaat membantu dalam relaksasi, membangun kepercayaan diri atau harga diri, dan bahkan dapat bertindak sebagai pengusir serangga tertentu. Ini sering ditemukan dalam produk kosmetik, perawatan kulit kombinasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

  • Mur

Essential oil yang berbau harum semerbak ini dikatakan dapat mengatasi masalah kulit, seperti menghilangkan jerawat dan kulit pecah-pecah, dan bahkan dapat membantu mengobati kaki atlet.

  • Vetiver atau akar wangi

Aroma berasap sekaligus manis dari vetiver, sering digunakan dalam aromaterapi yang menenangkan, meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan menenangkan saraf. Manfaat lainnya adalah sifat antioksidannya untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit dan menyembuhkan bekas luka.

  • Frankincense atau kemenyan

Aroma kemenyan yang khas mungkin mengingatkan pada masa-masa liburan, tapi essential oil ini juga memiliki banyak sifat yang baik untuk kesehatan. Minyak kemenyam memiliki segala macam sifat astringen, pencernaan, antiseptik, dan desinfektan.

Ini dapat mencegah masalah mulut seperti bau mulut, sakit gigi, gigi berlubang, dan sariawan, bahkan sebuah penelitian menyarankan itu untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit.

  • Jeruk bali atau grapefruit

Kulit buah jeruk satu ini memiliki aroma pahit dan segar, minyaknya populer digunakan dalam difusser. Essential oil satu ini dikatakan memiliki sifat antijamur yang dapat membantu mengurangi bakteri berbahaya di dalamnya.

  • Kayu cedar

Kayu cedar yang beraroma alami dan bersahaja ini sering digunakan untuk sejumlah perawatan kecantikan topikal. Sebuah studi menunjukkan manfaat minyal ini termasuk memerangi jerawat, mengobati eksim, dan mengurangi ketombe. Mereka juga diduga membantu mengurangi radang sendi dan meredakan batuk.

  • Peppermint

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan, bahwa saat Anda menghirup aroma herbal mint dari minyak ini, dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus. Demikian juga, sejumlah kecil bukti telah menemukan bahwa minyak ini dapat membantu mengatasi sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Saat dioleskan, minyak ini juga memiliki efek pendinginan. Efek dingin tersebut dapat membantu dengan hal-hal seperti nyeri otot dan berpotensi membantu meningkatkan olahraga, pereda sengatan matahari, dan kondisi kulit gatal karena racun ivy atau gigitan serangga.

  • Spearmint

Aroma mint lainnya berasal dari spearmint. Essential oil spearmint memiliki sedikit aroma yang lebih manis dan telah ditemukan memiliki sifat antijamur. Ini juga memberikan efek pendinginan yang sama seperti peppermint ketika dioleskan.

  • Minyak kemangi

Ada manfaat topikal dan internal dari minyak esensial yang diekstrak dari kemangi. Penelitian menunjukkan minyak kemangi dapat menjadi antivirus dan anti-inflamasi, sehingga bisa bekerja sebagai obat flu dan pilek serta pelemas otot.

Mereka juga ditemukan dapat mengobati jerawat, dan satu studi yang lebih tua, menemukan bahwa mereka bekerja untuk mengurangi stres. Anda juga dapat menambahkannya ke perawatan rambut untuk menghilangkan palk putih pada rambut dan meningkatkan kilaunya.

  • Melaleuca

Anda mungkin lebih ramah dengan nama tea tree oil. Essential oil ini biasanya digunakan sebagai antibakteri ,antiinflamasi dan antivirus pengobatan, serta sebagai tambahan untuk mengobati hipersensitivitas.

Minyak ini terbukti membantu mengobati eksim, mengurangi reaksi pada orang yang alergi terhadap nikel, dan bahkan mengobati infeksi staph dan gigitan serangga.

  • Lemon

Tak hanya buahnya, essential oil lemon juga sarat dengan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan, melawan anemia, meningkatkan energi, dan meredakan mual. Hindari penggunaan di siang hari atau di bawah terik matahari.

  • Arborvitae

Minyak satu ini mungkin kurang dikenal, tapi mereka memancarkan aroma kayu dan dikatakan membantu mengusir serangga dan mengurangi stres. Daya tarik utamanya, yaitu mempromosikan kulit yang sehat dan bercahaya. Tapi jangan menghirupnya terlalu banyak atau meminumnya.

  • Jeruk

Minyak dengan vitamin C ini memiliki banyak manfaat perawatan kulit saat dioleskan. Mereka banyak ditemukan dalam berbagai produk kecantikan untuk membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan jelas. Penelitian mengatakan minyak jeruk dapat membantu mengobati kecemasan dan membantu dalam beberapa pereda nyeri.

  • Helichrysum

Aromanya seperti campuran madu dan Jerami, mereka juga memiliki sifat antioksidan, antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan internal dan eksternal. Saat dioleskan ke kulit, dapat membantu mengobati kaki atlet, jerawat, dan psoriasis.

  • Cassia

Essential oil satu ini memiliki aroma hangat dan pedas mirip kayu manis asli, tapi sedikit lebih manis. Minyak cassia dapat menghangatkan tubuh dan membuat orang merasa tenang.

  • Oregano

Minyak ini memiliki manfaat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu mengobati kaki atlet, infeksi bakteri, psoriasis, dan kutil. Sebuah studi menemukan bahwa mereka memiliki sifat antioksidan yang kuat dan membantu mengobati demam serta gejala pernapasan. Aroma tajam dan pedasnya dengan sedikit kecenderungan herbal dapat digunakan dalam aromaterapi, atau dioleskan.

Cara memilih essential oil

  • Kemurnian: pilihlan essential oil yang murni tanpa aditif atau minyak sintetis lainnya, Anda bisa melihatnya pada label
  • Kualitas: essential oil berkualitas mengalami paling sedikit proses saat ekstraksi, pilihlah yang bebas bahan kimia 
  • Reputasi: produk berkualitas tinggi biasanya memiliki merek dengan reputasi baik 

Manfaat essential oil sangat banyak, tapi efek sampingnya pun tersedia. Pilihlah dengan tepat yang sesuai dengan Anda. Temukan lebih banyak informasi tentang manfaat essential oil di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *