Cegah Pegal Linu, Atasi dengan GPU

Apakah Anda pernah mengalami pegal linu? Rasanya sungguh tidak menyenangkan karena membuat otot-otot Anda terasa nyeri dan badan secara keseluruhan menjadi lemas. Biasanya ketika seseorang mengalami gejala pegal linu, ia akan memilih beristirahat dan mengoleskan krim anti nyeri, seperti GPU, untuk mengurangi rasa nyeri. Kedua hal tersebut pun cukup efektif untuk menjadi solusi mengusir pegal linu. 

Namun tentunya, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Daripada harus merasakan dahulu ketidaknyamanan akibat pegal linu, lebih bijak jika Anda melakukan sejumlah langkah pencegahan agar badan tetap bugar dan nyeri otot tidak perlu Anda rasakan. 

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya keluhan pegal linu. Cara-cara tersebut tidak ribet dan sebenarnya dapat Anda lakukan setiap hari. Berikut ini adalah tips mencegah pegal linu yang dapat langsung Anda praktikkan. 

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Jangan remehkan kekuatan minum air putih! Mengonsumsi air putih minimal 2,5—3 liter dalam sehari membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Salah satu manfaat dari terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh adalah risiko peradangan otot yang dapat diminimalkan. Peradangan dihindari, pegal linu pun bisa dicegah. Biasakan minum air tiap bangun tidur dan jangan lupa untuk membawa botol air ke manapun Anda beraktivitas agar kebutuhan cairan tubuh selalu tercukupi. 

Konsumsi Protein dan Lemak 

Jangan ragu untuk mengonsumsi makanan dengan protein tinggi dan memiliki kandungan lemak. Jangan terlalu takut akan gendut. Nyatanya, protein dan lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu urgensi mengonsumsi makanan kaya protein dan lemak adalah membantu memelihara otot sehingga kondisi pegal linu dapat Anda hindari. Tentunya pilihlah makanan berprotein tinggi dengan kadar lemak baik yang melimpah, seperti ikan laut berlemak, alpukat, ataupun daging merah. 

Biasakan Lakukan Peregangan 

Salah jika Anda berpikiran bahwa peregangan hanya wajib dilakukan ketika mau berolahraga. Nyatanya, peregangan sebaiknya Anda lakukan tiap hari. Melakukannya ketika pagi hari sesaat setelah bangun tidur sangat dianjurkan. Peregangan dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus memulihkan otot dari kekakuan. Ujung-ujungnya, dengan peregangan yang rutin, risiko mengalami pegal linu dapat ditekan serendah mungkin. 

Pijatan untuk Mencegah 

Memijat badan bukan hanya bisa dilakukan ketika Anda merasa pegal ataupun nyeri. Memijat tubuh secara rutin justru bisa membuat otot-otot senantiasa lentur dan menghindari gejala pegal linu. Lakukan pemijatan menggunakan krim GPU yang mengandung champora dan minyak zaitun. Bahan-bahan tersebut nyatanya efektif mencegah peradangan dan melemaskan otot. 

Jaga Postur Tubuh 

Postur tubuh yang salah adalah awal mula gejala pegal linu yang berkepanjangan. Orang-orang yang sering membungkuk ataupun berdiri tidak tegap akan lebih sering mengalami gejala pegal linu. Karena itu, pastikan menjaga postur tubuh apapun kegiatan Anda. Bahkan saat duduk di depan layar laptop, upayakan untuk duduk tegap agar tulang dan otot tidak mengalami salah posisi dan memicu rasa nyeri. 

Rutin Berolahraga 

Olahraga banyak manfaatnya. Bukan hanya untuk menjaga organ tubuh bagian dalam, rutin berolahraga juga bisa membuat otot-otot menjadi lebih lentur dan peradangan terhindari.

Jadi, jika tidak mau sering berurusan dengan pegal linu, upayakan rutin berolahraga. Tidak perlu terlalu lama, durasi olahraga tiap hari cukup 30 menit. Anda juga bisa mengoleskan krim GPU sehabis berolahraga untuk membuat otot menjadi rileks kembali. 

Mandi Air Dingin 

Mengatasi pegal linu memang cocok dengan mandi air hangat yang dicampur garam kasar. Namun untuk pencegahan, lebih disarankan Anda mandi air dingin. Mandi air dingin dapat mencegah peradangan terjadi. Alhasil, gejala pegal lini juga dapat dihindari. 

Pertimbangkan Tidur Siang 

Bukan hanya tidur malam yang penting. Tidur siang pun tidak kala bermanfaat. Anda bisa mengambil sedikit waktu untuk tidur siang guna mencegah pegal linu.

Pasalnya pada saat tidur siang, kualitas tidur bisa lebih baik. Pada saat tidur siang, hormon pertumbuhan alami untuk memperbaiki otot-otot tubuh dapat terproduksi lebih maksimal. 

*** 

Jadi, selalu siapkan air minum dan krim GPU sebagai upaya jaga-jaga terhindar dari pegal linu. Jika memang sudah mengalami gejala pegal linu, Anda juga bisa menjadikan krim GPU sebagai solusi awal meredakan nyeri otot yang mengganggu. 

Reference

https://toko.sehatq.com/produk/cap-lang-gpu-krim-150-g

https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/sore-muscles https://info.totalwellnesshealth.com/blog/how-to-prevent-sore-muscles-after-a-workout

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *