Cara Meningkatkan Tekanan Darah dengan Cara Alami

Cara Meningkatkan Tekanan Darah dengan Cara Alami

Cara meningkatkan tekanan darah dengan cara alami. Tekanan darah bagi orang dewasa normalnya adalah 120/80 mmHg. Apabila mencapai angka di bawah 90/60 mmHg, maka bisa dikatakan orang tersebut mengalami tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah atau hipotensi seharusnya jangan dianggap sepele apalagi dibiarkan. Tekanan darah rendah akan mengakibatkan Anda mengalami gejala seperti pusing hingga mudah pingsan. Kalau dibiarkan sampai kondisi parah, penyakit ini bisa membahayakan nyawa.

Ada banyak pilihan cara untuk meningkatkan tekanan darah. Untuk pilihan  yang efektif dan aman, Anda bisa mencoba cara alami untuk meningkatkan tekanan darah.

Untuk itu, Anda perlu mencari cara bagaimana cara meningkatkan tekanan darah dengan cara alami.

Meningkatkan Tekanan Darah Secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tekanan darah secara alami.

1. Konsumsi Garam

Salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah adalah dengan menggunakan sodium atau garam. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi garam karena bisa menyebabkan tekanan darah terlalu naik atau tinggi.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu penyebab turunnya tekanan darah adalah dehidrasi. Oleh karena itu, menjaga asupan air putih penting untuk menjaga tekanan darah Anda.

3. Menjaga Asupan Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah salah satu cara terbaik menjaga tekanan darah. Anda jangan sampai kekurangan nutrisi seperti vitamin B-12, folat, dan zat besi yang bisa menyebabkan anemia hingga tekanan darah rendah,

Namun, tetap jaga asupan makanan agar tidak sampai berlebihan yang mengakibatkan tekanan darah naik hingga hipertensi. 

4. Jaga Porsi Makan

Untuk yang biasa mengonsumi makanan dalam porsi besar, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, mengonsumsi makanan porsi besar dapat menyebabkan tekanan darah menjadi turun. 

5. Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat mengakibatkan Anda dehidrasi, menimbulkan interaksi dengan obat, hingga menyebabkan turunnya tekanan darah rendah. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi minuman beralkohol.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Salah satu penyebab turunnya tekanan darah adalah tingginya kadar gula darah. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa serta mengontrol kadar gula darah Anda secara berkala.

7. Olahraga Teratur

Anda juga bisa menjaga tekanan darah Anda melalui olah fisik atau olahraga. Berolahraga secara teratur bisa membuat aliran darah menjadi lancar, sehingga tekanan darah bisa berada di angka normal.

8. Duduk Bersila

Anda juga bisa menjaga tekanan darah dengan melakukan duduk bersila. Sayangnya, gerakan ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Jangan Mengubah Posisi Tubuh Tiba-Tiba

Bagi penderita tekanan darah rendah, duduk atau berdiri secara tiba-tiba dapat mengakibatkan pusing hingga pingsan. Hal ini terjadi karena jantung kesulitan memompa darah keseluruh tubuh yang bergerak cepat secara tiba-tiba.

10. Jangan Berendam Air Hangat Terlalu Lama

Berendam air hangat dapat menurunkan tekanan darah Anda. Untuk itu, jika ingin meningkatkan tekanan darah, hindari kegiatan berendam air hangat terlalu lama.

11. Menggunakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi bisa membuat darah yang berkumpul di kaki menjadi berkurang dan mengalirkannya ke area tubuh lain. Sehingga, stoking kompresi bisa menaikan tekanan darah Anda.

12. Periksa Kondisi Tiroid

Kondisi gangguan tiroid dapat menyebabkan turunnya tekanan darah. Hal ini terjadi jika Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Oleh karena itu, dengan menyembuhkan kondisi tiroid, Anda dapat menaikan tekanan darah.

Demikian cara meningkatkan darah secara alami. Beberapa cara tersebut dapat menghindarkan Anda dari tekanan darah rendah. Namun, Anda juga perlu berhati-hati agar tak berlebihan dan menyebabkan tekanan darah terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *