Efek Samping Masker Putih Telur yang Membahayakan Kulit

Merawat kulit merupakan upaya menjadikan penampilan seseorang tetap tejaga. Ada begitu banyak cara, bahan, dan model perawatan kulit. Salah satu di antaranya adalah penggunaan masker alami. Ada begitu banyak bahan alami yang terbukti bisa memberikan manfaat bagi kulit wajah. Salah satu yang populer adalah masker putih telur.

Masker ini dianggap efektif dalam mengobati sejumlah masalah kulit. Pasalnya, putih telur mengandung dua bahan perawatan kulit yang penting yaitu kolagen dan protein. Beberapa manfaatnya adalah meningkatkan warna kulit dan elastisitas.

Namun, terlepas dari kandungan yang bermanfaat untuk kulit, masker putih telur juga memiliki efek samping yang dapat membahayakan kulit, seperti:

  • Menyebabkan Alergi

Efek samping masker putih telur yang paling sering terjadi adalah alergi pada kulit. Bentuk dan jenis alergi itu beragam, mulai dari biduran, ruam kulit, gatal, hingga susah untuk bernapas. Apalagi jika kamu memiliki alergi telur, lebih baik tidak menggunakan masker putih telur agar tidak memicu munculnya alergi di kulit wajah.

  • Menimbulkan Iritasi Kulit

Masker putih telur dipercaya bisa membantu melembapkan kulit, mencerahkan kulit, hingga membantu menjaga kulit tetap kencang. Namun, kalau terlalu sering menggunakan masker putih telur, Seseorang bisa mengalami iritasi kulit, ditandai dengan munculnya tanda seperti gatal, kemerahan, hingga munculnya jerawat.

Terkadang iritasi kulit itu tidak ditandai dengan gejala yang tampak. Maka untuk kamu yang memiliki kulit yang sensitif, berhati-hatilah saat menggunakan masker putih telur ini, agar tidak menyebabkan infeksi sekunder pada kulit.

  • Menyumbat Pori-Pori

Ternyata penggunaan masker putih telur dapat menyumbat pori-pori wajah, hal ini dikarenakan molekul protein putih telur terlalu besar dan tidak dapat menyerap ke dalam lapisan kulit. Protein yang dipercaya dapat membuat kulit lebih kenyal, ternyata tidak bisa terserap sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Jadi pastikan setelah menggunakan masker putih telur Anda membersihkannya dengan teliti dan cermat supaya sisa dari putih telur tersebut tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Perlu Anda ketahui jika penyumbatan pori-pori kulit dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah, terutama jerawat dan komedo.

  • Meneyebabkan Breakout

Jika Anda memiliki kulit sensitif, perlu Anda ketehaui bahwa putih telur juga mengandung vitamin A, di mana nutrisi ini mampu meningkatkan sensitifitas kulit sekaligus merangsang terjadinya breakout atau beruntusan. Bila Anda sedang dalam perawatan dokter kulit, Anda harus mendiskusikan penggunaan masker putih telur untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.  

  • Infeksi Salmonella

Telur mentah berpotensi mengandung bakteri salmonella. Terutama jika telur ayam yang Anda gunakan tidak segar atau tidak dicuci bersih. Anda bisa keracunan atau mengalami iritasi. Meski jarang terjadi, apabila Anda tidak hati-hati dalam menggunakan masker putih telur untuk wajah, dikhawatirkan tetesan putih telur mentah tersebut bisa tidak sengaja tertelan bersamaan dengan kemungkinan bakteri yang ada di dalamnya. 

Sebelum Anda menggunakan masker putih telur, Anda bisa melakukan upaya prefentif agar tidak mengalami kemungkinan efek samping yang ditimbulkan. Anda bisa mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker putih telur atau tidak dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Oleskan sedikit masker putih telur terlebih dahulu ke beberapa bagian tubuh lain. Misalnya, punggung tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas area kulit dengan air sampai benar-benar bersih.
  • Kemudian, lihatlah reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan masker putih telur untuk wajah.
  • Sebaliknya, apabila tidak muncul reaksi alergi, maka Anda dapat menggunakan masker putih telur untuk wajah.

Masker putih telur memang mengandung banyak manfaat, tetapi ada pula kemungkinan efek samping dari penggunaan masker alami ini. Oleh karena itu, pastikan kulit Anda cocok dengan masker ini untuk meminimalisir risiko. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan telur yang steril dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *