Ketahui Prosedur Analisa Gas Darah RS Premier Jatinegara

Analisa gas darah adalah suatu metode yang dilakukan untuk mengukur jumlah oksigen dan karbon dioksida dalam darah. Analisa gas darah yang merupakan salah satu layanan dari RS Premier Jatinegara ini pada umumnya juga dapat digunakan untuk menentukan pH darah, atau seberapa asamnya. Sel darah merah berfungsi untuk mengangkut oksigen dan karbon dioksida ke seluruh tubuh. Inilah yang disebut dikenal sebagai gas darah.

Saat darah melewati paru-paru, oksigen mengalir ke dalam darah sementara karbondioksida mengalir keluar dari darah ke paru-paru. Analisa gas darah dapat menentukan seberapa baik paru-paru mampu memindahkan oksigen ke dalam darah dan menghilangkan karbon dioksida dari darah.

Ketidakseimbangan oksigen, karbon dioksida, dan tingkat pH dalam darah dapat menunjukkan adanya kondisi medis atau gangguan kesehatan tertentu. Kondisi medis yang dimaksud termasuk:

  • gagal ginjal
  • gagal jantung
  • diabetes yang tidak terkontrol
  • pendarahan
  • keracunan bahan kimia
  • overdosis obat
  • syok.

Dokter dapat meminta Anda atau pasien yang membutuhkan pemeriksaan untuk melakukan analisa gas darah ketika Anda menunjukkan gejala salah satu dari kondisi tersebut. Metode analisis gas darah ini membutuhkan pengumpulan sejumlah kecil darah dari arteri. Ini adalah prosedur yang aman dan sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk melakukannya.

Prosedur Analisa Gas Darah

Analisa gas darah seperti yang menjadi salah satu layanan di RS Premier Jatinegara pada umumnya melakukan dengan prosedur pengumpulan sedikit sampel darah. Darah yang terdapat pada arteri dapat diperoleh dari arteri di pergelangan tangan, lengan, atau selangkangan, atau jalur arteri yang sudah ada sebelumnya jika Anda sedang dirawat di rumah sakit. Sampel gas darah juga bisa didapatkan dari pembuluh darah vena, atau IV atau kapiler yang sudah ada sebelumnya, yang membutuhkan tusukan kecil di tumit.

Perawat atau petugas medis pertama-tama akan mensterilkan tempat suntikan dengan antiseptik. Begitu mereka menemukan arteri, petugas medis akan memasukkan jarum ke dalam arteri dan mengambil darah. Anda mungkin merasakan sedikit nyeri pada area tusukan saat jarum masuk. Arteri memiliki lebih banyak lapisan otot polos daripada vena, dan beberapa orang mungkin merasa tes gas darah arteri lebih menyakitkan daripada pengambilan darah dari vena.

Setelah jarum dicabut, petugas medis akan menahan tekanan selama beberapa menit sebelum membalut luka tusukan. Sampel darah kemudian akan dianalisis dengan mesin portabel atau di laboratorium di tempat. Sampel harus segera dianalisis dalam waktu 10 menit dari prosedur untuk memastikan hasil tes yang akurat.

Risiko Analisis Gas Darah

Pada umumnya prosedur analisis gas darah seperti yang bisa Anda akses di RS Premier Jatinegara tidak memerlukan sampel darah yang besar, oleh karena itu tes ini dianggap sebagai prosedur berisiko rendah.

Namun, Anda harus selalu memberi tahu dokter Anda tentang kondisi medis yang dialami saat ini yang mungkin membuat Anda mengalami pendarahan lebih dari yang diharapkan. Anda juga harus memberi tahu kepada petugas kesehatan jika Anda mengonsumsi obat bebas atau resep, seperti pengencer darah, yang dapat memengaruhi pendarahan Anda.

Kemungkinan efek samping yang terkait dengan tes gas darah meliputi:

  • pendarahan atau memar di tempat tusukan jarum suntik
  • merasa lemah
  • darah menumpuk di bawah kulit
  • timbul infeksi di tempat tusukan.

Beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang tidak terduga atau tidak kunjung sembuh. Untuk Anda yang diminta melakukan analisis gas darah, Anda bisa melakukannya di RS Premier Jatinegara yang berlokasi di Jalan Raya Jatinegara Timur No. 85-87, RT.2/RW.8, Bali Mester, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13310. RS Premier Jatinegara memiliki jam operasional mulai pukul 07.00 hingga 21.00 dan unit gawat darurat 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *