Cara Menangani Bisul di Telinga yang Berisi Cairan

Munculnya bisul di telinga berisi cairan merupakan indikasi penyakit myringitis bullosa. Penyakit tersebut merupakan bentuk dari acute otitis media yang disebabkan berbagai macam virus dan bakteri. 

Bakteri yang paling sering menjadi penyebabnya adalah Streptococcus pneumoniae dan Mycoplasma. Sebaiknya segera menangani bisul ini agar meredakan rasa sakitnya dan menghindarkan dari risiko infeksi. 

Benjolan di daun telinga dapat hilang dengan sendirinya

Apa itu myringitis bullosa?

Myringitis bullosa merupakan salah satu bentuk infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Infeksi ini menyebabkan gendang telinga jadi meradang hingga muncul bisul-bisul kecil berisi cairan di bagian permukaannya. 

Walaupun begitu, myringitis bullosa tidak menimbulkan nanah atau cairan di dalam telinga bagian tengah seperti infeksi lainnya. Anda akan mulai merasakan nyeri yang bertahan hingga 24 sampai 48 jam dan terkadang Anda juga bisa mengalami kehilangan pendengaran dan juga demam. 

Cara mengatasi bisul di telinga

Sangat penting sekali untuk segera menangani bisul yang muncul di telinga. Sebab, jika bisul ini pecah maka luka yang terbuka berisiko terkena infeksi dan gejala yang Anda rasakan tidak segera membaik.

Penanganan untuk myringitis bullosa bisa dilakukan dengan menggunakan obat ataupun tidak menggunakan obat sama sekali. Untuk obat-obatan, bisa menggunakan pereda nyeri atau antibiotik.

Obat-obatan tersebut bisa berbentuk obat oral atau obat tetes telinga, jenis obatnya bergantung pada kondisi dan usia pengidap. Jika obat-obatan tidak mengurangi rasa nyeri, dokter akan membuka bisul tersebut dengan pisau kecil untuk mengeluarkan cairannya agar membantu mengurangi rasa nyeri. 

Sebenarnya, myringitis bullosa bisa sembuh sendiri tanpa penanganan medis, asal Anda tidak tergoda untuk memencet atau memecahkan bisulnya. Hal ini bisa menyebabkan bisul pecah dan cairan di dalamnya akan mengenai jaringan di sekitarnya.

Anda bisa mencoba menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasi bisul di telinga di rumah: 

  • Kompres dengan air hangat untuk memicu cairan di dalam bisul keluar dengan perlahan
  • Tutup bisul dengan kasa steril atau kain bersih ketika sudah pecah
  • Cuci tangan dengan bersih dan sesering mungkin
  • Bersihkan atau gunakan disinfektan untuk barang-barang yang Anda gunakan setiap hari, termasuk sisir dan handuk
  • Cuci bersih topi, selimut, earphone, dan barang-barang lainnya yang pernah berkontak dengan bisul tersebut
  • Pertimbangkan untuk menggunakan produk kecantikan, perawatan rambut, dan pembersih badan yang berbeda.

Cara mencegah agar bisul tak lagi muncul di telinga

Myringitis bullosa tidak menular, namun tetap penting untuk bisa mencegahnya agar tidak menimbulkan komplikasi dan risiko infeksi lainnya. Infeksi telinga biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus yang terperangkap saat Anda terkena demam atau flu, yang mungkin bisa ditularkan oleh orang lain.

Sehingga cara untuk mencegahnya antara lain:

  • Sebisa mungkin jauhi orang yang sedang sakit demam atau infeksi menular lainnya
  • Rutin mencuci tangan
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Tidur yang cukup
  • Jaga permukaan di rumah tetap bersih dan gunakan disinfektan, terutama jika ada orang di rumah yang baru saja terkena demam atau flu
  • Cuci bersih luka terbuka secara hati-hati
  • Jangan berbagi barang-barang yang digunakan secara pribadi, seperti peralatan mandi, handuk, dan earphone
  • Makan-makanan yang sehat dan rutin berolahraga untuk mendorong sistem imun

Dalam beberapa kasus langka, myringitis bullosa yang tidak ditangani secara efektif, bakteri atau virus yang menjadi penyebab dapat menyebar ke tulang di sekitar telinga. Dan jika penyebaran ini tidak ditangani dengan baik juga, maka bisa mengakibatkan tuli, meningitis atau sepsis.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan abaikan jika muncul bisul di telinga. Segera tangani dengan baik dan benar agar bisa sembuh dan tidak menimbulkan komplikasi ataupun penyebaran infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *