Gejala dan Penyebab Terjadinya Fluorosis Gigi

Pernahkah Anda mendengar istilah fluorosis gigi? Masalah ini memang memengaruhi penampilan gigi seseorang. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak-anak.

Mengenal Apa Itu Fluorosis

Masalah fluorosis merupakan kondisi medis yang bisa dilihat dari perubahan tampilan gigi pada bagian terluar (enamel). Perubahan yang terjadi akibat fluorosis ini berbeda-beda, sesuai dengan tingkat keparahannya.

Umumnya, perubahan yang terjadi pada gigi karena kondisi ini sangat ringan sehingga hanya disadari oleh dokter gigi ketika pemeriksaan. 

Masalah fluorosis ini terjadi disebabkan oleh asupan fluorida berlebihan di masa pertumbuhan gigi anak-anak. Masalah fluorosis ini memang jarang terjadi di Indonesia. Karena kebanyakan orang Indonesia masih kekurangan fluorida.

Biasanya terjadi di negara-negara dengan air langsung minum yang sudah diperkaya fluorida. Namun, masalah fluorosis ini tidak akan mempengaruhi kesehatan gigi secara keseluruhan.

Penyebab Terjadinya Fluorosis Gigi

Masalah gigi yang satu ini terjadi karena adanya asupan fluorida yang berlebihan di masa tumbuh kembang anak, khususnya anak berusia 8 tahun. Sebab, masa pertumbuhan gigi permanen anak berlangsung hingga usia 8 tahun. 

Pada dasarnya, fluor ini berguna untuk mencegah gigi agar tidak berlubang, asal jumlah kadarnya harus optimal. Jika berlebihan, fluor ini justru memberikan kerugian karena menyebabkan terjadinya fluorosis ini. Bahkan meningkatkan terjadinya gigi berlubang akan berbanding lurus dengan tingkat keparahan fluorosis.

Asupan fluorida yang berlebihan bisa disebabkan karena beberapa hal, seperti:

  • Anak terlalu banyak minum air yang mengandung tinggi fluorida
  • Penggunaan suplemen atau pasta gigi yang tinggi fluorida, terlebih lagi jika anak tak sengaja menelan pasta giginya

Berbagai Gejala Kondisi Fluorosis

Pada kondisi yang masih ringan, masalah fluorosis ini biasanya hanya ditandai dengan munculnya bintik atau garis putih di gigi. Tanda yang muncul ini seringkali tidak diketahui oleh penderita karena tidak terlalu terlihat perbedaannya.

Sedangkan gejala fluorosis berat, akan muncul berbagai gejala seperti:

  • Adanya lubang pada enamel gigi
  • Terdapat noda pada gigi yang berwarna kuning hingga cokelat tua
  • Permukaan gigi jadi tidak rata bentuknya

Dokter gigi juga menilai tingkat keparahan fluorosis ini dengan beberapa kategori, seperti:

  • Questionable, terjadi saat enamel menunjukkan adanya sedikit perubahan, seperti adanya beberapa bintik putih hingga bintik putih sesekali.
  • Very mild (sangat ringan), di mana adanya bintik putih yang tersebar di kurang dari 25 persen permukaan gigi.
  • Mild (ringan), adanya area buram putih kurang dari 50 persen permukaan gigi.
  • Moderate (parah), yaitu daerah buram putih di lebih dari 50 persen permukaan enamel gigi.
  • Severe (kondisi sangat parah), yaitu semua enamel gigi sudah terpengaruhi. Gigi juga berlubang yang mungkin terpisah atau juga bisa sejalan.

Jika kondisi fluorosis ini terus dibiarkan tanpa ditangani dengan baik, maka bisa memicu munculnya komplikasi lain, berupa:

  • Gigi jadi mudah berlubang
  • Gigi akan terlihat kuning, sehingga ini akan mengganggu penampilan serta menurunkan tingkat percaya diri.

Cara Mengobati Fluorosis Gigi

Dalam menangani masalah fluorosis ini, sebenarnya bergantung pada tingkat keparahan kondisinya. Masing-masing akan disesuaikan penanganannya.

Pada kondisi fluorosis ringan, tidak ada penanganan khusus yang diperlukan, dokter pun tidak akan memberikan pengobatan khusus. Sedangkan pada kondisi yang lebih berat, ada beberapa penanganan yang bisa diberikan, seperti:

  • Melakukan pemutihan gigi untuk menghilangkan noda gigi
  • Pemasangan crown dan veneer gigi
  • Melakukan prosedur tambal gigi sehingga tampilan gigi akan lebih baik

Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur sekali 6 bulan untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda. Dokter pun bisa lebih cepat mendeteksi bila ada kondisi fluorosis atau masalah gigi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *