Ketahui Perbedaan Tipe Pelumas dan Manfaat Sutra Lubricant

Secara alami, vagina sudah dapat menghasilkan pelumas yang dapat membantu ketika melakukan aktivitas seksual. Namun, terkadang pelumas alami dari vagina saja tidak cukup. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pelumas buatan seperti Sutra Lubricant untuk merasakan aktivitas seksual yang lebih nyaman.

Tipe Pelumas Buatan

Ada berbagai jenis atau tipe pelumas buatan yang dijual dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pelumas buatan ada berbagai tipe atau jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu:

  • air
  • silikon
  • minyak
  • hybrid, menggabungkan beberapa bahan di atas.

Pelumas buatan hybrid sering kali merupakan kombinasi dari bahan air dan silikon, serta memiliki elemen dari keduanya.

1. Pelumas Buatan Tipe Bahan Dasar Air

Pelumas buatan berbahan dasar air seperti Sutra Lubricant memang sangat populer. Pada umumnya, pelumas buatan berbahan dasar air mengandung gliserin. Tetapi, Anda bisa memilih pelumas buatan tanpa bahan gliserin yang mungkin lebih cocok bagi Anda yang sering mengalami infeksi jamur. Pelumas berbahan dasar air juga aman digunakan jika menggunakan kondom baik yang terbuat dari lateks maupun non-lateks.

2. Pelumas Buatan Tipe Bahan Dasar Silikon

Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif, Anda bisa memilih menggunakan pelumas buatan berbahan dasar silikon, yang lembut seperti lembaran sutra di bagian sensitif Anda. Pada umumnya, silikon bersifat hipoalergenik, sehingga banyak orang tidak akan mengalami reaksi alergi. Selain itu, pelumas tipe silikon juga lebih tahan lama. Pelumas tipe silikon juga aman digunakan ketika harus mengenakan kondom. Meski begitu, pelumas tipe silikon tidak aman digunakan dengan mainan seks silikon karena mereka bisa berminyak.

3. Pelumas Buatan Tipe Bahan Dasar Minyak

Pelumas berbahan dasar minyak biasanya aman digunakan pada vagina, tetapi bisa jadi berantakan. Tetapi, pelumas buatan tipe bahan dasar minyak memiliki kelebihan yaitu lebih awet menjadi pelumas, jadi tidak perlu diaplikasikan kembali berulang kali.

Pelumas tipe bahan dasar minyak memiliki efek negatif ketika menggunakan kondom berbahan lateks. Hal ini karena pelumas tipe minyak dapat membuat kondom menjadi robek. Tak hanya itu, pelumas berbahan dasar minyak juga dikaitkan dengan tingkat infeksi yang lebih tinggi, seperti vaginosis bakteri. Pelumas jenis ini juga pada umumnya dapat mengotori sprei dan pakaian serta sulit untuk dibersihkan.

Pelembap Vagina

Pelembap vagina adalah pelumas yang dapat bekerja lebih lama dan dapat membantu mengatasi kekeringan yang kronis. Efek pelembap vagina biasanya berlangsung hingga beberapa hari.

Produk-produk pelembap vagina merupakan pilihan yang baik bagi orang-orang yang mengalami vagina kering yang intens, bahkan ketika mereka tidak berhubungan seks. Pelembap ini juga aman digunakan bersama pelumas vagina.

Beberapa orang biasa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi kekeringan pada vagina. Minyak kelapa merupakan pelembap yang efektif untuk bagian tubuh lainnya, tetapi kini masih sedikit penelitian tentang manfaatnya untuk vagina. Anda harus menghindari penggunaan minyak kelapa ketika menggunakan kondom lateks, karena dapat memecah lateks sehingga membuat pemakaian kondom menjadi tidak efektif.

Krim Estrogen

Krim berbahan estrogen dapat mengobati kekeringan pada vagina yang dapat disebabkan karena kadar estrogen yang rendah. Krim ini bekerja dengan cara mengganti estrogen yang hilang, dan berpotensi membalikkan beberapa efek menopause dan kondisi medis yang mengakibatkan estrogen menjadi rendah. 

Krim estrogen dapat bekerja dengan baik, tetapi tidak aman jika digunakan untuk Anda yang tidak mentoleransi estrogen dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi kepada dokter mengenai risiko dan manfaat penggunaan krim estrogen tersebut. Selain itu, sebagian besar krim estrogen ini juga mengharuskan pengguna untuk mengurangi dosis dari waktu ke waktu.

Untuk Anda yang cocok menggunakan pelumas buatan tipe bahan dasar air, Anda bisa mencoba Sutra Lubricant. Sutra Lubricant dapat membantu menjadi pelembap tambahan pada organ intim wanita atau pria, terutama ketika melakukan aktivitas seksual. Pelumas Sutra Lubricant hadir dengan bahan dasar air, sehingga cocok bagi Anda yang sedang mencari lubricant yang dapat meminimalisir reaksi alergi atau timbulnya rasa tidak nyaman di kulit. Anda bisa mendapatkan Sutra Lubricant dengan harga Rp 14.000 untuk ukuran 50 ml.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *