Ketahui Cara Meningkatkan IQ dengan Mudah

Cara meningkatkan IQ anak

IQ atau intelligence quotient merupakan suatu ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang. Pengukuran iq ini mulai dipopulerkan pada tahun 1900-an oleh seorang psikolog Perancis yang bernama Alfred Binet. Saat ini, nilai IQ sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang, tidak mengherankan jika banyak yang mencoba untuk mencari cara meningkatkan IQ.

IQ diukur menggunakan beberapa tes standar yang dikelola oleh psikolog yang memiliki lisensi, bahkan dalam beberapa kasus psikolog tersebut telah memiliki pelatihan kesehatan mental tingkat pascasarjana. Tes IQ standar umum meliputi:

  • Skala Kecerdasan Wechsler untuk Anak-anak (WISC-V)
  • Skala Kecerdasan Wechsler untuk Orang Dewasa (WAIS)
  • Skala Kecerdasan Stanford-Binet

Akan tetapi, terlepas dari betapa populernya tes dan aplikasi IQ online, metode tersebut tidak dapat mengukur IQ dengan akurat, dengan cara yang sama seperti tes IQ yang dilakukan oleh psikolog. Selain itu, tingkat IQ sering digunakan sebagai cara untuk mengukur kecerdasan, namun bukan satu-satunya parameter yang digunakan. Sebaliknya, tes IQ dapat digunakan untuk mengetahui dan mendiagnosis adanya kondisi kesehatan mental dan ketidakmampuan belajar lainnya.

Cara Meningkatkan IQ

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan IQ dengan melakukan beberapa kegiatan, seperti penalaran, perencanaan, hingga pemecahan masalah.

1. Bermain Alat Musik

Alat musik dapat membantu meningkatkan IQ Anda. Bahkan menurut penelitian, memainkan alat musik dapat merangsang kemampuan sensorik, berpikir, koordinasi fisik, pendengaran, sekaligus kemampuan mengingat Anda. Anda tidak perlu menjadi seorang pemain musik yang andal agar bisa mendapatkan manfaat musik yang nyata untuk meningkatkan IQ Anda.

2. Belajar Bahasa Asing

Mempelajari bahasa asing tidak hanya akan memudahkan Anda saat harus bepergian ke luar negeri dan berkomunikasi dengan orang lain, akan tetapi belajar bahasa asing juga bermanfaat untuk meningkatkan IQ. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa memiliki tingkat IQ dan kemampuan belajar yang lebih baik, jika dibandingkan dengan orang-orang yang hanya mampu berkomunikasi dengan satu bahasa saja.

3. Membaca Buku

Cara meningkatkan IQ yang paling mudah yaitu dengan membaca buku. Hal ini karena saat Anda membaca buku, Anda akan mengikuti alur cerita yang sudah dirancang oleh penulis, lalu ikut membayangkan, memahami, dan mengambil kesimpulan dari apa yang Anda baca.

Aktivitas ini sudah dikenal luas mampu melatih kemampuan untuk berpikir serta menambah wawasan sambil menjaga kesehatan dan fungsi otak. Tidak hanya aktivitas membaca saja, Anda juga bisa membacakan buku cerita kepada anak-anak karena juga mampu meningkatkan perkembangan otak anak. Aktivitas ini juga ikut melatih kemampuan anak dalam berbahasa dan berpikir.

4. Mengikuti Kursus

Pendidikan berkontribusi penting dalam mencerdaskan atau meningkatkan IQ. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa pendidikan formal yang dilakukan selama 1 tahun dapat meningkatkan skor IQ sampai 5 poin. Tidak hanya pendidikan formal, Anda juga bisa mendapatkan pendidikan lewat seminar atau kursus seperti kursus memasak, bahasa asing, menjahit, dan sebagainya.

5. Melakukan Permainan

Anda bisa mengasah otak Anda dengan melakukan permainan. Cara meningkatkan IQ ini juga lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Anda bisa melakukan permainan asah otak seperti puzzle, sudoku, dan teka-teki silang. Tidak hanya bisa meningkatkan IQ Anda, permainan ini juga dapat melatih daya ingat sekaligus keterampilan penalaran dan berbahasa.

6. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan tertentu juga dapat dilakukan sebagai cara meningkatkan IQ. Anda perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan bergizi yang mengandung asam lemak omega-3, protein, flavonoid, dan berbagi vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, zinc, dan selenium. Kandungan nutrisi tersebut juga dapat meningkatkan dan menjaga fungsi otak. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti makanan laut, kacang, telur, buah, sayur-sayuran untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan otak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *