Ide Menu Bekal Makan Siang yang Lezat dan Sehat

bekal makan siang di kantor yang sehat

Siapa yang suka bosan dengan makanan di sekitar kantor yang menunya itu-itu saja? Atau Anda ingin mulai hidup lebih sehat dengan membawa bekal sendiri dari rumah? Jika iya, Anda perlu tahu berbagai ide menu bekal makan siang yang praktis dan enak berikut ini.

Seiring kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh yang semakin meningkat, saat ini banyak orang memilih membawa bekal untuk makan siang sendiri dari rumah daripada harus membeli dari luar. Selain lebih hemat, membawa bekal sendiri juga lebih sehat karena anda bisa memastikan kebersihan dan kualitas bahan yang dimasak. Hal ini penting khususnya untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pandemic seperti sekarang.

Lalu apa saja ya kira-kira ide bekal untuk makan siang yang praktis, enak namun tetap sehat? Berikut ini beberapa ide masakan praktis namun sehat untuk bekal makan siang yang bisa anda coba.

Ide Menu Bekal Makan Siang Praktis Namun Sehat

Dalam mempersiapkan menu makan siang, pastikan anda membuat makanan yang sehat dan bergizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein dan pastinya juga harus ada sayur. Nah berikut ini beberapa ide menu untuk bekal makan siang sehat yang bisa anda coba dengan mudah :

  1. Ayam Asam Manis dan Cah Brokoli

Salah satu ide menu untuk bekal makan siang yang praktis, enak dan pastinya juga sehat adalah ayam asam manis yang dipadukan dengan sayur cah brokoli. Ayam merupakan sumber protein yang baik dan juga sangat mudah didapatkan. Sedangkan brokoli merupakan sumber serat dan protein tinggi. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung zat besi, kalsium, kalium, magnesium, asam folat dan aneka vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh. Untuk melengkapi karbohidratnya, anda bisa menggunakan nasi merah agar lebih sehat.

  1. Sapo Tahu dan Telor Ceplok

Untuk anda yang tidak mau repot memasak menu yang rumit, membuat sapi tahu dan telor ceplok juga sudah bisa menjadi bekal untuk makan siang yang praktis namun tetap sehat. Tahu memiliki kandungan protein dan vitamin yang cukup tinggi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Agar lebih sehat, anda bisa menambahkan beberapa potong sayuran dan daging sapi giling ke dalam sapo tahu. Sandingkan sapo tahu dengan nasi putih dan telor ceplok maka akan menjadi bekal makan siang yang sangat sempurna.

  1. Pasta Udang Saus Pesto

Bosan dengan bekal makan siang menu nasi dan sayuran terus? Sekali-kali anda bisa mencoba membuat pasta udang dengan saus pesto. Saus pesto merupakan saus yang terbuat dari campuran bawang putih, kemangi segar, lemon, kacang almond, keju parmesan dan juga minyak zaitun. Selain enak, menu ini juga sehat dan cukup mudah cara membuatnya. Anda hanya perlu memastikan memilih bahan yang berkualitas dan segar agar hasil bekal makan siang lebih sehat.

  1. Dory Crispy Saos Tartar

Ikan dori juga bisa menjadi salah satu ide menu bekal makan siang yang praktis dan sehat. Ikan dori mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, omega 3, omega 6, berbagai vitamin, beta karoten hingga hosfor. Ikan dori juga termasuk jenis ikan yang mudah cara mengolahnya. Anda hanya membutuhkan ikan dory fillet kemudian lumuri dengan tepung dan goreng hingga crispy. Sebagai pelengkap, anda bisa menambahkan saos tartar dan kentang goreng sebagai karbohidrat. 

  1. Omelet Jepang dan Kentang Rebus

Untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan bekal makanan, bisa mencoba membuat omelet Jepang atau tamagoyaki sebagai alternatif. Menu ini termasuk menu makan siang sehat karena anda bisa menambahkan berbagai macam sayuran ke dalam telur dadar seperti wortel, buncis, bayam, atau bisa juga ditambahkan jamur. Untuk karbohidratnya, anda bisa menambahkan kentang rebus yang diberi bumbu minimalis saja.

Itulah beberapa ide menu bekal makan siang praktis, sehat namun sudah pasti enak yang bisa anda coba. Di tengah kondisi pandemic seperti saat ini, akan lebih baik juga memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Dengan membawa bekal dari rumah, anda bisa lebih memastikan keamanan dan kesehatan makanan tersebut sekaligus bisa menghindari kerumunan untuk membeli makanan dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *