Kandungan dan Manfaat MPASI Buah Naga untuk Bayi

Setelah mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi dianggap sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI atau MPASI. Ini adalah usia yang ideal bagi orang tua mengenalkan MPASI. Banyak orang sepakat bahwa mengenalkan MPASI bisa dimulai dengan makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan. Dari sekain banyak jenis buah-buahan, buah naga untuk bayi dinilai tepat.

Buah naga memiliki nilai gizi tinggi. Ada banyak kandungan dan manfaat yang bisa diberikan buah naga. Salah satunya mampu menangkal virus dan kuman penyebab flu dan batuk pilek serta menangkal radikal bebas. Selain itu, buah naga mengandung kadar kolesterol yang rendah sehingga cocok untuk bayi. 

Selain itu, ada banyak nutrisi penting di dalam buah naga. Anda dapat membuatkan menu MPASI yang menyehatkan untuk si kecil dengan memilih buah naga sebagai salah satu menu makan pertamanya. Berikut beberapa kandungan dan manfaat buah naga untuk bayi sehingga menjadikan buah ini sebagai MPASI yang tepat.

  • Tinggi serat

Serat yang terkandung di dalam buah naga sangatlah tinggi. Kandungan serat tersebut akan membantu mereka memiliki sistem pencernaan yang sehat. Dengan sistem pencernaan yang sehat, ada banyak sekali potensi masalah kesehatan yang dapat dihindari, sembelit salah satunya. Serat juga berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

  • Kaya vitamin C

Vitamin C di dalam buah naga merupakan sumber antioksidan yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Tentu saja ini bisa menjadi manfaat yang penting bagi mereka. Asupan vitamin C juga akan merangsang perkembangan pembuluh darah bayi yang sedang tumbuh. 

  • Kaya vitamin A

MPASI buah naga untuk bayi juga berpotensi memenuhi kebutuhan anak Anda akan vitamin A. Pasalnya buah naga mengandung kadar vitamin A yang sangat tinggi. Dengan kandungan itu, manfaat yang bisa didapat salah satunya adalah kesehatan mata bayi akan terjaga dengan baik. Selain itu, vitamin A juga dapat melindungi anak Anda dari berbagai macam infeksi.

  • Kaya zat besi

Buah naga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Fungsi zat besi ini sangat penting dalam pencegahan penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Dengan begitu, Anda secara tidak langsung mengurangi risiko bayi mengalami masalah dalam tumbuh kembang. Terhambatnya tumbuh kembang dapat bermula dari kondisi anemia. 

Selain mencegah anemia, zat besi juga berfungsi mencegah dan mengayasi penyakit defisiensi yang dapat menyebabkan banyak gangguan perkembangan pada bayi. Kandungan ini juga penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

  • Kaya antioksidan

Memberi buah naga untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI-nya berpotensi mencegah anak dari serangan radikal bebas. Sebab buah naga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Antioksidan yang tinggi pada buah naga dapat melindungi membran sel pada si kecil sehingga terhindar dari radikal bebas. 

Tak hanya itu, antioksidan pada buah naga secara alami membuat bayi Anda memiliki sistem pertahanan tubuh yang kuat sehingga mampu melindungi bayi dari serangan berbagai macam penyakit. 

***

Buah-buahan adalah makanan yang sebaiknya dikenalkan dan dikonsumsi terlebih dahulu saat Anda mulai memberikan MPASI. Salah satu buah yang disarankan yaitu buah naga. Buah naga untuk bayi sangatlah baik, karena dilihat dari segi kandungannya, buah ini memiliki manfaat yang melimpah.

Buah berwarna merah dan bersisik ini juga banyak tersedia di pasaran, harganya pun cenderung terjangkau. Sehingga buah naga untuk bayi menjadi semakin masuk akal untuk dijadikan menu MPASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *