Cara Mudah Mencegah Gusi Berdarah

Gusi yang berdarah terkadang membuat Anda tidak merasa nyaman. Luka yang terjadi pada gusi ini akan membuat Anda tidak nyaman saat ingin menyantap makanan. Jika Anda suka makanan asam dan pedas, tentu hal ini akan mengurangi selera makan Anda. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gusi berdarah.

Pada umunya, gusi berdarah terjadi akibat adanya luka dari gusi. Lukanya bisa disebabkan oleh trauma ataupun kondisi penyakit pada gusi. Luka ini dapat disebabkan oleh trauma atau pun kondisi penyakit pada gusi. Penyebab trauma pada gusi yaitu aktivitas menyikat gigi yang terlalu kuat, penggunaan sikat gigi dengan bulu yang keras, atau penggunaan benang gigi yang baru.

Sedangkan, kondisi penyakit pada gusi ini dapat membuat gusi berdarah adalah peradangan pada daerah sekitar gusi dan gigi. Untuk mencegah terjadinya gusi berdarah, tentu Anda harus mencegah terjadinya penyebab-penyebab tersebut. Berikut tips untuk mencegahnya:

  1. Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali

Memeriksakan gigi secara rutin berkala akan membuat kondisi gigi dan gusi Anda terpantau. Karies pada gigi pun bisa dikurangi sebelum semakin menumpuk. Dengan demikian, penyakit pada gusi Anda bisa dicegah.

  • Pelajari cara sikat gigi dan pilih sikat gigi yang benar

Mencari tahu dan melakukan aktivitas menyikat gigi dengan benar agar kotoran di sela-sela gigi bisa dibersihkan dengan baik. Jangan lupa, keputusan memiliki sikat gigi juga mengambil peran yang penting dalam hal ini. Anda perlu memilih sikat gigi yang berbulu lembut. Selain itu, bersihkanlah gigi menggunakan benang gigi dan obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

  • Jangan merokok

Kebiasaan merokok bisa memperparah pendarahan pada gusi, Jika terdapat luka pada gusi, merokok juga bisa memperlambat penyembuhan.

  • Pastikan kebutuhan vitamin terpenuhi

Jika gusi berdarah terjadi karena kekurangan vitamin, maka Anda perlu mengonsumsi suplemen untuk memehuni kebutuhan vitamin. Vitamin K dan C merupakan salah satu vitamin yang mempengaruhi kondisi pendarahan dan regenerasi sel pada gusi.

Anda bisa melakukan tips-tips ini sebagai usaha untuk mencegah gusi berdarah. Namun, jika pendarahan terjadi bukan akibat trauma pada gusi, Anda perlu berkonsultasi ke dokter gigi terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *