Breakout dan Purging Wajah, Apa Bedanya?

Breakout dan purging wajah merupakan dua hal yang kerap kali dialami para wanita karena pemakaian suatu produk kecantikan. Banyak yang beranggapan jika keduanya sama. Karena keduanya bisa memunculkan jerawat pada wajah, yang terkadang sulit orang-orang bedakan. Lalu bagaimana cara membedakan breakout dan purging wajah?

Perbedaan Breakout dan Purging Wajah

Baik purging maupun breakout sama-sama memunculkan jerawat saat Anda baru saja mencoba produk perawatan kulit baru. Ada beberapa hal yang bisa membantu Anda membedakan breakout dan purging pada wajah, diantaranya seperti berikut ini.

Skincare untuk kulit berjerawat harus dipilih dengan saksama
  1. Penyebab Breakout dan Purging

Purging terjadi karena kulit menyesuaikan diri dengan produk perawatan wajah yang baru Anda gunakan, dan umumnya akan membuat wajah Anda akan membaik jika masa purging telah berakhir. Purging akan memunculkan jerawat secara tiba-tiba namun itu menandakan jika produk yang Anda gunakan bekerja dengan baik.

Purging yang terjadi pada wajah Anda akan mempercepat proses pengelupasan alami kulit. Umumnya pengelupasan tersebut terjadi dengan sendirinya dalam waktu 28 hari. Namun kandungan bahan aktif yang ada pada produk perawatan wajah seperti retinoid dan acids bisa mempercepat proses tersebut.

Sedangkan breakout terjadi karena kulit bereaksi atau sensitif terhadap kandungan tertentu dari produk yang Anda gunakan. Hal tersebut bisa membuat pori-pori Anda tersumbat atau bahkan bisa menyebabkan alergi dan iritasi dalam waktu lama. Selain itu faktor seperti stres, merokok, dehidrasi, mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi dan kurang tidur bisa menjadi penyebab munculnya breakout.

Selama breakout terjadi, sel kulit mati, sebum dan bakteri akan mengisi folikel rambut dan menyebabkan peradangan, kemerahan dan pembengkakan pada wajah. Hal tersebut membuat pori-pori tersumbat dan membuat isinya muncul ke permukaan kulit.

  1. Lokasi Munculnya Breakout dan Purging Wajah

Salah satu hal yang bisa membantu Anda membedakan breakout dan purging wajah adalah dari lokasi munculnya jerawat. Purging pada wajah akan memunculkan jerawat pada area di mana biasanya jerawat muncul. Umumnya jerawat purging akan muncul di area pipi.

Sedangkan breakout akan muncul pada area wajah manapun yang tidak biasa seperti di sekitar hairline, pipi, rahang, dahi dan hidung. Jika jerawat muncul pada area T-zone biasanya disebabkan oleh faktor stres. Jerawat yang muncul pada dagu dan rahang disebabkan oleh masalah hormonal.

  1. Waktu Hilangnya Breakout dan Purging

Jerawat akibat purging dapat hilang lebih cepat daripada breakout. Orang bisa mengalami purging dalam hitungan minggu hingga bulan namun umumnya bisa membaik dalam waktu satu bulan Proses pergantian sel bisa memakan waktu sekitar empat minggu. Namun pada orang berusia 30 tahun, proses tersebut bisa memakan waktu lebih lama.

Breakout justru berlangsung lebih lama dari purging dan biasanya bisa menghilang dalam waktu lebih dari satu bulan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Proses purging wajah adalah sesuatu yang tidak bisa Anda hindari. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat iritasi purging berkurang dan dapat hilang lebih cepat, yaitu:

  • Jangan pernah memencet jerawat karena hal tersebut akan membuat iritasi pada wajah Anda bertambah dan bahkan bisa meninggalkan bekas pada wajah.
  • Tabir surya adalah hal penting sekalipun Anda tidak sedang dalam keadaan purging. Dengan menggunakan tabir surya maka bisa meminimalisir iritasi karena kandungan acid dan retinoid yang bisa membuat kulit lebih sensitif.
  • Jaga kebersihan sarung bantal untuk meminimalisir penumpukan kotoran dan bakteri.

Dan untuk Anda yang mengalami breakout, beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk meredakannya seperti:

  • Cuci wajah setidaknya dua kali sehari saat bangun tidur dan sebelum tidur guna menghapus riasan dan membersihkan wajah dari kotoran dan debu.
  • Konsumsi makanan dengan angka glikemik rendah seperti sayuran, buah dan biji-bijian.
  • Minum cukup air setiap harinya untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Purging wajah biasanya akan sulit Anda hindari, namun Anda bisa mencegah breakout dengan menghindari faktor penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *