Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Alat Bantu Dengar

Memiliki pendengaran yang tidak sempurna bukanlah akhir dari segalanya. Jika Anda memiliki kekurangan ini, untuk mendapatkan pendengaran yang sempurna bisa dibantu dengan menggunakan alat bantu dengar. Ada banyak penyebab yang menjadi alasan seseorang kehilangan pendengaran. Salah satunya adalah kehilangan pendengaran konduktif.

Lansia yang mengalami presbikusis, memerlukan alat bantu dengar sebelum kondisi tersebut bertambah parah

Orang yang kehilangan pendengaran konduktif, misalnya, biasanya ditangani dengan operasi atau penanganan lain. Selain itu, ada beberapa orang yang umumnya menggunakan alat bantu dengar.

  • Orang yang mengalami gangguan pada saraf pendengaran atau telinga bagian dalam akibat penuaan, penyakit, atau pun cedera karena suara bising atau konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Penyandang gangguan pendengaran konduktif yang saluran telinganya terbuka dan memiliki telinga bagian luar yang relatif normal.
  • Orang yang sejak lahir tidak memiliki saluran telinga atau telinga luar dapat menggunakan alat bantu dengar yang mengirimkan suara melalui tulang di belakang telinga.

Ketika ingin memilih alat bantu dengar memang harus teliti dan disesuaikan dengan kondisi kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa tips dalam memilih alat bantu pendengaran terbaik yang sesuai dengan kondisi Anda.

  1. Konsultasi dulu ke audiologist

Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke audiologist sebelum Anda memilih dan membeli alat bantu dengar yang diinginkan. Mintalah rekomendasi produk yang kira-kira sesuai dengan masalah pendengaran yang dimiliki. Setelah itu, barulah Anda datang ke toko alat bantu pendengaran untuk mencoba satu per satu alat yang telah direkomendasikan.

  1. Memilih jenis yang sesuai

Alat bantu dengar terdiri dari berbagai jenis, ukuran, serta fitur yang berbeda-beda. Diskusikan kondisi Anda dengan dokter untuk memastikan jenis alat bantu pendengaran seperti apa yang tepat untuk kondisi Anda.

  1. Pilih yang ada garansinya

Carilah alat yang memiliki masa garansi sehingga jika suatu saat terdapat masalah pada alat Anda bisa dengan mudah mengklaimnya. Maka tanyakan dengan pasti apakah alat ini memiliki garansi dan kira-kira berapa lama garansi yang diberikan.

  1. Membeli alat yang bisa disesuaikan

Saat membeli alat bantu pendengaran sebaiknya pikirkan kebutuhan di masa depan. Tanyakan apakah alat bantu dengar yang Anda pilih bisa ditingkatkan fungsinya. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi jika gangguan pendengaran bertambah serius di kemudian hari.

Menggunakan alat bantu dengar untuk kehidupan sehari – hari, Anda memerlukan beberapa perhatian khusus. Hal ini bertujuan agar penggunaan alat bantu dengar ini tidak mengganggu atau bahkan membahayakan kondisi Anda.

  1. Jangan gunakan alat bantu dengar saat mandi dan mencuci muka

Memakai alat bantu dengar saat mandi dan mencuci muka hanya akan membuatnya cepat rusak karena kemasukan air dan sabun. Jadi, pastikan Anda selalu ingat untuk melepasnya sesaat sebelum mandi, mencuci muka, maupun melakukan kegiatan apa pun yang berpotensi memasukan air ke dalam alat bantu dengar.

  1. Hindari menggunakan alat bantu dengar di suhu yang terlalu panas atau dingin

Segera simpan alat bantu pendengaran Anda ketika berada di lingkungan dengan suhu yang sangat dingin atau panas. Ambil contoh, ketika hendak berenang di bawah terik matahari yang menyengat, sebaiknya copot dan tinggalkan alat bantu pendengaran Anda daripada tetap memakai dan malah membuat fungsinya tidak optimal lagi.

  1. Rutin membersihkan alat bantu dengar setiap malam hari

Meski sudah sangat lelah dan mengantuk, sempatkan sebentar untuk membersihkan alat bantu pendengaran sebelum tidur. Membiarkannya dalam keadaan kotor sampai esok hari akan membuat kotoran di dalamnya menumpuk, sehingga tidak nyaman saat digunakan.

  1. Sedia rangkaian pembersih alat bantu dengar

Jika Anda memiliki alat bantu dengar, Anda juga harus melengkapi peralatannya dengan menyediakan serangkaian alat pembersih khusus. Semakin sering digunakan, semakin banyak jumlah kotoran telinga yang menumpuk di dalam alat bantu pendengaran. Ini akan membuat alat tersebut tidak dapat berfungsi secara efektif bila tidak rutin dibersihkan.

Itulah beberapa jenis alat bantu dengar yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Penggunaan alat bantu dengar bukanlah sebuah aib. Anda tidak perlu malu jika memang kondisi mengharuskan untuk menggunakannya demi kepentingan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *