Cari Tahu Tingkat Keparahan Astrocytoma Berdasarkan Stadium

Otak terbuat oleh banyak sel yang berbeda, termasuk neuron, yang merupakan sirkuit listrik yang bertanggung jawab untuk fungsi otak, dan astrosit, yang menyediakan struktur dan dukungan bagi neuron untuk bekerja dengan baik. Astrocytoma adalah tumor yang berasal dari astrosit, dan pada orang dewasa, mereka adalah tumor otak yang paling umum. Di AS, sekitar 15.000 astrositoma baru didiagnosis setiap tahun. Laki-laki sedikit lebih terpengaruh daripada perempuan, dengan rasio 1,3/1.

Stadium tumor

Menurut klasifikasi tumor otak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), astrocytoma berkisar dari stadium 1 (paling jinak) hingga stadium 4 (paling ganas). Penilaian ini, yang dibuat dengan menganalisis sel-sel tumor di bawah mikroskop didasarkan pada ciri-ciri berikut: 

1. Bagaimana sel-sel itu terlihat tidak normal (atypia).

2. Seberapa banyak mereka tumbuh (mitosis).

3. Adanya pembuluh darah yang baru dibuat di dalam tumor (proliferasi vaskular). Ini selanjutnya diintegrasikan dengan analisis fitur genetik tumor, yaitu analisis DNA sel tumor. 

Umumnya, dengan pengecualian tumor tingkat 1, yang paling umum pada populasi anak-anak, sebagian besar astrositoma menyerang pasien yang berusia lebih dari 40 tahun. Selain itu, semakin tua pasien, semakin tinggi kemungkinan astrositoma menjadi derajat yang lebih tinggi.

Stadium 1

Astrocytoma Pilocytic adalah tumor berbatas tegas dan tumbuh perlahan. Tumor jenis ini paling sering terjadi di bagian otak kecil, yaitu bagian otak yang terletak di belakang kepala, tepatnya berada di atas leher. Kondisi ini tidak menyerang ke otak sekitarnya, sehingga ketika direseksi sepenuhnya dianggap sembuh, dan tidak memerlukan kemoterapi atau radioterapi.

Xanthoastrocytoma pleomorfik paling sering berasal dari lobus temporal dan umumnya berhubungan dengan kejang. Sel-selnya dapat memiliki banyak bentuk yang berbeda (pleomorfik), tetapi biasanya tidak menunjukkan bukti proliferasi. Pembedahan biasanya bersifat kuratif.

Subependymal Giant Cell Astrocytoma (SEGA) paling sering terjadi pada populasi yang lebih muda, biasanya berhubungan dengan sindrom yang dikenal yang disebut tuberous sclerosis. Kondisi ini secara khas tumbuh di dalam ventrikel, yang merupakan ruang berisi cairan jauh ke dalam otak, dan seringkali dapat menghalangi aliran normal cairan ini, sehingga menyebabkan hidrosefalus. Reseksi bedah biasanya bersifat kuratif.

Stadium 2

Astrocytoma difus merupakan salah satu jenis tumor invasif, jadi tidak ada pemisahan yang jelas dari otak di sekitarnya. Penderita umumnya memerlukan metode pembedahan dan beberapa terapi lainnya tergantung pada beberapa faktor lain. Penampilan pada jaringan terlihat sedikit berbeda dari otak normal, akan tetapi, sel-sel akan tampak abnormal jika dilihat dari bawah mikroskop dan terlihat sedikit meningkat jumlahnya.

Stadium 3

Astrositoma Anaplastik dianggap sebagai evolusi yang lebih ganas dari astrositoma tingkat yang sebelumnya lebih rendah, yang telah memperoleh fitur yang lebih agresif, termasuk kecepatan pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih banyak invasi ke otak. Secara histologis, menunjukkan tingkat kelainan seluler yang lebih tinggi, dan bukti proliferasi sel (mitosis), dibandingkan dengan tumor tingkat 2. Pembedahan tidak pernah dianggap kuratif untuk tumor ini, dan perlu diikuti dengan radiasi dan hampir selalu kemoterapi.

Stadium 4

Glioblastoma (GBM) adalah bentuk astrositoma yang paling ganas, agresif dan umum (60%). Secara histologis, ditandai dengan sel-sel yang tampak sangat abnormal, proliferasi, area jaringan mati dan pembentukan pembuluh darah baru. GBM dapat muncul sebagai progresi maligna dari astrositoma derajat rendah yang sudah ada sebelumnya (biasanya pada 10% kasus) atau berasal langsung sebagai tumor derajat 4 (90% kasus). 

Skenario pertama paling sering terjadi pada pasien yang lebih muda, sedangkan yang terakhir paling sering terjadi setelah usia 60 tahun. Terlepas dari presentasinya, tumor astrocytoma ini adalah kanker yang sangat agresif, dengan invasi dan penghancuran otak yang jelas dan perkembangan yang sangat cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *