Inilah Obat Gatal Selangkangan yang Bisa Dicoba

Inilah Obat Gatal Selangkangan yang Bisa Dicoba

Saat area selangkangan gatal, kamu pasti akan merasa serba salah. Ingin menggaruknya, tapi sungkan jika kamu sedang di tempat umum. Namun jika tidak digaruk akan terasa tidak nyaman. Maka dari itu kamu perlu tahu obat gatal selangkangan.

Pada dasarnya, masalah gatal di selangkangan dapat diobati dengan perawatan di rumah. Masalah gatal tersebut sering disebabkan oleh jamur (Tinea Inguinalis). Namun, jika gejalanya tak kunjung hilang selama lebih dari dua minggu, maka sudah saatnya kamu menggunakan obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter.

Berikut ini cara mengobati gatal di selangkangan yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Pakai krim topikal

Cara mengobati gatal di selangkangan bisa diawali dengan penggunaan krim, losion, atau bedak antijamur yang dijual bebas di pasaran. Obat-obatan topikal ini dapat membantu meredakan sensasi gatal di selangkangan dalam 2 sampai 4 minggu.

Contoh obat-obatan topikal tersebut di antaranya:

  • clotrimazole (krim Canesten AF®)
  • miconazole (Zeasorb®, Daktarin®, atau Lotrimin®)
  • ketoconazole (Nizoral®, Xolegel®, atau Extina®)
  • oxiconazole (Oxistat®)
  • terbinafine (Lamisil® atau Terbinex®)

2. Krim hidrokortison

Sebaiknya, hindari menggunakan obat topikal berbentuk salep. Pasalnya salep mengandung minyak yang dapat meningkatkan kelembapan di area selangkangan. Alih-alih meredakan gatal, hal ini justru bisa memperparah gejala.

3. Mengonsumsi obat antibiotik

Gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri perlu diobati dengan antibiotik. Selain itu, area yang gatal dan sering digaruk bisa mengalami infeksi bakteri, walaupun penyebab awalnya bukanlah infeksi bakteri.

Pada kondisi ini, dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengobatinya infeksi bakteri. Perlu kamu ingat bahwa penggunaan antibiotik harus sesuai resep dokter atau di bawah pengawasan dokter. Hindari menggunakan antibiotik secara sembarangan atau tidak sesuai anjuran dokter.

4. Menjalani operasi

Beberapa penyebab gatal pada selangkangan perlu diatasi dengan operasi sederhana. Misalnya, gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh kutil atau Molluscum contagiosum memerlukan operasi untuk mengangkat kutil dari kulit. Dengan begitu, gatal pada selangkangan bisa teratasi.

5. Menghindari pencetus alergi atau iritasi

Gatal pada selangkangan yang disebabkan oleh alergi atau iritasi umumnya akan mereda bila kamu menghindari pencetusnya. Sebagai contoh, bila kamu menggunakan pembalut beraroma, coba hindari penggunaan pembalut tersebut dan ganti dengan pembalut tanpa pewangi.

6. Gunakan obat antijamur

Bila gatal pada selangkangan terlihat seperti infeksi jamur, kamu dapat menggunakan krim, salep, atau bedak antijamur yang bisa dibeli secara bebas di apotek.

Namun, bila kamu tidak yakin apa penyebabnya atau bila rasa gatal tidak juga reda dengan obat antijamur, sebaiknya periksakan ke dokter. Bila memang penyebabnya adalah jamur, dokter akan meresepkan krim atau salep antijamur dan mungkin juga obat antijamur yang diminum.

7.  Pastikan area selangkangan selalu kering

Obat-obatan yang telah disebutkan di atas memang dapat mengobati gatal di selangkangan. Namun, semua usaha yang dilakukan ini bisa sia-sia kalau kamu tetap membiarkan kulit selangkangan tetap lembap.

Maka itu, selalu jaga area selangkangan tetap kering untuk mencegah pertumbuhan jamur. Hindari memakai celana dalam ketat supaya tidak memperparah iritasi di area selangkanganmu. Selain itu, pastikan kamu rutin mengganti celana dalam setidaknya dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari.

Demikianlah obat gatal selangkangan yang bisa dicoba. Jika gatal di selangkangan terasa mengganggu, segera konsultasikan ke dokter guna mendapatkan perawatan dan obat yang tepat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *