Ketahui Metode Pengobatan untuk Mengatasi Proctalgia

Proctalgia atau proctalgia fugax merupakan suatu kondisi di mana dubur menjadi nyeri yang tidak memiliki penyebab spesifik. Rasa sakit ini biasanya disebabkan karena kondisi otot yang mengalami kejang secara intens di dalam atau di sekitar saluran anus. Kondisi proctalgia iniĀ  mirip dengan jenis nyeri dubur lain yang disebut sindrom levator ani. Namun, rasa sakit yang ditimbulkan karena proctalgia akan terasa sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sindrom levator ani, dan rasa nyeri bisa berlangsung berhari-hari, bukan beberapa menit.

Siapapun dapat mengalami proctalgia fugax. Namun, biasanya hal ini tidak dialami seseorang sebelum mulai pubertas. Proctalgia tampaknya lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Tidak jelas mengapa hal ini bisa terjadi, atau apakah hal ini karena lebih banyak wanita yang melaporkan masalah ini, karena banyak orang tidak melakukannya.

Diagnosis Proctalgia

Proctalgia fugax biasanya didiagnosis setelah kemungkinan penyebab lain dari nyeri dubur dan kejang telah disingkirkan. Oleh karena itu, untuk mengesampingkan kondisi lain yang mungkin menyebabkan rasa sakit pada dubur, dokter mungkin akan melakukan berbagai hal seperti berikut.

  • Melakukan pemeriksaan secara fisik
  • Dokter juga akan mengajukan pertanyaan tentang keparahan nyeri, durasi rasa sakit, dan sebagainya
  • Dokter juga akan memeriksa wasir, fisura, abses, dan penyakit atau kondisi lain yang dapat menyebabkan nyeri dubur
  • Setelah penyebab lain dari nyeri dubur telah dikesampingkan selanjutnya dokter akan dapat mendiagnosis proctalgia fugax.

Pengobatan Rumahan Proctalgia

Proctalgia fugax tidak menimbulkan kerusakan permanen pada orang, namun rasa sakit yang ditimbulkan tetap menyakitkan. Oleh karena itu, metode pengobatannya sebagian besar berfokus agar rasa sakit yang dirasakan hilang.

Ada pilihan pengobatan yang dapat membantu untuk mengendurkan otot-otot anus dan mencegahnya terjadinya kejang, seperti:

  • Diltiazem oral, yaitu obat yang dapat mengobati tekanan darah tinggi
  • Gliseril nitrat topikal, yang merupakan obat penghilang rasa sakit
  • Obat blok saraf, yaitu zat yang mematikan saraf
  • Pelemas otot

Namun, pengobatan ini menimbulkan masalah karena efektivitas perawatan ini bisa sangat bervariasi. Hal ini disebabkan karena rasa nyeri akibat proctalgia fugax dapat muncul sewaktu-waktu tanpa peringatan dan berlangsung dalam waktu singkat. Oleh karena itu, obat-obatan yang digunakan seringkali tidak memberikan efek pada waktunya. Kebanyakan orang tidak khawatir tentang minum obat dan malah membiarkan rasa sakitnya berlalu begitu saja.

Namun, ada beberapa pengobatan alami yang dapat dicoba untuk membantu meringankan rasa sakit, seperti berikut ini.

  • Bubuk nabati alami: Mengonsumsi bubuk ini diketahui dapat membantu menghasilkan gerakan usus yang lebih lembut sehingga membantu meregangkan otot dan mencegah terjadinya kejang. 
  • Pelatihan ulang otot panggul: Jika otot-otot rangka mengalami kejang, maka bisa diatasi dengan mencoba untuk melatih otot-ototnya agar bisa rileks dengan melakukan latihan khusus.
  • Mandi air hangat: Mandi air hangat diketahui dapat membantu mengendurkan sfingter anal dan mengurangi kejang dan rasa nyeri yang berhubungan dengan proctalgia fugax.
  • Mengonsumsi makanan kaya kalium: Kekurangan kalium diduga berhubungan dengan proctalgia fugax. Seseorang yang mengalami proctalgia bisa mulai mengonsumsi pisang, kismis, dan alpukat karena mengandung potasium.
  • Teknik relaksasi: Pereda stres seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, dan yoga juga dapat dilakukan untuk membantu meredakan kecemasan dan stres.

Kapan Harus ke Dokter?

Proctalgia fugax sebetulnya tidak berisiko mengancam jiwa. Ada banyak penyebab nyeri dubur tetapi sebagian besar mudah diobati. Namun, Anda perlu waspada jika nyeri dubur tidak segera hilang dalam waktu 24 hingga 48 jam, apalagi diiringi gejala seperti berikut:

  • Rektum terus menerus mengalami pendarahan yang disertai sakit kepala ringan dan pusing
  • Nyeri dubur tidak segera membaik setelah beberapa hari atau justru semakin memburuk
  • Nyeri dubur yang menyebar membuat tubuh menjadi demam, menggigil, atau keluarnya cairan dari anus
  • Sakit parah

Perlu juga harus waspada dan memperhatikan setiap adanya perubahan dalam buang air besar. Dokter akan ingin tahu persis apa yang terjadi pada tubuh pasien agar kondisi proctalgia segera dapat terobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *