Inilah Cara Agar Segera Sembuh dari COVID-19

Pandemi COVID-19 telah melanda berbagai wilayah di Tanah Air sejak tahun lalu. Akan tetapi, COVID-19 justru tetap bermutasi, salah satu variannya yang kini kerap diperbincangkan yaitu varian Delta. Varian Delta diketahui membuat berbagai negara di seluruh dunia menjadi kewalahan karena memicu kasus positif COVID-19 kembali naik. Selain mendapatkan vaksin COVID-19, ada berbagai cara agar Anda bisa segera sembuh dari COVID-19. Simak penjelasan berikut ini.

Gunakan layanan telemedicine melalui smartphone selama isoman

COVID-19 pada umumnya menimbulkan gejala seperti demam tinggi, batuk kering hingga sesak napas. Kebanyakan orang dengan coronavirus (COVID-19) merasa lebih baik dalam beberapa minggu. 

Berikut cara yang dapat Anda lakukan agar bisa segera sembuh dari COVID-19.

1. Mengobati Suhu Tubuh yang Tinggi

Jika Anda memiliki suhu tinggi, lakukan hal-hal seperti berikut ini yang bertujuan untuk menurunkan demam Anda. 

  • Banyak beristirahat atau istirahat yang cukup
  • Penuhi kebutuhan asupan cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Minumlah air putih dengan cukup sehingga kencing Anda bisa berwarna kuning muda dan jernih.
  • Anda juga bisa minum obat seperti parasetamol atau ibuprofen jika Anda masih merasa tidak nyaman.

2. Mengobati Batuk

Jika Anda sedang batuk, sebaiknya hindari berbaring dengan telentang. Cobalah untuk berbaring dengan posisi miring atau duduk tegak sebagai gantinya. Untuk membantu mengatasi gejala COVID-19 seperti batuk, Anda bisa mencoba untuk minum satu sendok teh madu. Akan tetapi, tetaplah diingat untuk tidak memberikan madu pada bayi di bawah 12 bulan. Jika metode ini tidak dapat membantu, Anda dapat menghubungi apoteker atau dokter untuk mendapatkan saran tentang perawatan batuk.

3. Mengatasi Sesak Napas

Jika Anda merasa sesak napas, lakukan beberapa hal berikut ini yang dapat membantu menjaga ruangan Anda tetap sejuk, yaitu dengan mencoba mematikan penghangat ruangan atau buka jendela. Hindari menggunakan kipas angin di dalam ruangan, karena justru dapat menyebarkan virus. 

Anda juga dapat mencoba hal-hal seperti berikut:

  • cobalah untuk mengambil napas secara perlahan melalui hidung, lalu keluarkan lewat mulut, dengan bibir menyatu seperti Anda meniup lilin dengan lembut
  • duduk dengan tegak di kursi
  • merilekskan bahu sehingga Anda tidak membungkuk.

Cobalah untuk tidak panik jika Anda merasa sesak napas. Hal ini karena panik justru bisa membuat gejala yang timbul jadi lebih buruk.

Anda juga bisa berjaga-jaga dengan memiliki oksimeter di dalam rumah. Oksimeter adalah alat yang digunakan dengan cara menjepit jari Anda untuk memeriksa tingkat oksigen dalam darah Anda.

Tingkat oksigen yang rendah dalam darah bisa menjadi tanda bahwa gejala COVID-19 yang dialami semakin parah. Oksimeter nadi dapat membantu Anda mengenalinya sebelum Anda merasa sesak napas atau memiliki gejala lain, sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan dengan cepat.

Anda mungkin juga akan diminta oleh dokter umum atau profesional kesehatan untuk memantau kadar oksigen Anda jika Anda memiliki tingkat risiko tinggi untuk terkena sakit parah akibat COVID-19.

Anda bisa menulis atau mencatat hasil oksimeter Anda setiap hari. Hal ini agar Anda tahu berapa tingkat oksigen Anda saat pertama kali menggunakan oksimeter dan dapat mengetahui apakah tingkat oksigen Anda turun atau tidak. Hal ini juga dapat membantu jika Anda perlu melakukan konsultasi dengan profesional kesehatan.

Oksimeter nadi bekerja dengan menyinari kulit Anda untuk mengukur tingkat oksigen dalam darah Anda. Ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa oksimeter mungkin kurang akurat jika Anda memiliki kulit coklat atau hitam. Hal ini karena oksimeter mungkin menunjukkan pembacaan yang lebih tinggi dari tingkat oksigen dalam darah.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan bergizi lengkap dengan buah-buahan serta sayuran yang mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat agar Anda segera sembuh dari COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *