Cara Mengatasi Gigi Depan Patah karena Keropos

Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada gigi. Langkah ini pun bisa dikerjakan oleh kita untuk menghindari gigi depan patah karena keropos. Tentu saja, jika gigi sudah patah itu bakal membuat kita tidak percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jika kita sudah tahu ada pengeroposan pada gigi, maka tak ada salahnya bila beberapa langkah ini diterapkan sebagai upaya mengatasinya. 

Cara pertama untuk mengatasi pengeroposan pada gigi adalah dengan mengurangi makanan dan minuman asam serta manis. Makanan asam, seperti jeruk dan lemon, kendati kaya vitamin C, tapi bisa membuat gigi keropos kalau dikonsumsinya secara berlebihan. Hal itu karena asam bisa membuat dentin dan enamel pada gigi terkikis yang akibatnya adalah membuat gigi jadi keropos. 

Cara menutupi gigi depan yang berlubang bisa dengan tambal, veneer, hingga mahkota jaket

Sementara mengonsumsi makan dan minuman manis perlu dihindari karena makanan dan minuman manis ini mengundang bakteri pada mulut serta memicu bakteri menghasilkan asam yang tak bagus untuk kesehatan gigi. Oleh karena itulah dalam mengatasi gigi keropos upaya penting yang perlu dilakukan adalah mengurangi konsumsi makanan dan minuman asam serta manis. 

Kendati demikian, kita sebetulnya bisa pula mengatasi pengeroposan pada gigi dengan mengunyah permen karet. Akan tetapi, permen karet yang dapat diandalkan hanyalah permen yang tidak mengandung gula. Telah disampaikan sebelumnya, makanan manis memicu bakteri menghasilkan asam. Oleh karena itu carilah permen karet tanpa kandungan gula. 

Lantas bagaimana cari permen karet ini bekerja agar kita tidak mengalami gigi depan patah karena keropos? Dirangkum dari berbagai sumber, ternyata mengunyah permen karet tanpa kandungan gula ini bisa membantu mulut memproduksi air liur. Untuk diketahui, air liur ini memang penting untuk menjaga kelembapan gigi dan membersihkan asam pada mulut. 

Di sisi lain, menjaga produktivitas air liur diperlukan karena salah satu penyebab pengeroposan pada gigi adalah mulut kering. Selain mengunyah permen karet, sebagai informasi, produksi air liur juga bisa didorong dengan menjaga asupan air mineral ke dalam tubuh. Itulah korelasi dan cara kerja permen karet tanpa gula untuk mengatasi gigi keropos. 

Hal utama mengatasi pengeroposan gigi adalah dengan menjaga kebersihan gigi. Jika anda termasuk orang nan malas sikat gigi atau berkumur, maka segera tinggalkan kebiasaan itu. Menjaga kebersihan gigi memang penting agar kotoran pada mulut tidak menumpuk. Nah, apabila kotoran dibiarkan menumpuk, maka dampaknya adalah munculnya plak dan karang gigi. Kondisi tersebut bisa menjadi penyebab utama gigi depan patah karena keropos. 

Demikian hal-hal yang dapat disampaikan untuk mengatasi pengeroposan pada gigi. Kendati sangat mudah dan sederhana, tetapi semua itu akan sulit dilakukan apabila kita tidak konsisten dalam menerapkannya. Di sisi lain, meskipun pengeroposan gigi ini bisa diatasi, tapi langkah terbaik adalah mencegahnya. 

Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi juga konsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein serta alkohol. Sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab gigi keropos adalah mulut kering. Nah, yang memicu mulut kering ini di antaranya adalah kafein dan alkohol. Oleh sebab itu agar terhindar dari gigi depan patah karena keropos, maka kita harus meminimalisir mengonsumsi kafein dan alkohol. 

Akhir kata, semoga artikel singkat ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah pada gigi, khususnya yang bisa membuat gigi depan patah karena keropos. Tentu saja, hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkan gigi keropos. Ingat, gigi yang keropos dan patah bakal mengganggu aktivitas kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *