Cari Tahu Perbedaan Plak Gigi dan Karang Gigi

Sering dianggap sama, tahukah Anda bahwa plak gigi dan karang gigi adalah dua kondisi berbeda? Keduanya sama-sama jadi masalah di rongga mulut, tapi kondisi, pencegahan, dan perawatannya berbeda.  

Anda mungkin lebih sering mendengar masalah karang gigi. Singkatnya, karang gigi adalah lapisan keras yang melapisi gigi dan gusi dan bisa jadi awal masalah untuk sebagian besar penyakit gigi dan gusi.

Plak gigi berbeda. Lebih mudah dicegah dan tidak perlu perawatan dokter, tetapi Anda harus rutin membersihkannya setiap hari untuk mencegah masalah lebih lanjut.

Lalu apa perbedaan plak gigi dan karang gigi? Kenapa sering dianggap sama?

Plak gigi

  • Bersifat lunak dan lengket.
  • Warna transparan.
  • Harus dibersihkan secara rutin dan mandiri.

Plak adalah lapisan bakteri dan gula tanpa warna yang menumpuk dan terbentuk di gigi Anda. Meski tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang, Anda bisa merasakan permukaannya yang lengket dengan menjulurkan lidah Anda.

Penumpukan plak dalam hitungan jam tidak perlu dikhawatirkan. Namun, plak bisa tumbuh dengan sangat cepat dan akan semakin berbahaya. Plak adalah penyebab nomor satu gigi berlubang dan penyakit gusi.

Plak menumpuk setiap hari dengan setiap makanan yang Anda konsumsi. Karena itu, plak  lebih mudah dicegah dengan mengontrol konsumsi makanan Anda, khususnya mengurangi makanan manis.

Karang gigi

  • Bersifat keras dan kasar.
  • Warna kuning, coklat, atau hitam.
  • Perlu perawatan dokter untuk membersihkannya dengan tuntas.

Karang gigi atau tartar gigi adalah plak yang mengeras. Ketika plak tidak dibersihkan dengan maksimal, mineral dari air liur Anda akan menyatu dengan plak dan membentuk karang gigi.

Berbeda dengan plak, karang gigi tidak bisa dibersihkan dengan mudah. Endapan karang gigi biasanya terlihat di sepanjang garis gusi dan membuat noda pada gigi Anda.

Karang gigi memperbesar risiko gigi berulang dan masalah kesehatan mulut lainnya. Anda perlu perawatan lebih lanjut untuk membersihkan karang gigi.

Cegah karang gigi dengan bersihkan plak

Seperti yang dijelaskan di atas, karang gigi berasal dari plak gigi yang dibiarkan. Plak gigi tersebut perlahan-lahan menumpuk dan mengeras, sampai akhirnya mengganggu kesehatan mulut Anda.

Untuk itu, cara terbaik mencegah tumbuhnya karang gigi adalah dengan membersihkan plak gigi dengan rutin. Anda harus mencegah plak mengeras dan ini harus dilakukan secara rutin.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk mencegah plak gigi terbentuk menjadi karang gigi:

  • Sikat gigi dengan rutin, dua kali sehari, minimal dua menit.
  • Flossing atau gunakan bersihkan gigi dengan benang setiap hari.
  • Pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang khusus untuk mengontrol karang gigi.
  • Gunakan obat kumur antiseptik secara rutin untuk membunuh bakteri penyebab plak.
  • Ubah konsumsi makanan harian Anda, batasi makanan-makanan manis.

Seberapa sering harus ke dokter gigi?

Tentu setiap orang memiliki kasus yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya Anda perlu berkonsultasi ke dokter gigi dua kali setahun, atau enam bulan sekali.

Dokter gigi akan memilih perawatan yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Biasanya dokter akan melakukan pembersihan karang gigi dan mengecek kondisi gigi Anda secara menyeluruh.

Bagaimanapun, pencegahan lebih penting daripada pengobatan. Jadi selain mengunjungi dokter gigi secara rutin, Anda harus melakukan perawatan mandiri sehari-hari ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *