Kenali Kondisi Kesehatan Lewat Warna Lidah, Apa Arti Lidah Ungu?

lidah ungu

Tak hanya sebagai indera pengecap, lidah juga dapat memberikan tanda masalah pada kesehatan Anda melalui perubahan warnanya. Perubahan warna lidah bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sesuatu yang Anda makan hingga kondisi medis yang serius. 

Pewarnaan dari makanan dan minuman tertentu, seperti blueberry atau bit, adalah penyebab paling umum dari lidah ungu.

Perubahan warna lidah dapat menunjukkan masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti infeksi. Kondisi medis juga dapat memengaruhi bentuk dan tekstur lidah.

Misalnya ketika lidah ungu, bisa berarti cairan dan darah tidak bersirkulasi dengan baik. Dalam beberapa kasus, lidah ungu juga dapat menjadi tanda seseorang menderita kolesterol tinggi dan masalah jantung.

Beberapa dari masalah ini akan hilang dengan sendirinya, sementara yang lain membutuhkan pengobatan.

Yuk kenali indikasi medis melalui warna lidah. 

Lidah Merah Muda 

Biasanya, seseorang memiliki lidah berwarna merah muda dengan lapisan putih tipis. Warna merah jambu mungkin terang atau gelap.

Jika Anda pemilik lidah merah mudah, maka ini normal. Lidah yang sehat memiliki banyak papila di bagian atas dan samping. Papila adalah benjolan kecil berdaging yang memberikan tekstur kasar pada bagian atas lidah.

Lidah Putih 

Jika lidah pucat dan timbul bercak putih, ini mungkin disebabkan oleh infeksi jamur, seperti sariawan .

Sariawan mulut bisa menyakitkan dan menyebabkan bercak tebal, putih atau merah terbentuk di lidah. Seseorang mungkin mengalami kesulitan menelan atau makan.

Penyebab lain yang mungkin adalah leukoplakia . Kondisi ini menyebabkan terbentuknya bercak atau plak putih di lidah, dan sering kali terjadi akibat merokok.

Selain itu, lidah mungkin tampak putih karena lichen planus atau sejenis ruam.

Lidah Hitam

Penumpukan keratin bisa menyebabkan lidah menjadi hitam. Keratin adalah protein di kulit, rambut, dan kuku.

Menurut Pusat Informasi Penyakit Genetik dan Langka, penumpukan keratin dapat menyebabkan lidah menjadi hitam dan berbulu. Penumpukan dapat terjadi akibat:

  • kebersihan mulut yang buruk
  • obat-obatan, seperti beberapa antibiotik
  • penggunaan tembakau
  • terapi radiasi
  • Minum cairan berwarna gelap – seperti kopi atau teh hitam – juga bisa menghitamkan lidah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah hitam disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes atau HIV. 

Lidah Ungu

Lidah ungu bisa terjadi akibat sirkulasi darah yang buruk. Kemudian, lidah ungu atau kebiru-biruan juga dapat menjadi tanda adanya masalah jantung. Jika jantung tidak memompa darah dengan benar atau jika darah kekurangan oksigen, maka warna lidah Anda dapat berubah menjadi biru keunguan. 

Lidah ungu juga dapat disebabkan oleh adanya masalah paru-paru atau penyakit ginjal yang tentunya bisa berbahaya. 

Selain itu lidah ungu juga bisa menjadi tanda penyakit Kawasaki. ni adalah kondisi langka namun serius yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

Lidah Merah

Lidah juga bisa menjadi merah dan bergelombang, yang mungkin mengindikasikan kekurangan vitamin B atau demam berdarah.

Perubahan ini juga dapat terjadi sebagai bagian dari reaksi alergi terhadap obat atau makanan. Lidah merah dan bergelombang juga bisa mengindikasikan glositis – radang lidah.  

Lidah Abu-abu

Menurut National Organisation for Rare Disorders, suatu kondisi yang disebut geographic tongue dapat menyebabkan bintik-bintik putih keabu-abuan terbentuk di lidah. Garis-garis putih kemudian berkembang di antara bintik-bintik ini, memberikan tampilan peta pada lidah.

Eksim juga dapat menyebabkan perubahan warna ini. Sebuah studi tahun 2017 yang melibatkan 200 orang dengan eksim menemukan bahwa 43,5% peserta memiliki lidah berwarna abu-abu atau pucat.

Lidah Kuning

Lidah yang menguning biasanya diakibatkan oleh pertumbuhan bakteri. Kebersihan mulut yang buruk dan mulut kering masing-masing dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih bakteri di lidah.

Selain itu, lidah bisa menguning sebelum menjadi hitam dan berbulu. Ini terjadi ketika papila tumbuh lebih besar, menjebak bakteri di permukaan lidah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi kesehatan yang lebih serius menyebabkan lidah menguning. Lidah kuning juga bisa menjadi tanda diabete dan penyakit kuning. 

Jadi, sudah tahu permasalahan apa yang sedang Anda alami karena perubahan warna pada lidah Anda? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *