Bisakah Mie Goreng Instant Dikonsumsi Secara Sehat?

Banyak yang menganggap bahwa mie goreng instant bukanlah makanan yang sehat. Tapi, ada juga yang mencoba mengolah produk instan ini agar menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi. Lantas, apakah hal ini bisa dilakukan? 

Perlu diperhatikan, baik atau tidaknya mengonsumsi makanan instan sebenarnya tergantung pada frekuensi dan jumlah yang dikonsumsi. Memakan produk instan terlalu banyak dan sering tentu tidak akan baik untuk kesehatan Anda. 

Tapi, selama dikonsumsi dalam kadar yang normal, maka dampaknya tidak akan terlalu signifikan. Justru, mie instan bisa saja memberikan nutrisi tambahan lainnya yang tidak bisa Anda dapatkan di makanan lain. 

Mengonsumsi mie goreng instant dengan cara yang sehat

Jika Anda tahu cara yang tepat, Anda bisa mengonsumis mie instan secara sehat. Tapi, perlu diingat bahwa Anda tetap tidak bisa menjadikan mie instan sebagai makanan pokok harian Anda. 

Cara paling efektif untuk mengonsumsi mie instan dengan sehat adalah mengubah kadar nutrisi yang ada di dalamnya. Untuk melakukannya, menambahkan tambahan bahan makanan lain yang bisa melengkapi kekurangan nutrisi dari setiap porsi mie instant.

Misalnya, Anda bisa menambahkan ayam atau sayuran. Dengan begitu, akan ada tambahan vitamin dan protein dalam satu porsi mie instant Anda. 

Kadar serat akan bertambah dari yang awalnya hanya sekitar 1 gram, menjadi 2,5 gram. Anda tidak perlu khawatir jika penambahan bahan makanan akan menambah kalori. Karena ini hanya akan menambah lemak hanya menjadi 4,5 gram serta lemak jenuh kurang dari 2 gram.

Dengan penambahan sayur-sayuran, Anda juga bisa meningkatkan rasa kenyang ketika mengonsumsi mie goreng instant.  Jadi, Anda bisa lebih mengontrol nafsu makan dan berat badan.

Memasak mie instant yang sehat

Apabila Anda sudah memutuskan untuk mengonsumsi mie instan dengan cara yang sehat, siapkan dulu bahan-bahan berikut ini: 

  • Satu bungkus mie instant
  • 1 cangkir dada ayang yang sudah direbus dan dipotong dadu
  • 1 cangkir campuran sayur beku, seperti kacang polong, wortel, dan bawang

Bahan-bahan ini bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Anda juga tidak harus repot-repot membeli sayur secara terpisah, cukup dengan menggunakan sayuran beku saja. 

Selanjutnya, setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, kini saatnya untuk mulai memasak mie goreng instant yang sehat. Caranya adalah sebagai berikut: 

  1. Masak satu bungkus mie instant dengan cara biasa, seperti yang tertulis pada kemasan produk
  2. Sambil merebus mie, tambahkan dada ayam dan juga sayuran beku lalu aduk sampai merata
  3. Setelah matang dan air mendidih, angkat mie serta daging ayam dan sayuran beku, pisahkan dari air panas 
  4. Sajikan di piring dengan mencampurkan bumbu mie goreng yang tersedia

Bila ingin mengonsumsi dengan cara yang lebih lezat, setelah direbut Anda bisa menggoreng kembali mie instan serta daging ayam dan sayuran yang sudah matang. 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk melengkapi makanan Anda dengan membuat salad. Gunakan sayur-sayuran pada salad serta tambahkan minyak zaitun dan cuka sebagai perasa pada salad.

Dengan campuran salad serta mie instant, Anda sudah bisa mengonsumsi mie goreng instant dengan cara yang sehat, rendah lemak, serta kayak akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat.  Dari cara ini, Anda bisa menikmati makanan instant tanpa perlu khawatir dampaknya bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *