Begini Cara Membaca Tanggal Kadaluarsa pada Kosmetik

Selain makanan, produk kosmetik juga telah dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa yang bisa Anda cek sebelum membelinya. Banyak orang tidak mengetahui cara membaca tanggal kadaluarsa di kosmetik sebab menganggap hal tersebut tidak terlalu penting. Padahal, kosmetik yang kadaluarsa dapat menimbulkan bahaya bagi kulitmu, lho!

Beragam bahaya yang mungkin ditimbulkan dari menggunakan kosmetik kadaluarsa yaitu kulit menjadi gatal, kering, iritasi, atau berjerawat. Selain itu, area bibir dan sekitarnya juga dapat menjadi kering, kasar dan perih. Kemungkinan munculnya masalah di area mata juga meningkat jika Anda menggunakan kosmetik kadaluarsa. Oleh karena itu, hindari menggunakan produk kosmetik kadaluarsa. 

Sebelum membeli produk kosmetik, Anda perlu mengecek keutuhan kemasan produk serta komposisi bahan yang terkandung di dalamnya. Jika sudah dipastikan aman, periksalah tanggal kadaluarsa kosmetik tersebut. Berikut ini beberapa cara membaca tanggal kadaluarsa pada produk kosmetik.

  1. Expired date

Cara membaca tanggal kadaluarsa yang paling mudah adalah memperhatikan expired date yang tertera pada kemasan. Hampir semua produk kosmetik akan mencantumkan tanggal kadaluarsa secara jelas di setiap kemasan produk atau bungkus luarnya. Umumnya format penulisan tanggal kadaluarsa tersusun seperti berikut ini. 

  • Tanggal, bulan, tahun (misalnya 11 Februari 2022 atau 11022022)
  • Bulan, tanggal, tahun (misalnya Feb 11 2022)
  • Tahun, bulan, tanggal (misalnya 20220211)
  • Bulan, tahun (misalnya Feb 2020)

Jika Anda telah menemukan expired date pada kemasan kosmetik, maka sebaiknya Anda menghentikan penggunaan sebelumnya. Misalnya tertera expired date pada tanggal 11 Februari 2022, hentikan penggunaan pada Januari akhir untuk menghindari kemungkinan produk kadaluarsa lebih awal.  

  1. Period after opening

Period after opening berbeda dengan expired date namun keduanya menunjukkan tanggal di mana produk sudah tidak boleh digunakan. Bedanya, period after opening merupakan petunjuk masa pemakaian produk setelah dibuka. Artinya, tidak akan ada petunjuk tanggal pasti dan dapat disesuaikan dengan waktu pertama kali produk tersebut dibuka. 

Kode yang dicantumkan biasanya berupa tulisan angka dengan huruf M. Huruf M tersebut mengindikasikan month atau bulan. Misalnya pada produk kosmetik terdapat period after opening dengan tulisan 3M artinya produk tersebut aman digunakan selama 3 bulan setelah produk dibuka. Umumnya penggunaan kode period after opening ditemukan pada produk kosmetik skincare buatan luar negeri.  

  1. Manufactured date

Tidak semua produk kosmetik telah dilengkapi oleh tanggal kadaluarsa di kemasannya. Sebagian kosmetik hanya mencantumkan manufactured date atau tanggal produksi kosmetik. Melalui tanggal produksi ini, Anda dapat memperkirakan masa penggunaan produk. Umumnya produk mulai dianggap kurang aman digunakan dan perlu dihentikan penggunaannya setelah lebih dari 1 tahun dari tanggal produksi yang tercantum. Contoh manufactured date yang seringkali terdapat pada kemasan kosmetik yaitu MFG 110220. Artinya produk kosmetik tersebut dibuat pada tanggal 11 Februari 2020. 

  1. Masa kadaluarsa satu tahun

Salah satu jenis kosmetik yang memiliki cara membaca tanggal kadaluarsa paling mudah adalah pelembab wajah atau moisturizer. Setelah dibuka kemasannya, pelembab hanya mampu bertahan 6 bulan hingga 1 tahun saja meski tanggal kadaluarsa yang tercantum lebih panjang. 

Pelembab dengan kemasa jar bahkan memiliki masa kadaluarsa yang lebih cepat. Penyebabnya adalah pelembab merupakan kosmetik yang rentan terkontaminasi bakteri sebab pengaplikasiannya menggunakan jari tangan. Untuk itu sebaiknya Anda menghindari menggunakan pelembab jika sudah lebih dari satu tahun. 

  1. Membaca kosmetik kadaluarsa dengan barcode

Terdapat pula cara membaca tanggal kadaluarsa kosmetik lainnya yang lebih canggih lagi yaitu menggunakan scan barcode. Pada kemasan kosmetik umumnya telah dilengkapi dengan barcode. Caranya yaitu dengan membuka situs www.checkcosmetic.net kemudian masukan informasi tentang merek dan tuliskan kode yang tertera pada barcode. Jika sudah, klik ‘calculate’. 

Situs tersebut akan menampilkan informasi mengenai jangka waktu kosmetik dapat digunakan sejak terhitung dari tanggal produksinya (general shelf life). Situs ini cukup akurat dan bisa Anda coba. Sayangnya, hingga saat ini situs tersebut hanya dapat mendeteksi general shelf life dari barcode produk kosmetik buatan luar negeri saja. 

Saat Anda mengetahui bahwa kosmetik Anda telah kadaluarsa, hentikan segera pemakaian. Biasanya efek samping yang muncul akibat penggunaan kosmetik kadaluarsa akan hilang dengan sendirinya saat penggunaan dihentikan. Pelajari cara membaca tanggal kadaluarsa pada kemasan kosmetik sehingga Anda terhindari dari risiko kerusakan kulit. Agar tidak lupa, Anda dapat membuat catatan khusus di ponsel tentang berbagai kosmetik yang Anda gunakan dan tanggal kadaluarsanya. Cek catatan tersebut secara berkala setiap awal bulan dan pertengahan bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *