Bisolvon Sirup, Salah Satu Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Batuk adalah reaksi yang diberikan tubuh dengan adanya benda asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan Anda. Tidak hanya sebagai reaksi tubuh saja, tetapi batuk juga bisa dijadikan sebagai tanda adanya gangguan kesehatan yang mungkin sedang Anda alami. Bisolvon sirup bisa menjadi salah satu penolong untuk mengatasi batuk yang Anda alami, terutama jika batuk yang diderita adalah jenis batuk berdahak.

Bisolvon sirup mengandung bromheksin hidroklorida yang merupakan senyawa untuk mengencerkan dahak sehingga dahak menjadi lebih mudah keluar melalui batuk. Bisolvon sirup ini dapat mengatasi gangguan yang terjadi [ada saluran pernapasan Anda.

Batuk berdahak tentunya sangat mengganggu pernapasan Anda karena adanya dahak di bagian tenggorokan sehingga Anda tidak dapat bernapas dengan lega dan bisa mengakibatkan sesak napas. Jika batuk berdahak yang Anda alami sudah lebih dari 3 minggu, segera periksalah ke dokter untuk lebih memastikan pengobatan yang apa yang tepat untuk mengatasinya dan mengetahui penyebab dari batuk tersebut.

Ada beberapa penyebab batuk berdahak yang disebabkan oleh beberapa penyakit pernapasan, seperti

  1. Asma

Penyakit ini disebabkan adanya penyempitan dan penebalan dinding saluran napas sehingga produksi dahak menjadi bertambah banyak. Gejala mengi dan sesak napas menjadi gejala yang terjadi pada batuk yang disebabkan oleh asma.

  1. Bronkiektasis

Peradangan pada cabang batang tenggorokan atau biasa dikenal dengan bronkus ini disebut dengan bronkiektasis. Kondisi ini menyebabkan adanya penebalan pada dinding bronkus sehingga memancing produksi dahak menjadi berlebih. Apabila dahak yang terkumpul membentuk sebuah perkumpulan, maka hal ini akan menyebabkan peradangan semakin parah.

  1. Bronkitis kronis

Penyakit ini terjadi saat Anda mengalami batuk berdahak selama lebih dari 3 bulan. Hal ini bisa terjadi karena adanya peradangan di sekitar saluran bronkus. Saluran ini membawa udara dari hidung dan tenggorokan langsung menuju ke paru – paru.

  1. Post nasal drip

Post nasal drip ditandai dengan munculnya dahak yang terdapat di saluran napas bagian atas yang turun ke tenggorokan, sehingga pada akhirnya menyebabkan gangguan pernapasan. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari terjadinya post nasal drip, diantaranya infeksi alergi, efek samping obat – obatan, kelainan bawaan pada hidung dan iritasi pernapasan atas.

  1. Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi akut paru – paru yang Sebagian besar disebabkan oleh bakteri. Pneumonia ini menyebabkan proses sekresi lendir di sekitar paru menjadi lebih insentif sehingga lendir yang dihasilkan pun menjadi lebih banyak dan pada akhirnya mengganggu pernapasan.

  1. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Penyebab utamanya adalah kebiasaan merokok yang sudah dilakukan dalam waktu lama. Kondisi ini akan mengganggu fungsi paru – paru dan saluran pernapasan yang membawa udara. Anda akan mengalami kesulitan bernapas dalam jangka waktu yang panjang. 

  1. Cystic fibrosis

Ini merupakan penyakit genetis yang mengakibatkan penebalan lendir di berbagai organ dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan protein cystic fibrosis trans membrane regulator (CFTR). 

Anda bisa konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, obat batuk berdahak seperti apa yang sesuai dengan yang diderita jika berdasarkan penyebabnya. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat. Anda juga perlu memerhatikan segala komposisi dan pemakaiannya, terlebih jika ingin memberikannya pada anak – anak.Jadi, jangan pernah sepelekan batuk berdahak, ya. Bisolvon Sirup bisa Anda konsumsi sebagai pertolongan pertama. Tetapi setelahnya, lebih baik segera periksa kondisi Anda ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *