Cetaphil Moisturizing Cream dan Cara Tangani Kulit Kering

Jangan remehkan kulit kering. Ini merupakan awal beragam masalah lain untuk kulit dan kesehatan Anda. Mulai dari jerawat, komedo, eksim, bahkan sampai kanker kulit lebih besar risikonya dialami oleh para pemilik kulit kering. 

Penggunaan pelembab seperti Cetaphil Moisturizing Cream dapat menjadi cara untuk menjaga kulit agar tidak kering. Namun tentunya untuk menangani kulit kering, perlu pula sejumlah upaya ekstra agar kelembapannya senantiasa terjaga. 

Berikut ini adalah beraneka ragam cara mencegah dan mengatasi masalah kulit kering. Pelembab memang benar-benar diperlukan. Namun, kebiasaan mandi dan berpakaian juga bisa sangat menentukan. 

Pilih Sabun Berformula Lembut 

Kulit kering bisa saja muncul karena sabun yang salah. Sabun yang berformula keras cenderung bisa membuat Anda mengalami masalah kulit kering. Contoh sabun berformula keras, seperti sabun dengan kandungan detergen, pewangi, alkohol, ataupun bahan antibakteri. Jika masalah kulit kering tidak juga teratasi, cobalah berganti sabun dengan formula yang lebih lembut. Sabun bayi adalah sabun dengan formula paling baik karena tidak menghilangkan minyak alami pada kulit Anda. 

Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat ternyata bisa membantu mengatasi masalah kulit kering. Cara mandi ini lebih baik dibandingkan Anda memilih mandi air panas. Pasalnya, mandi air panas hanya akan menghilangkan minyak dari kulit Anda. 

Batasi Waktu Mandi 

Waktu mandi ternyata berpengaruh pada kondisi kulit. Orang yang mandi terlalu lama akan lebih mudah mengalami kulit kering. Pasalnya, mandi lewat 10 menit akan membuat lapisan berminyak pada kulit kehilangan kelembabannya. Mulai sekarang, batasi waktu mandi Anda. Cukup mandi 5—10 menit agar kulit bisa tetap lembab. 

Jangan Menggosok Kulit 

Coba perhatikan cara Anda mengeringkan badan. Apakah selama ini masih menggosok kulit dengan handuk? Segera hentikan kebiasaan tersebut karena hanya mengikis minyak alami pada kulit. Sebagai gantinya, ketika mengeringkan badan, pastikan Anda hanya menepuk-nepuk kulit secara lembut sampai kering. 

Pakai Pelembab 

Pelembab memberikan segel pada kulit Anda agar air tidak keluar. Oleskan pelembab setiap kali sehabis mandi. Pelembab yang lebih tebal bekerja paling baik. Contoh pelembap yang memberi kelembapan ekstra karena tekstur yang tebal adalah Cetaphil Moisturizing Cream. Jangan hanya terpaku pada pemberian pelembab ketika mandi. Anda juga bisa menggunakannya setiap 2—3 jam sekali untuk memastikan kelembapan kulit terlindungi. 

Melindungi Kulit dari Matahari 

SInar matahari yang mengandung ultraviolet adalah penyebab jitu yang membuat kulit Anda kering. Karena itu, biasakan melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Jika mesti berkegiatan di luar, biasakan menggunakan topi atau payung dan juga tabir surya. 

Pertimbangkan Humidifier 

Udara dalam ruangan yang panas dapat mengeringkan kulit sensitif. Bahkan Anda bisa mengalami rasa gatal dan kulit mengelupas jika kekeringan kulit tergolong parah. Anda bisa menyiasatinya dengan memakai penyejuk ruangan lewat humidifier di ruangan rumah. Alat ini bisa menjaga udara di ruangan tetap lembab dan bersih. 

Perbanyak Konsumsi Air Putih 

Menjaga kulit agar tetap lembab perlu juga dari dalam. Percuma jika Anda rajin memakai Cetaphil Moisturizing Cream, namun Anda selalu mengalami kekurangan cairan. Ujung-ujungnya, kulit tetap kering. Karena itu, perbanyaklah konsumsi air, khususnya air putih, supaya tubuh dan kulit tetap terhidrasi maksimal dan kulit lebih lembab. 

Bijak Memilih Pakaian 

Pakaian yang salah ternyata dapat menjadi sumber kulit kering. Jika Anda sering mengalami kulit kering, sebaiknya Anda lebih bijak memilih jenis kain pakaian Anda. Jenis bahan yang baik untuk menangani kulit kering adalah yang berasal dari serat alami, seperti sutra dan katun. 

*** 

Sekarang sudah tahu pentingnya memakai Cetaphil Moisturizing Cream dan menjaga pola mandi, bukan? Dijamin, kulit Anda akan tetap lembab dan kenyal. Permasalahan kulit kering pun teratasi. 

Reference 

https://toko.sehatq.com/produk/cetaphil-moisturizing-krim-100-g
https://www.healthline.com/health/dry-skin#lifestyle-remedies

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891 https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *