Ketahui Lebih dalam Penyebab Hematohidrosis

Pernahkah Anda mendengar fenomena seseorang yang berkeringat darah? Bagi Anda yang belum mengetahui fenomena tersebut pasti tidak menyangka bahwa fenomena itu memang langka. Agar Anda lebih memahami kondisi tersebut, ketahuilah pengertian serta penyebab dari fenomena hematohidrosis sebagai berikut.

Ketahui hematohidrosis lebih dalam 

Hematohidrosis merupakan kondisi yang sangat langka di mana Anda bisa berkeringat darah. Keringat darah itu biasanya terjadi di permukaan tubuh. 

Keringat darah tersebut paling umum terjadi di wajah dan dahi. Lebih lanjut, lantaran kasus tersebut langka, hanya terdapat beberapa kasus hematohidrosis yang dikonfirmasi dalam status medis di abad ke-20. 

Apa saja penyebab hematohidrosis? 

Terdapat beberapa penyebab hematohidrosis yang perlu diketahui. 

  • Dalam beberapa kasus, pendarahan terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah atau kapiler. Beberapa pembuluh darah, termasuk yang dekat kelenjar keringat dan selaput lendir, lebih dekat ke permukaan kulit. 

Kapiler membawa nutrisi penting ke berbagai tubuh. Dalam kasus ketakutan stres yang parah, pembuluh darah kecil tersebut memang bisa pecah dan mengakibatkan darah keluar melalui kelenjar keringat tersebut. 

Karena hal tersebutlah muncul hematohidrosis. Kejadian itu juga kerap terjadi di dekat dahi, hidung, wajah, serta bagian tubuh lain yang terletak di dekat kelenjar keringat ataupun selaput lendir.

  • Selain itu, penyebab lainnya diduga karena tekanan fisik dan psikologis. Teori tersebut menjadi salah satu penjelasan di laporan tokoh agama yang sering menyoroti cerita keringat berdarah. Hal itu tertuang dalam mitologi Alkitab. Misalnya, Yesus yang berkeringat darah saat berdoa untuk mengantisipasi penyaliban dan kematiannya.
  • Lebih lanjut, orang yang mengidap riwayat penyakit hematohidrosis kemungkinan memiliki cacar pada dermis, yaitu lapisan kulit di bawah lapisan luar. Cacat kulit hipotesis tersebut bisa memberikan ruang bagi darah untuk menumpuk sehingga memungkinkan untuk mengeluarkan darah.
  • Penyebab lainnya ialah purpura psikogenik, yaitu perdarahan spontan dan memar tanpa cedera atau penyebab lain yang diketahui. 

Studi kasus penyebab hematohidrosis

Meski begitu, tidak semua kasus keringat darah disebabkan oleh stres fisik maupun emosional. Terkait hal tersebut, terdapat studi kasus 2013 memerinci kisah seorang gadis berusia 12 tahun dengan hematohidrosis. 

Gadis tersebut sama sekali tidak memiliki gangguan pendarahan, tidak dijelaskan kondisi medis lainnya, serra tidak ada riwayat masalah psikologis atau stres. Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa kejadian keringat darah itu berlangsung selama 10-15 menit serta tidak membuat gadis tersebut kesal. 

Selanjutnya, dokter ahli merawatnya dengan atropin, yaitu obat yang menghalangi fungsi tertentu dari sistem saraf yang tak sadar. Seiring berjalannya waktu, gejala itu pun berkurang hingga gadis tersebut tidak menerima pengobatan lain. 

Siapa saja yang bisa mengalami hematohidrosis? 

Lebih lanjut, hematohidrosis bisa menjadi gejala penyakit lain seperti gangguan pendarahan hingga tekanan darah tinggi. Hal tersebut sering terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi. 

Selain itu, hal tersebut diduga terjadi karena tekanan ataupun ketakutan yang ekstrem seperti menghadapi penyiksaan, penganiayaan berat yang berkelanjutan, hingga menghadapi kematian. 

Seperti apa diagnosis hematohidrosis? 

Dalam diagnosis hematohidrosis, dokter akan menanyakan terkait pendarahan yang Anda alami. Selain itu, berapa lama dan seberapa sering hal tersebut berlangsung. 

Kemudian, dokter akan membicarakan terkait kesehatan Anda secara umum seperti kondisi medis serta riwayat kesehatan anggota terdekat Anda serta kondisi kejiwaan Anda. 

Untuk mencari tahu lebih lanjut terkait penyebab hematohidrosis, dokter akan melakukan tes darah untuk mencari petunjuk dan menyingkirkan masalah lain. 

Tes tersebut meliputi: 

  • Pemeriksaan kondisi hati dan ginjal
  • Menjalani tes CT scan atau ultrasound bergantung pada lokasi pendarahannya.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui terkait hematohidrosis. Dengan gejala dan penyebab yang telah dijabarkan Anda bisa lebih mengetahui fenomena tersebut dan bisa mengantisipasinya dengan berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Tujuannya adalah Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat terkait hematohidrosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *