Cukupi Nutrisi Anak 9 Bulan dengan Bubur Milna

Anak yang sedang berusia 9 hingga 12 bulan pada umumnya masih berada dalam tahap transisi makanan. Jadi, mereka sudah bisa mengonsumsi makanan yang digoreng, akan tetapi tidak memiliki gigi untuk mencerna nugget ayam. Terkadang, proses ini bisa menimbulkan drama berkepanjangan yang membuat anak jadi tidak bisa mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung kebutuhannya. Akan tetapi, Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan memberikan anak Anda makanan praktis seperti Bubur Milna.

Nutrisi untuk Anak Usia 9 Bulan

Sama seperti halnya orang dewasa, bayi atau anak Anda yang masih berusia 9 bulan tetap membutuhkan asupan berbagai macam nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Tak hanya itu, anak Anda juga harus memperoleh nutrisi dari lima porsi buah dan sayuran setiap hari, meski ukuran porsinya sangat kecil. Anda bisa memberikan makanan bergizi kepada anak Anda dengan memberikan makanan yang colorful seperti pelangi, yang dapat menaikkan rasa penasaran pada anak untuk mengonsumsi makanan tersebut. Makanan tersebut bisa seperti terdiri dari kacang polong, kacang hijau, bayam, zucchini, dan asparagus) untuk makanan bernuansa warna hijau. Sedangkan warna oranye bisa didapat dari ubi jalar dan melon), kuning dari labu dan pisang, merah untuk tomat, paprika merah).

Hindari memberikan buah dalam bentuk secangkir jus, karena tidak bergizi seperti yang Anda pikirkan, dan seringkali justru ditambahi gula dan tidak ada seratnya. Jika Anda memberikan jus tersebut untuk menggantikan ASI atau susu formula, maka anak Anda tidak bisa mendapat protein yang ia butuhkan.

Anda juga perlu memperkenalkan dan memberikan roti, karbohidrat dan biji-bijian, yang merupakan dasar dari piramida makanan ke dalam jadwal makan anak usia 9 bulan. Anda juga tetap bisa memberikan mereka susu secara cukup, karena bayi usia ini masih tetap minum ASI atau susu formula. Anda juga sebaiknya menyajikan tambahan protein seperti ayam, ikan, kacang-kacangan dan telur.

Makanan tersebut harus Anda sajikan kepada bayi Anda dalam bentuk yang lembut, seperti konsistensi pisang yang matang. Hindari memberikan buah yang membuat bayi Anda tersedak seperti anggur, atau kacang-kacangan, kismis, potongan daging, permen, bahkan marshmallow. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan ringan kemasan karena makanan tersebut memiliki zat tambahan berupa gula dan pengawet. Anda juga bisa memberikan makanan seperti Bubur Milna kepada bayi Anda yang berusia 9 bulan karena memiliki nutrisi yang cukup dan berkonsistensi lembut cocok untuk anak-anak di bawah usia 1 tahun.

Agar anak bisa mudah mengonsumsi makanan sendiri, Anda bisa merancang waktu khusus makan. Berilah anak Anda makanan yang dibuat sendiri serta mudah dicerna untuk anak Anda. Anda juga bisa membuat makanan ramah bayi dengan menggunakan alat food processor atau steamer. 

Anda juga bisa memberikan anak Anda bubur bayi seperti Bubur Milna yang bisa diberikan pada bayi umur 9 bulan ke atas. Bubur ini memiliki rasa tumis hati ayam brokoli. Tak hanya itu, bubur Milna juga merupakan bubur formula yang dikhususkan untuk anak usia 9 bulan ke atas. Bubur bayi ini juga memiliki tekstur yang sedikit kasar, yang memiliki tujuan agar pertumbuhan gigi bayi menjadi terangsang sekaligus untuk melatih rongga mulutnya agar bisa mengunyah.

Bubur Milna memiliki kandungan seperti DHA, omega 3, dan omega 6 yang dapat berfungsi untuk menunjang perkembangan otak bayi Anda. Selain itu, bubur Milna juga dilengkapi dengan prebiotik FOS yang dapat melindungi saluran cerna bayi agar tidak mudah kembung atau begah. Anda bisa mendapatkan bubur Milna ini dengan harga Rp 15.383 untuk kemasan isi 120 gram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *