Jelang Melahirkan, Begini Cara Menghilangkan Bulu Kemaluan

Bagi sebagian orang, merapikan bulu kemaluan bukanlah hal yang penting. Tapi, menjelang waktu melahirkan, biasanya wanita hamil akan mencari cara menghilangkan bulu kemaluan untuk mendukung proses melahirkan nantinya.

Sebenarnya, tidak ada alasan kesehatan khusus yang mengharuskan seseorang untuk menghilangkan bulu kemaluan. Keputusan untuk mencukur bulu kemaluan atau tidak ada pada diri Anda sendiri. 

Cara menghilangkan bulu kemaluan di rumah

Area kemaluan merupakan area privat. Karena itu, Anda mungkin merasa lebih nyaman untuk melakukan upaya menghilangkan bulu sendiri di rumah. 

Berikut ini beberapa rekomendasi cara menghilangkan bulu kemaluan yang bisa Anda coba: 

  • Mencukur

Mencukur adalah cara termudah untuk menghilangkan bulu, termasuk pada area kemaluan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mempersiapkan krim cukur serta pisau atau alat cukur khusus.

Tapi, pisau pada alat cukur bisa melukai kulit Anda bila tidak dilakukan dengan hati-hati. Karena itu, lakukan upaya mencukur secara perlahan dan jangan gunakan alat cukur yang sama untuk bagian tubuh lainnya.

Supaya proses mencukur jadi lebih mudah, cobalah untuk membasahi bulu kemaluan Anda terlebih dahul. Gunakan krim cukur untuk mengurangi resiko iritasi. Jangan lupa untuk selalu membilas pisau cukur sampai bersih setelah menggunakannya. 

  • Menggunting

Selain mencukur, Anda juga bisa memangkas bulu kemaluan dengan gunting. Biasanya, metode menggunting cenderung lebih aman dari mencukur, karena gunting tidak akan bersentuhan langsung dengan kulit. Dengan begitu, resiko terkena iritasi kulit pun lebih kecil.

Akan tetapi, tentunya hasil pemangkasan dengan gunting tidak akan semaksimal mencukur. Anda perlu waktu yang lebih lama untuk memotong bulu sampai benar-benar pendek dan rapi.

Berbeda dengan cara mencukur, ketika akan menggunting, pastikan bulu Anda berada dalam keadaan kering. Lalu, gunting secara perlahan, satu per satu dengan gumpalan kecil. 

Setelah selesai, cuci gunting dan pastikan gunting dalam keadaan kering sebelum disimpan.

  • Krim penghilang bulu

Jika Anda tidak ingin melakukan usaha ekstra dengan mencukur dan menggunting, Anda bisa juga memanfaatkan krim penghilang bulu. Krim ini umumnya mengandung bahan kimia yang bekerja dengan memecah protein bulu, sehingga melemahkan pangkal bulu.

Saat pangkal bulu menjadi lemah, bulu menjadi lebih mudah rontok bahkan hanya dengan menyekanya saja. 

Dibandingkan dengan mencukur dan menggunting, hasil dari krim penghilang bulu cenderung lebih tahan lama. Penggunaanya serupa dengan waxing, tapi penggunaan krim ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun, bagi sebagian orang, menggunakan krim penghilang bulu mungkin beresiko menimbulkan reaksi alergi. Karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa krim yang digunakan tidak mengandung bahan-bahan yang menjadi pemicu alergi untuk Anda. 

  • Waxing

Cara menghilangkan bulu kemaluan dengan waxing rentan menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi, cara ini adalah cara yang paling efektif untuk mengangkat semua bulu dan membawa hasil yang lebih tahan lama.

Bila Anda mempelajari cara-caranya, waxing sebenarnya bisa saja dilakukan di rumah. Tapi, akan lebih baik lagi kalau Anda menggunakan bantuan dari ahlinya untuk melakukan metode ini.

Bagi pemilik kulit sensitif, waxing bisa menyebabkan iritasi dan infeksi kulit. Karena itu, sebaiknya hati-hati saat akan menghilangkan bulu kemaluan dengan metode ini sendiri di rumah. 

Bagi ibu hamil, itulah beberapa cara menghilangkan bulu kemaluan yang bisa Anda coba. Langkah-langkah di atas bisa dilakukan di rumah tanpa harus melalui perawatan profesional dari rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *