Kenali Gejala Penyakit Jantung dan Obati dengan Cardiomin

Penyakit arteri koroner, gagal jantung kongestif, serangan jantung, merupakan jenis dariĀ  masalah jantung yang memerlukan pengobatan berbeda, tetapi mungkin memiliki tanda peringatan yang serupa. Penting untuk menemui dokter Anda agar Anda dapat menerima diagnosis yang benar dan perawatan yang cepat. Lantas apa sebenarnya gejala penyakit jantung berdasarkan jenisnya dan apakah obat yang dijual bebas seperti Cardiomin aman dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

1. Aritmia

Aritmia adalah irama jantung yang tidak normal. Gejala yang Anda alami mungkin bergantung pada jenis aritmia yang dialami, seperti detak jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Gejala aritmia meliputi:

– Pusing

– Jantung berdebar atau detak jantung berdebar kencang

– Denyut nadi lambat

– Mudah pingsan

– Nyeri dada

2. Aterosklerosis

Aterosklerosis mengurangnya suplai darah ke ekstremitas. Selain nyeri dada dan sesak napas, gejala aterosklerosis antara lain:

– Mudah merasa dingin, terutama pada bagian tungkai

– Mati rasa, terutama di tungkai

– Nyeri yang tidak biasa atau tidak dapat dijelaskan

– Kelemahan di kaki dan lengan 

3. Cacat jantung bawaan

Cacat jantung bawaan adalah masalah jantung yang berkembang saat janin tumbuh. Beberapa kelainan jantung tidak pernah didiagnosis. Beberapa orang mungkin ditemukan saat menimbulkan gejala, seperti:

– Kulit berwarna biru

– Pembengkakan pada ekstremitas

– Sesak napas atau kesulitan bernapas

– Kelelahan dan energi rendah

– Irama jantung tidak teratur

4. Penyakit arteri koroner (CAD)

CAD adalah penumpukan plak di arteri yang memindahkan darah kaya oksigen melalui jantung dan paru-paru. Gejala CAD meliputi:

– Nyeri dada atau ketidaknyamanan

– Perasaan tertekan atau tertekan di dada

– Sesak napas

– Mual

– Perasaan gangguan pencernaan atau gas

5. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah penyakit yang menyebabkan otot jantung membesar dan menjadi kaku, tebal, atau lemah. Gejala kondisi ini meliputi:

– Kelelahan

– Kembung

– Kaki bengkak, terutama pergelangan kaki dan kaki

– Sesak napas

– Berdebar atau denyut nadi cepat

6. Infeksi jantung

Istilah infeksi jantung dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi seperti endokarditis atau miokarditis. Gejala infeksi jantung meliputi:

– Nyeri dada

– Dada tersumbat atau batuk

– Demam

– Panas dingin

– Ruam kulit

Penyakit jantung bisa diminimalkan dengan adanya perubahan gaya hidup. Pilihan gaya hidup sehat untuk dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung. Olahraga juga dapat membantu Anda menangani kondisi tersebut dan mencegahnya menjadi lebih buruk. Diet Anda adalah salah satu area pertama yang mungkin dapat diubah.

Diet rendah natrium dan rendah lemak yang kaya buah dan sayuran dapat membantu Anda menurunkan risiko komplikasi penyakit jantung. Salah satu contohnya adalah diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH). Demikian pula, berolahraga secara teratur dan berhenti merokok dapat membantu mengobati penyakit jantung. Coba juga kurangi konsumsi alkohol.

Manfaat obat Cardiomin untuk penyakit jantung

Cardiomin adalah kapsul yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan vitamin. Kandungan dalam Cardiomin telah disertai dengan vitamin B6, vitamin B12, asam folat, vitamin E alami untuk mengatasi defisiensi atau kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan anemia dan gangguan kulit serta rentan terhadap infeksi. 

Kekurangan vitamin B12 pada orang dewasa berusia lanjut dapat menyebabkan anemia, demensia, kesemutan di kaki dan di tangan, rasa lemas, dan rasa lelah yang berlebihan. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan peradangan pada pankreas dan penyakit organ hati. Cardiomin juga digunakan untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Cardiomin telah diteliti dan dinyatakan aman digunakan untuk ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *