Karakteristik Sikat Gigi yang Baik; Sikat Gigi Sensodyne Termasuk?

Sedari kecil, seseorang sudah banyak mendapat sosialisasi atau nasehat-nasehat untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kita sama-sama tahu, bahwa salah satu upaya paling baik yang bisa dilakukan untuk tujuan itu adalah menyikat gigi dengan sikat gigi sensodyne atau merek lainnya, dan tak lupa, pasta gigi.

Tanpa pasta gigi, menyikat gigi mungkin tidak akan memberi manfaat optimal. Pun sebaliknya; tanpa sikat gigi, pasta gigi terkesan tidak berguna. Komponen utama dari kegiatan menyikat gigi adalah dua benda itu. Adapun sesuatu yang lain, semisal obat kumur, dan lain sebagainya, mungkin hanya tambahan saja. Tidak digunakan pun, sebenarnya tidak apa-apa.

Sebagai komponen utama, kita tentu saja perlu menggunakan sikat gigi terbaik yang bisa kita dapatkan. Sikat gigi yang baik konon bisa menjawab semua kebutuhan kita terhadap urusan membersihkan gigi. Kalau begitu, apa saja, sih, karakteristik atau ciri-ciri sikat gigi yang baik itu? Kira-kira berikut beberapa di antaranya:

  • Tekstur bulu

Dalam struktur atau katakanlah anatomi sikat gigi, bulu-bulu yang terdapat padanya bisa dikatakan sebagai ujung tombak atau mata pedang. Percuma saja sikat gigi tanpa bulu ‘kan? Bulu yang terdapat pada sikat inilah yang menentukan seberapa besar efek sikatan (dan kualitas pasta) dalam membersihkan permukaan gigi.

Dalam semesta pasar sikat gigi, produsen biasa mencantumkan label “hard”, “soft”, dan “medium” pada kemasan produk. Label tersebut merujuk pada tekstur bulu dari sikat. Sesuai artinya, hard berarti tekstur keras, medium sedang, dan soft lembut. Preferensi kamu dalam memilih diperlukan.

Sebenarnya, bulu sikat yang keras bisa membersihkan gigi paling optimal. Namun kenyataannya, bulu sikat yang keras justru bisa melukai gusi apalagi jika digunakan dengan cara yang tidak tepat. Bagi kamu pemilih gusi sensitif atau bermasalah, sikat berbulu soft adalah pilihan terbaik. Tenang, sikat gigi Sensodyne menyediakan semua kebutuhan tersebut.

  • Ujung atau kepala sikat gigi

Konon katanya, dalam memilih sikat gigi terbaik,  ujung atau kepala sikat gigi harus sesuai dengan kondisi mulut kita. Pasalnya, ini berkaitan dengan “daya jangkau” sikat gigi. Semakin kecil kepala sikat gigi, semakin mudah ia menyelinap ke semua bagian mulut untuk membersihkan gigi.

Bagi seseorang yang memiliki bukaan mulut lebar dan besar, mereka bisa lebih leluasa untuk memilih sikat gigi diinginkan. Namun, bagi orang yang memiliki bukaan mulut lebih sempit dan gigi yang penuh, lebih baik gunakan sikat gigi dengan kepala penampang yang mengecil di bagian ujungnya. 

Dengan sikat gigi yang demikian, kamu juga akan mampu membersihkan sampai ke sisi terujung di gigi paling belakang. Sikat ini bahkan cocok untuk menyikat gigi-gigi yang susunannya kurang rapi. Sikat Gigi Sensodyne Multi Action adalah varian sikat gigi Sensodyne yang sesuai spesifikasi tersebut.

  • Gagang sikat gigi

Sebenarnya, struktur atau bagian itu tidak berpengaruh secara langsung. Sebab, gagang sikat tidak berinteraksi dengan sikat. Andai pun begitu, berarti seseorang perlu mengkaji kembali cara menyikat giginya. 

Akan tetapi, bukan berarti kita bisa sembarangan memilih sikat tanpa melihat struktur gagang. Cobalah pilih gagang sikat gigi yang strukturnya kuat dan kesat agar tidak terasa licin saat digenggam saat melakukan gerakan menyikat gigi. Jangan pernah membeli sikat gigi yang gagangnya letoy, kecuali jika kamu membelikan sikat gigi untuk bayi.

  • Sesuaikan dengan usia

Faktor ini pantas sekali ditaruh di akhir. Faktor atau ciri ini bisa menjadi penutup yang tepat. Lupakan semua ciri atau karakteristik di atas, sebab tak ada guna jua jika kamu membeli sikat gigi tidak sesuai dengan usia. 

Sederhananya begini; sebagus atau semahal apapun sikat gigi anak, tentu tidak bakal optimal jika digunakan orang dewasa. Sebaliknya, jika kamu menggunakan sikat gigi dewasa untuk bayi atau anak, yang ada mulut mereka jadi taruhannya.

Jika kamu ingin membeli sikat gigi Sensodyne, silahkan dibeli. Sebab seperti narasi yang dijualnya, sikat gigi ini diperuntukkan bagi mereka pemilik kondisi gigi atau mulut yang rentan. Namun, kamu juga bisa membeli sikat gigi dengan merek lain, kok, selama itu sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mulut dan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *