Konicare Gel Pengurang Gatal dan Kenali Penyebab Gatal

Ruam merah yang mengakibatkan kulit si kecil pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti iritasi atau alergi, infeksi jamur, parasit, virus hingga bakteri. Ruam umumnya berwarna merah, sedikit bersisik, kadang mengeluarkan cairan, hingga tampak seperti berjerawat, tergantung pada penyebabnya. Masalah ini bisa dibantu dengan memberikan Konicare Gel pengurang gatal. Namun, sebelum memberikannya, ada baiknya kenali beberapa penyebab anak mengalami ruam merah dan gatal pada kulit. 

1. Gatal karena penggunaan popok

Gatal atau munculnya ruam popok umumnya terjadi secara tidak merata di sekitar area genital atau bokong. Penyebab ruam popok umumnya disebabkan karena air seni maupun kotoran terlalu menumpuk dan dapat mengiritasi kulit. Kondisi ini biasanya berlangsung lama dari dan dapat menyebabkan ruam. Ruam popok juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi jamur, infeksi bakteri, atau alergi karena bahan popok.

2. Eksim

Apa sering disebut dermatitis atopik. Eksim merupakan kondisi kronis yang umumnya ditandai dengan munculnya bercak kering, radang pada kulit, dan gatal. Eksim dapat Anda cegah atau obati dengan menjaga kulit tetap terhidrasi dan menghindari pemicu serta menggunakan Konicare Gel pengurang gatal. Penyebab eksim umumnya terjadi karena debu, kain yang kasar, salah menggunakan sabun dan deterjen, serta beberapa makanan yang menyebabkan kulit teriritasi serta meradang.

3. Gigitan serangga

Gatal pada kulit juga bisa disebabkan karena adanya gigitan dari sengatan lebah, tawon, nyamuk, dan semut api yang menyebabkan kulit menjadi merah dan bengkak. Gigitan serangga akan membuat anak merasa gatal dan terasa menyakitkan. Beberapa gigitan, seperti gigitan nyamuk atau sengatan lebah, dapat menyebabkan bekas merah dan gatal. Anda dapat mengobatinya dengan Konicare Gel pengurang gatal.

4. Kulit kering

Kulit bayi sangat sensitif sehingga membutuhkan lebih banyak minyak pelembab, seperti Konicare Gel pengurang gatal untuk membuatnya terhindar dari kulit kering. Selain itu, kulit kering umumnya disebabkan karena udara dingin atau kering, mandi yang lama menggunakan air sangat panas, lotion yang mengandung pewangi, atau salah memilih sabun atau deterjen. Kulit kering umumnya ditandai dengan kasar atau bersisik dan kadang berubah menjadi merah, gatal, dan terkelupas.

5. Roseola

Roseola adalah infeksi virus yang paling sering menyerang anak usia 6 bulan sampai 2 tahun. : Roseola disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Roseola tidak menyebabkan luka dingin atau kutil di bagian kelamin. Namun, infeksi ini sangat menular dan dapat menyebar melalui bersin, batuk atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi.

Anak yang mengalami infeksi roseola umumnya mengalami gejala awal seperti demam tinggi, sakit tenggorokan, pilek, mudah sensitif dan kemerahan di sekitar mata. Selang beberapa hari, anak biasanya akan mulai mengalami munculnya ruam merah muda atau merah muda mulai terbentuk di sekitar batang tubuh dan secara bertahap menyebar ke luar, namun  tidak gatal.

6. Alergi makanan

Alergi makanan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menerima makanan tertentu sebagai asupan yang berbahaya dan bereaksi berlebihan sehingga menimbulkan reaksi alergi. Reaksi alergi tersebut dapat menyebabkan beberapa gejala seperti ruam merah, gatal, mual, muntah, mata berair, bersin atau mengi. Alergi makanan juga dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir atau lidah atau kesulitan bernapas. Akan tetapi, rasa gatal pada kulit dapat Anda obati atau ringankan dengan Konicare Gel pengurang gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *