Keju Sebagai Produk Dairy yang Kaya Manfaat

Keju Sebagai Produk Dairy yang Kaya Manfaat

Keju merupakan salah satu jenis produk dairy yang terbuat terbuat dari bahan baku susu, baik itu susu sapi, kambing, atau domba. Produk susu ini dibuat dengan cara memisahkan zat padat yang ada pada susu dengan memanfaatkan koagulasi atau proses pengentalan yang dibantu oleh enzim rennet.

Keju merupakan salah satu makanan favorit. Jenis produk dairy ini mengandung banyak nutrisi yang hampir sama dengan kandungan nutrisi pada susu. Dalam satu pon keju, terdapat kandungan nutrisi yang sama dengan satu galon susu. 

Kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda beragam manfaat. Berikut kandungan gizi yang terdapat pada keju:

  • Protein 

Keju mengandung protein yang cukup tinggi, bahkan jika mengonsumsi keju sebanyak 100 gram maka akan mampu mencukupi 25% dari kebutuhan protein tubuh. Selain itu keju juga mengandung asam amino yang lengkap, sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

  • Mineral

Mineral yang terkandung dalam keju antara lain kalsium, fosfor, dan seng. Kandungan kalsium pada setiap keju tidaklah sama. Tergantung pada proses penggumpalan pada keju. Keju yang digumpalkan menggunakan enzim akan memiliki kandungan kalsium lebih besar dua kali lipat daripada keju yang digumpalkan menggunakan asam.

  • Vitamin

Keju juga mengandung beberapa vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6 dan Vitamin B12.

Dilihat dari kandungan keju tersebut, lantas apa manfaat yang dapat diberikan produk dairy bagi kesehatan tubuh? Berikut manfaat keju untuk kesehatan:

  • Bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui

Keju mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena Air Susu Ibu (ASI) adalah sumber nutrisi penting bagi bayi, disarankan untuk mengonsumsi keju selama masa menyusui agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda.

Untuk ibu hamil dianjurkan hanya mengonsumsi keju bertekstur keras seperti cheddar, keju semi-lembut seperti mozarella, atau keju yang telah melalui proses pasteurisasi (bukan keju yang terbuat dari susu mentah). 

Ingat, beberapa jenis keju tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena rentan menjadi tempat berkembangnya bakteri Listeria yang berbahaya. Ibu bisa mengombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti salad, sup, atau roti.

  • Menjaga kesehatan gigi

Beberapa studi mengklaim bahwa bakteri yang ditemukan dalam keju dapat membantu mencegah kerusakan atau kerapuhan gigi. Keju yang dibuat tanpa tambahan gula juga diduga mampu meningkatkan kandungan kalsium dan fosfor dalam enamel gigi, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

  • Menguatkan tulang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang secara teratur mengonsumsi keju memiliki kepadatan tulang lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen atau vitamin.

  • Manfaat lain keju sebagai produk dairy yang populer

Keju juga diduga bisa menjadi salah satu cara melindungi diri Anda dari penyakit tertentu, seperti kanker, obesitas, dan penyakit jantung. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi produk olahan susu yang melewati proses fermentasi, seperti keju dan yoghurt, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

***

Produk dairy yang tak kalah penting untuk tubuh adalah keju. Setiap keju ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, misalnya keju cottage yang termasuk ke dalam jenis keju segar, memiliki banyak kasein, yaitu protein yang dibutuhkan jaringan otot. Bahkan sebagian jenis keju ada yang mengandung banyak protein whey.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *