Kesalahan Paling Sering Terjadi Saat Memilih Camilan Sehat

Tidak peduli berapa banyak camilan sehat yang Anda makan atau seberapa sering Anda berolahraga. Masalahnya, banyak orang yang akhirnya membuat kesalahan sama dalam hal memilih camilan sehat. Menurut dr. Caroline Apovian, selaku Direktur Pusat Nutrisi dan Manajemen Berat Badan di Boston Medical Center banyak kesalahan yang sering terjadi pada saat seseorang memilih camilan sehat, seperti berikut.

1. Mengonsumsi roti gandum

Caroline mengatakan bahwa dia sering melihat orang memilih roti gandum tetapi tidak menyadari bahwa roti putih dan roti gandum sering memiliki jumlah kalori yang sama. Ingatlah bahwa tidak semua roti gandum dibuat sama. Saat memutuskan antara memilih roti gandum putih atau gandum utuh. Ia merekomendasikan untuk melihat bahan-bahannya. Pastikan label bertuliskan “gandum utuh” alih-alih “gandum” dan hindari roti yang mengandung gula, tepung terigu, atau tepung putih halus dalam tiga bahan pertama.

2. Makan makanan yang sama berulang-ulang

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam perangkap makan hal yang sama berulang-ulang ketika kita mencoba untuk makan dengan sehat. Menurut Caroline saat memilih camilan sehat sebaiknya lebih bervariasi. Banyak orang membuat kesalahan ini dengan hanya membiarkan diri memilih makanan yang mereka anggap “aman” seperti ayam, brokoli, atau ubi jalar. Meskipun ini mungkin tampak seperti rencana yang sangat mudah, membatasi diri dari berbagai makanan menyebabkan kebosanan dan akhirnya membuat Anda makan berlebihan.

3. Menghitung kalori

Menghitung kalori memang cara terbaik untuk diet sehat. Sayangnya, banyak orang yang keliru saat menghitung kalori. Berat camilan sehat yang dimakan jika berlebihan, maka akan sama saja dan menjadi lebih banyak kalori lagi. Alhasil, program hitung kalori menjadi sia-sia.

4. Makan camilan berlebihan setelah berolahraga

Sangat penting untuk mengisi bahan bakar tubuh untuk latihan, tetapi Anda sering dituntut untuk percaya bahwa tubuh perlu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang sebenarnya kita lakukan.

Beberapa latihan membakar lebih banyak kalori daripada yang lain, tetapi bagi kebanyakan orang, makan besar sebelum memakan camilan sehat cenderung membuat Anda mengambil porsi yang berlebihan. Alhasil, program diet dan olahraga yang Anda lakukan menjadi sia-sia.

5. Topping salad dengan dressing berkalori tinggi

Menumpuk makanan Anda di salad bar adalah ide yang bagus, selama Anda memilih topping yang tepat. Caroline menjelaskan bahwa meletakkan banyak saus berkalori tinggi seperti blue cheese di atas salad dapat merusak program diet dan menjadi camilan sehat yang salah. Bahan saus ini dapat menambahkan sekitar 500 kalori ke salad sehingga menjadikannya makanan tinggi lemak. Sebaliknya, gunakan saus balsamic vinaigrette sebagai gantinya.

6. Memotong semua karbohidrat dan hanya makan protein dan sayuran

Karbohidrat adalah gula, pati, dan serat yang dapat ditemukan dalam buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan produk susu — artinya roti dan pasta bukanlah satu-satunya karbohidrat yang ada. Ada banyak makanan lain yang tinggi karbohidrat.

Ketika orang ingin menurunkan berat badan atau makan sehat, sebaiknya tetap konsumsi karbohidrat sehat. Anda dapat makan karbohidrat yang memiliki nilai gizi lebih seperti beras merah, kacang-kacangan, quinoa, ubi jalar, dan buah-buahan.

7. Tetap mengonsumsi alkohol

Memilih makanan dan camilan sehat itu bagus, tetapi minum sehat adalah kunci untuk tubuh yang sehat secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang lupa kalori dalam bir, anggur, margarita, dll. Cobalah untuk menjaga asupan alkohol Anda seminimal mungkin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *